Pakaian Adat Sumatera Barat

Posted on

Hallo gaes kali Rumus.co.id akan menyampaikan pengetahuan tentang Pakaian Adat Sumatera Barat berdasarkan unsur dan fungsinya karena Sumatra barat memiliki beberapa jenis pakaian dengan keindahan dan keunikannya.

Setiap pakaian adat pasti memiliki karakteristik yang berbeda -beda sebagai salah satu suber karya seni dari kebudayaan yang dubuat dari masing – masing provinsi, Ok gaes untuk mempersingkat waktu langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Mengenal Pakaian Adat Sumatra Barat

Pakaian Adat Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera yang memiliki keindahan alam dan banyak sekali prang yang berkunjung untuk menikmati objek wisatanya.

Provinsi yang memiliki keindahan alam mulai dari pegunungan dan danau maka Sumatera Barat sangat terkenal di setiap kota bahkan sampai kepulau jawa.

Namun tidak mengherankan lagi kalau pakaian adat Sumatera Barat dikenal luas di dalam dan luar negeri karena memiliki keunikan dan keindahan pada pakaian Minang ini.

Pakaian adat ini juga dapat memperkenalkan budaya yang berbeda di wilayah lain, dan sumatra barat berhasil masuk salah satu provinsi yang memiliki pakaian tradisional yang unik.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Tengah

Makna dan filosofis pakaian Sumatera Barat

WhatsApp Image 2020-04-28 at 15.36.01

Pakaian adat Sumatera Barat memiliki makna dan filosofis yang membuat orang lain ingin mengetahui bahwa pakaian ini memiliki makna dengan keunkannya.

Namun pakaian khas Sumatera Barat tersebar di mancanegara dengan berbagai masing-masing jenis pakaian utama untuk pria dan wanita.

Akan tetapi pakaian ini biasanya dipakai oleh kelompok dalam kepentingan tradisional misalnya pada saat mengadakan acara pernikahan dan upacara adat.

Makna dan filosofis pakaian ini biasanya sebagai simbol yang terhormat dari kepemimpinan.

Sedangkan banyak jenis pakaian yang ada di sumatra barat ini pastinya memiliki makna dan filosofis yang berbeda atau melambangkan ciri khas minang kabau.

Selain itu juga sumatra barat memiliki objek wisata yang bernama rumah gadang atau jam gadang, namun hal ini juga mimiliki makna dan filosofinya

Baca Juga: Pakaian Adat Kalimantan

10 Nama Pakaian Adat Sumatera Barat

padang

Ok gaes pembahasan singkat diatas tentang pakaian adat Sumatera Barat maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa macam pakaian berdasarkan perkembangannya.

1. Baju Penghulu

WhatsApp Image 2020-04-28 at 15.37.09

Baju Penghulu berwarna hitam adalah salah satu pakaian khas sumatra barat yang melambangkan pentingnya kepemimpinan dalam rumah tangga.

Pakaian ini memiliki berbagai makna dan filosofis yang mendalam.

Baju Penghulu terbuat dari bahan gaun dan biasanya dilengkapi dengan aksesoris yang lainnya dan tongkat.

2. Cawek

Cawek

Peralatan ini juga bisa disebut ikat kepala, Cawek adalah sabuk sutra yang memperkuat celana Sarawa yang terlihat lebih kasual.

Pakaian Cawek terbuat dari kain sutra yang memiliki makna filosofis adalah seseorang harus kompeten untuk membungkus persaudaraan.

Baca Juga: Pakaian Adat Papua

3. Bundo Kanduang

Bundo Kanduang

Bundo Kanduang adalah salah satu pakaian khas dari Sumatra Barat pakaian ini sangat ini menyerupai pakaian adat Aceh namun yang berbeda hanya di mahkotanya saja.

Bundo Kanduang menggunakan mahkota yang dikelilingi oleh melati yang berwarna emas.

Bundo Kanduang ini juga memiliki motif yang beragam yang didominasi oleh sulaman benang emas.

4. Tingkolok bertanduk

Tingkolok bertanduk

Pakaian Tingkolok bertanduk adalah salah satu pakaian khas sumatra barat, yang berarti bentuk seseorang menggunakannya adalah pemilik rumah Gadang.

Bentuk Tingkolok bertanduk ini sangat sederhana dan dapat mewakili identitas asli masyarakat Padang atau Sumatera Barat secara keseluruhan.

5. Salempang

Salempang

Salempang adalah pakaian khas sumatra barat dan merupakan aksesoris yang digunakan untuk melengkapi pakaian adat padang atau minang kabau.

Salempang biasanya digunakan oleh kaum wanita pada saat adanya kegiatan pernikahan atau meyambut penganten.

Pada saat memakai salempang berarti siap menjadi ibu dan nenek yang menjadi teladan bagi anak dan cucu mereka.

6. Baju Batabue

Baju Batabue

Pakaian Batubue adalah pakaian khas sumatra barat yang dikenakan atau sebagai salah satu karakteristik pakaian dari minang kabau.

Pakaian ini juga disebut pakaian keling yang dihiasi dengan taburan benang emas dihiasi dan bordir melambangkan kekayaan alam.

Pakaian Batabue memiliki 4 warna. diantaranya biru, hitam, merah dan ungu.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali

7. Pakaian pengantin

WhatsApp Image 2020-04-28 at 15.36.43

Pakaian pengantin adalah pakaian khas Sumatera Barat pakaian ini biasanya digunakan oleh pengantin di pesta pernikahan dan biasanya untuk pakaian ini adalah warna hitam dan merah.

Yang dilengkapi dengan aksesoris dengan tutup kepala dan berbagai dekorasi.

Pakaian pengantin Ini memiliki makna filosofis dari pakaian tradisional dari Sumatera Barat sebagai dapat meningkatkan kelengkapan pada budaya ini.

Baca Juga: Pakaian Adat Aceh

8. Deta

Deta

Deta adalah salah satu bentuk pakaian khas minang yang digunakan sebagai penutup kepala dengan dililitkan di kepala.

Deta memiliki bentuk kain segitiga dengan warna dominan hitam, tetapi Deta juga memiliki warna yang berbeda, dari jenis pakaian minang yang lainnya.

Pakaian deta ini juga memiliki tingkat keistimewaan yang berbeda dan berdasarkan klan atau tingkat sosial pembawa.

Pakai deta memiliki tampilan yang sederhana akan tetapi sangat sering sekali digunakan oleh masyrakat minang dalam kehidupan sehari-hari meraka.

9. Koto Gadang

Koto Gadang

Koto Gadang adalah salah satu pakaian khas adat sumatra barat yang hanya digunakan oleh pengantin di Padang.

Pakaian kato dikenal sebagai pakai kepala Desa dan Bundo Kanduang.

karena satu-satunya pakaian yang sangat berbeda dengan pakaian yang lainnya. Pakaian ini dilengkapi dengan Asesoris supaya terkesan sangat mewah.

10. Dukuah

Dukuah

Dukuah adalah pakaian khas dari Sumatera Barat yang sering digunakan oleh pengantin wanita dalam bentuk kalung.

Dukuah ini juga memiliki beberapa nama diantaranya.

  • Rambutam
  • Kalung perada
  • Leher mencekik
  • Kabans
  • Manik-manik marmer
  • Panyiaram dukuh

Ok gaes mungkin sekian yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Pakaian Adat Sumatera Barat lengkap dengan gambar dan penjelasannya, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>
Related posts: