Pantun Lucu Betawi

Posted on

Assalamualaikum,,, Haloo sobat kesempatan kali ini rumus.co.id akan membahas artikel Pantun Lucu Betawi paling kocak yang berkesan lengkap dengan pengertian dan fungsinya beserta contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Pantun Lucu Betawi adalah – salah satu pantung dengan tradisi sebagai hal yang menyenangkan dan sangat menarik yang biasanya dilakukan oleh sebagian orang yang benar-benar lucu dan membuat orang yang mendengar akan terasa terhibur.

Dalam hal ini juga sebuah kreativitas yang diperlukan untuk menyatukan serangkaian kata dalam rima sebagai kalimat pertama dan kedua dengan tujuan sebagai seni hiburan dalam bentuk pantun.

Setiap pantun juga memiliki karakteristiknya tersendiri sehingga pantun betawi juga terdapat bentuk berima yang dihasilkan dari penggunaan kata-kata yang sering diubah.

Misalnya:

Pepaya menjadi pepaye, maka ada kata karena gare-gare, dibawah ini sekilas akan kami berikan beberapa contoh pantun tradisi orang betawi. Langsung saja simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Contoh Pantun

Macam Macam Contoh Pantun Betawi

Dari apa yang sudah kami ulas di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jensi kata yang terdapat dalam pantun betawi diantaranya adalah sebgai berikut.

Baca Juga: Pantun lucu

Kalau pergi ke jepara
Jangan lupa membawa cinderamata
Rinduku yang membara
Hanya kamu adek yang ku cinta

Makan pagi di pinggir teras
Enaknya sambil bercerita
Apa yang namanya cinta
Tidak mengenal kasta dan harta

Jalan jalan ke pingir kali
Nak bawal ditumisin
Jimat apa yang abang punye
Siang malam cewek tertangisin

Kalo naro buah sirsak jangan di simpan dalam peti
Jangan suka merusak rase
Kalo abng sudah siap
Kapan abang mau ke rumah aye

Pergi ke hutan mencari rotan
Jangan lupe memcari ubi kayu
Jika abang seorang jantan
Sayang nya sedikit kemayu

Pagi hari yang amat sejuk
Paling suka minum kopi
Jika debur kau meliuk
Cantikmu akan memalu

Beli buah sirsak diciamis
Jalannye sambil berlari
Si eneng jangan suka menangis
Disamping abang yang tersakiti

Jalan jalan kerumah teman
Jangan lupa minum jamu
Demi eneng abang temui
Sehidup semati abang temani

Baca Juga: Pantun Nasehat

Intan membeli rambutan
Rambutan datang dari cipinang
Mantan itu bukan pahlawan
Jangan lagi dikenang

Makan ketan pake bakwan
Jaket kulit warnanya pakan
Mantan itu bukan pahlawan
emang sulit akan di lupakan

Banyak arus ada ikannya
Ada jaring di atas kolam
Abang yang kurus kurang makan
Karna keseringan mikirin eneng

Duduk diloteng adem hawanya
Pepaye yang diambil sama orang
Si eneng yang cantik sangat menawan
Pastinye abang yang punya

Baca Juga: Pantun Jenaka

Ikan sepat di pinggir kali
Diserok malah berlari
Ngaku nye orang betawi
Kalo iye pantun nye deberi kemari

Eh abang beli getuk
Aki-aki membawa buntelan
mata udah mulai ngantuk
Bikin kupi biar gak ngantuk

Aki-aki yang lagi batuk
Hisap cerutu lagi senderan
kalo abang yang lagi ngatuk
Jangan suka membawa kendaraan

Jalan-jalan ke pinggir pasar
Jangan lupe membeli sayuran
Perkenalkan saya orang ganteng
Asal saya dari kemayoran

Bunga anggrek bunga melati
Ikan salmon dimakan pake roti
ehhh enang yang cantik
Godain abang yang ganteng

Nyolong ikan di rumah Janda
Jangan lupe memakan tempe
eehh Ini orang pada Kemane
Mengapa pantunnya segene aja

Baca Juga: Pantun Cinta

Makan sayur pake terasi
Kalau dimakan naik di korsi
Menuntut ilmu harus berani
Jangan suka melahin guru

Buah nanas buah mangga
Ilmu matematika dengan bilangan
Susah hidup yang sendirian
Tapi pacarnya malah kebingungan

Baca Juga: Pantun Teka Teki

Ayam bangkok enak dibkar
Dimakan dipagi hari
Kalau nyok kite bepantun

Ampe pagi kite lanyanin

tukang kebun buang angin
Kembang disiram dipagi hari
Klo emang abang menanti
Mari kite kepelaminan

Ijo ijo bunga rambutan
Jatoh dibawah rerumputan
Biar abang gak menanti
Sering-sering kerumah ane

Baca Juga: Pantun Berbalas

Duduk diatas genteng sambil makan roti
Buah semangke manis sekali
Si eneng abang yang menanti
Mari kite deketin hati

Makan pagi pake nasi uduk
Asiknya pake sambel terasi
Namun enang yang menanti
Cinta abang tak akan teranti

Jalan jalan ke palembang
makan pempek pake Ikan bawal
kalau enang abang yang pake
Siang malam yang yang ganteng

Buah sirsak rasanye manis
manis karena sudah mateng
Eneng yang manis si abang yang menanti
Kapan berani berani kite kepelaminan

Ok sobat demikianlah beberapa macam pantun petawi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang sudah kami sampaikan ini dapat menghbur kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pantun Gombal