Pakis Haji – Habitat, Nama Latin, Reproduksi, Dan Morfologi

Posted on
Pakis Haji - Habitat, Nama Latin, Reproduksi, Dan Morfologi

Pakis Haji – Habitat, Nama Latin, Reproduksi, Morfologi – Pakis haji adalah sebuah tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang sangat banyak. Maka dari itu, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai sebuah tanaman indoor.

Tanaman Pakis Haji ini juga termasuk kedalam kelompok tanaman pakis-pakisan yang biasanya dapat tumbuh didalam hutan, yang mana keadaan hutan tersebut tidak terkena cahaya matahari secara menyeluruh.

Sehingga seiring berkembangnya jaman, tanaman ini sudah mulai dijadikan sebagai tanaman hias yang sangat cocok untuk menghiasi ruangan-ruangan tertentu atau taman kota.

Bahkan saat ini, Pakis Haji sudah banyak dibudidayakan diwilayah perkotaan karena mengingat nilai jual dan juga kandungan nutrisi yang sangat baik untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari bagi masyarakat yang sudah diperjual belikan oleh para pedagang sayur.

Ciri Ciri Tanaman Pakis Haji

Agar kalian lebih mudah untuk memahami bahkan membedakannya dengan jenis tanaman yang lainnya, kalian perlu memperhatikan beberapa karakteristik dari tanaman ini, yaitu diantaranya adalah :

  • Termasuk kedalam tumbuhan biji terbuka yang memiliki bentuk seperti pohon kelapa.
  • Memilki daun yang terbuka dengan tulang daun yang sejajar.
  • Pada daun yang masih muda akan menggulung seperti tanaman paku.
  • Memiliki batang yang bulat dan tidak bercabang.
  • Susunan anak daunnya berpasang-pasangan.
  • Sebuah tanaman yang memiliki akar tunggang.
  • Klorofil yang terdapat didalam tanaman ini tidak ada di Kloroplas, melainkan tersebar kesemua bagian sitoplasma.
  • Mempunyai sebuah pigmen fikosianin.
  • Pada tumbuhan Cycas jantan memiliki sebuah runjung yang berukuran lebih besar diabndingkan dengan betinanya, yang tumbuh dari ujung batang.

Baca Juga : Spermatophyta

Klasifikasi Tanaman Cycas

Didalam bahasa Latin, tanaman Pakis Haji disebut sebagai Sikas atau Cycas yang berarti sekelompok tumbuhan biji terbuka yang tergabung kedalam kelompok pakishaji (Cycas) serta merupakan satu-satunya genus yang masuk kedalam suku pakishaji-pakishajian (Cycadaceae).

Terdapat beberapa jenis tanaman pakishaji-pakishajian yang umunya ditanam ditaman-taman kota atau halaman rumah yang sangat mirip dengan pohon palem yaitu seperti Cycas Rumphii, Cycas Javana dan juga Cycas Revoluta (Sikas Jepang)

Agar kalian lebih mudah untuk memahami Klasifikasi dari tanaman Cycas ini, yuk simak data yang ada dibawah ini :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Cycadophyta
  • Kelas : Cycadopsida
  • Ordo : Cycadales
  • Family : Cycadaceae
  • Genus : Cycas
  • Species : Kurang lebih berjumlah 100 jenis species.

Morfologi Tanaman Pakis Haji

Berikut ini terdapat beberapa data Morfologi dari tanaman Cycas yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut :

  • Akar, akar dari tanaman ini berbentuk akar tunggang atau disebut radix primaria.
  • Batang, batang dari pohon ini cenderung sama dengan pohon palem dengan bentuk yang tegak lurus dan berukuran 30 cm, serta memiliki pola percabangan batang Monopodial.
  • Daun, daun dari tanaman Cycas ini mirip dengan keris dengan daun mejemuk yang menyirip dan lebih dikenal dengan sebutan Paripinnatus. Sedangkan anak daun taman ini bercabang hingga ke pucuknya.
  • Bunga, bunga dari Cycas masuk kedalam kategori Monoecus. Pada strobilus betina, bunga tersebut terdiri dari Megasprofil yang berbentuk seperti keris berlekuk-lekuk. Sedangkan pada strobilus jantan terdiri dari Mikrosporofil yang berbentuk seperti susunan sisik yang rapat.
  • Biji, biji dari tanaman Cycas ini berbentuk bulat seperti biji dari pohon palem. Namun memiliki Mikrosporofil dengan bentuk yang menyirip serta memiliki calon biji yang berjumlah 2 sampai 5 buah tepat berada pada permukaan Carpelum.

Baca Juga : Bunga Sempurna

Reproduksi Dan Habitat dari Tanaman Cycas

Secara umum, tanaman Cycas ini dapat bereproduksi dengan cara Aseksual atau dengan kata lain dapat bereproduksi dengan menggunakan tunas yang disebut sebagai Bulbil.

Sedangkan habitat alami dari tanaman ini berada didalam hutan yang memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi, sebab taman ini sangat memerlukan tempat yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi.

Baca Juga : Lumut Hati

Apa yang dimaksud dengan Pakis Haji?

Pakis haji adalah sebuah tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari dalam jumlah yang sangat banyak.

Mengapa Pakis Haji ini banyak dibudidayakan?

Sebab, memiliki harga jual yang lumayan tinggi dan mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Bagaimana cara membudidaya Pakis Haji?

1. Pertama, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan dari lokasi yang akan dijadikan tempat budidaya tanaman Pakis Haji ini.
2. Kedua, kalian harus melakukan pembibitan dengan cara stek, penanaman biji serta pengambilan anakan dari tanaman ini.
3. Selanjutnya, kalian harus menyiapkan beberapa media tanam dan juga wadah tanam seperti pot atau polibag yang berukuran sedang dan besar.
4. Setelah menyiapkan wadah dan media tanam, maka kita sudah bisa untuk melakukan penaman bibit Pakis Haji ini.
5. Jika sudah ditanam dengan peraturan yang telah ditetapkan, kalian masih harus merawat tanaman ini dengan cara mengontrol jumlah air yang terdapat pada musim hujan, agar tidak terlalu banyak. Begitu pula dengan musim kemarau, tanaman ini tidak boleh terlalu kering, sebab akan membuat tanaman layu dan lama-kelamaan mati.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Pakis Haji beserta Habitat, Nama Latin, Reproduksi, dan Morfologinya. Semoga penjelasan dari ulasan kali ini menambah wawasan baru untuk kita semua.