Pakaian Adat Papua

Posted on

Hallo gaes kali Rumus.co.id akan menyampaikan tentang Pakaian Adat Papua berdasarkan ilmu pengatahuan, unsur dan fungsinya karena Pakaian Adat Papua itu sendiri memiliki keunikan yang sangat berbeda dengan pakaian adat yang lainnya, Ok gaes untuk mempersingkat waktu langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pakaian Papua dan Penjelasannya

Pakaian Adat Papua

Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki etnis yang unik dan yang sangat menarik, karena kebudayaan ini memiliki jenis pakaian yang berbeda dengan privinsi yang lain.

Pakaian orang-orang Indonesia mulai dari timur sampai ke barat memiliki jenis pakaian yang berbeda-beda mulai yang sederhana bahkan ada yang mewah.

Seperti yang sudah kita ketahui papua memiliki jenis pakaian yang terbilang sangat sederhana akan tetapi papua dapat menjunjung nilai-nilai budayanya.

Suku-suku penting dari wilayah Papua yang sangat terkenal denga penggunakan pakaian adatnya adalah Asmat, Dani, Biak, Kamoro dan Waropen.

Walaupun terbilang sangat sederhana pakaian adat papua ini tentunya mampu menutupi tubuh dan dapat juga menghasilkan keindahan yang sangat rapi.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali

Aksesoris Pakaian Adat Papua

aksesoris papua

Selain dari pakaian banyak juga barang Aksesoris yang sangat menarik yang digunakan oleh orang-orang papua.

Misalnya:

Seperti emas atau jam tangan dan masih banyak lagi Aksesoris yang terbuat dari berbagai hewan.

Berikut adalah beberapa aksesoris yang digunakan oleh masyarakat Papua adalah.

1. Gigi Hewan

Gigi Hewan adalah salah satu aksesoris yang dikenal di masyarakat Papua dan biasa dugunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Gigi hewan juga sering diatur dengan rapi dan digunakan sebagai kalung untuk orang-orang di sana.

2. Taring babi

Taring babi adalah salah satu aksesoris yang kebanyakan orang papua yang memakainya karena sangat di percaya dapat menjaga kesehatan dan menjaga kelestarian leluhur.

Selain itu, gigi babi sering digunakan sebagai aksesoris penusuk di antara lubang hidung.

3. Dekorasi Rumbai

Dekorasi Rumbai adalah salah satu aksesoris yang disebt sebagai rok rumbai oleh orang-orang di Papua dan sering digunakan untuk menghias kepala mereka.

Rumbai terdiri dari bulu kasuari atau bisa juga dibuat dengan bulu kelinci putih dengan membentuk mahkota yang akan dipakai di kepala.

4. Tas Noken

Tas Noken adalah salah salah satu aksesoris yang terbilang mahal oleh orang papua karena dapat mempercantik perempuan Papua untuk kegiatan sehari-hari.

Tas ini biasanya digunakan sebagai wadah, Atau sering digunakan sebagai permainan seperti burung, kelinci atau tikus. Tas noken biasanya digunakan dengan menempelkannya di kepala atau sebagai tas bahu.

Aksesoris upacara adat papua

adat papua

Selain pakaian dan aksesoris maka masyarakat Papua juga memiliki berbagai senjata yang khusus yang sering digunakan dalam sebuah pertunjukan adat.

Di bawah ini adalah beberapa senjata yang dimiliki oleh orang Papua.

1. Tombak

Tombak adalah salah satu senjata yang banyak digunakan oleh masyarakat Papua dan sering digunakan pada saat meraka akan berburu jarak jauh.

Selain batu sering menggunakan pada saat upacara adat dan kegiatan pada saat akan memanggil arwah leluhur meraka. Karena tombah sebah senjata yang dapat diandalakan oleh masyarakat dapat mematikan.

2. Panah

Panah adalah salah satu senjata yang paling populer untuk rakyat Papua selain dapat digunakan pada saat berburu binatang dan dapat juga digunakan dalam sebuah pertunjukan atau sebagai pertahanan dalam perang.

3. Kapak

Kapak adalah salah satu senjata atau alat bagi masyarakat Papua yang dapat membuka akses jalan dan pertanian di hutan akan tetapi kapak ini berbeda dari kapak yang lainnya.

Baca Juga: Peninggalan Kerajaan Aceh

Nama pakaian adat papua berdasarkan jenisnya

paua

Ok gaes dari pembahasan diatas maka kami akana menyampaiakan beberapa pakaian adat paua baik pria atau wanita.

Gaes berikut ini adalah nama dan jenis pakaian adat papua diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Rok rumbai pakaian perempuan

Rok rumbai pakaian perempuan

Rok rumbai adalah pakaian adat wanita Papua dalam bentuk rok dan hal ini terdiri dari daun sagu kering dan digunakan untuk menutupi bagian tubuh bagian bawah.

Rok rumbai tidak hanya dikenakan oleh wanita, tetapi juga oleh pria tetapi pada saat acara tertentu.

Pakaian untuk pria dan wanita Papua tidak mengenakan atasan walaupun demikian, mereka membuat tato atau lukisan yang menutupi tubuh bagian atas.

Dengan berbagai motif dan juga bervariasi yang berbeda tetapi yang sering digunakan adalah lukisan flora dan fauna.

Penggunaan rok rumbai tidak lengkap kecuali jika menggunakan aksesori yang dapat membuat hiasan kepala dari serat kelapa.

2. Pakaian yokai

Pakaian yokai

Pakaian yokai adalah salah satu kostum Papua untuk wanita lajang yang hanya ada di Papua Barat dan sekitarnya dan hanya dapat ditemukan di daerah pedesaan saja.

Pakaian ini seharusnya hanya dipakai oleh wanita akan tetapi bagi yang sudah memiliki keluarga dengan berwarna warna cokelat agak kemerahan.

3. Pakaian koteka

Pakaian koteka

Pakaian koteka adalahsalah satu pakaian yang sering digunakan oleh pria karena dengan keunikan nya yang berasala dari suku asli Papua. Akan tetapi pakaian ini sering digunakan setiap hari.

Pakaian koteka ini juga sama sekali tidak memakai pakaian dan terlihat telanjang karena mereka mengenakan pakaian adat Papua yang bernama Koteka ini.

Pakaian koteka dapat menutupi alat kelamin priadan dan memiliki arti sebagai pakaian yang dimana akan digunakan oleh suku-suku tertentu.

Koteka terbuat dari labu air kering yang sudah tua dan kemudian diproses dengan pengeringan sampai membusuk dan dapat digunakan sebagai bahan Koteka.

Orang papua menggunakan Koteka setiap hari, tidak hanya pada kesempatan tertentu saja

  • Koteka dikenakan di acara-acara adat dengan ukuran yang lebih panjang atau ukiran yang menarik.
  • Koteka digunakan untuk kegiatan sehari-hari pada saat bekerja.

4. Kain rumput

Kain rumput

Kain rumput adalah salah satu pakaian adat suku Papua modern yang berasal dari Sorong Selatan, namun pakaian ini digunakan oleh pria atau wanita.

Pakaian ini terbuat dari daun sagu yang digunakan juga harus daun yang masih rebung penggunakannya jua setelah dikeringkan dan direndam dalam air.

Kain rumput yang sudah kering dapat digunakan sebagai kegiatan adat atau dapat juga digunakan pada saat kegiatan sehari kari dengan melakukan aktifitas meraka.

5. Baju Kurung

Baju Kurung

Baju Kurung adalah salah satu pakaian ciri khas adat papua yang serig di digunakan oleh wanita Papua sehingga mereka dapat disebut waninita yang rapi.

Namun biasanya pakaian ini hanya digunakan oleh orang Papua dan orang Papua Barat yang tinggal di dekat kota Manokwari karena pakaian khas ini digunakan sebagai atasan rok rumbai.

Pakaian Baju Kurung dapat ditingkatkan keindahakn dengan penggunaan gelang dan kalung yang terbuat dari biji yang keras dan kemudian dirangkai dengan bulu kasuari.

Ok gaes mungkin sekian yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Pakaian Adat Papua berdasarkan fungsi dan kegunaannya, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>
Related posts: