Pakaian Adat Kalimantan

Posted on

Hallo gaes kali Rumus.co.id akan menyampaikan pengetahuan tentang Pakaian Adat Kalimantan berdasarkan unsur dan fungsinya karena Pakaian Adat Kalimantan adalah salah satu pakaian yang memiliki keindahan dan keunikannya

Setiap pakaian adat pasti memiliki karakteristik yang berbeda sebagai seni dari suatu kebudayaan dari masing – masing provinsi, Ok gaes untuk mempersingkat waktu langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Mengenal Pakaian Adat Kalimantan

Pakaian Adat Kalimantan

Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia dan sangat banyak sekali memiliki keunikan mulai dari tradisi dan keanegaragaman terutama keunikan dalam berpakaian.

Tentu saja adat kebudayaan yang ada dikalimantan dapat mempengaruhi etnis dan kebudayaan seni.

Adat yang lahir di kalimantan memiliki berbagai jenis pakaian tradisional dengan beragam budaya yang unik karena memiliki latar belakang sebuah budaya yang beragam.

Provinsi Kalimantan memiliki keindahan dengan keanekaragaman yang dibentuk oleh alam seperti “Seribu Sungai” atau sungai terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Tengah

Perkembangan Pakaian Adat Kalimantan

Perkembangan Pakaian Adat Kalimantan dapat mengubah keindahan penampilan sebagai salah satu ciri khas berpakaian dalam bentuk yang aslinya.

Mulai dari perubahan bahan dan bentuknya tentunya akan mempengaruhi penampilaan masyarakat kalimantan.

Tentunya perubahan memiliki nilai leluhur dengan karakteristik dari masing-masing pakaiannya adalah.

1. Pakaian Raja Tompang – Pakaian ini adalah salah satu pakaian yang sangat sederhana dan menjadi saksi dalam sebuah sejarah masyarakat Kalimantan, dan akan melakukan berinteraksi terhadap orang Melayu.

2. Pakaian buri buri – adalah salah satu pakaian yang berasal dari hewan laut yang menyerupai cangkang yang sangat keras.

3. Pakaian manik indulu – adalah salah satu pakaian yang menggunakan aksesoris atau mutiara yang digunakan sebagai hiasan.

4. Pakaian Raja Kabo – adalah sebuah pakaian yang berasal dari sebuah mitos yang terdapat dari roh raksasa, dengan ketinggian mencapai 1 m dan panjang mencapai 4 m.

Pakaian ini juga terbuat dari kulit kayu atau yang dibuat dari kulit kabo yang seakan – akan membentuk seperti rumbai.

5. Hapus Kuureng – adalah salah satu pakaian yang hampir sama dengan baju kemeja yang di lengkapi dengan kain songket, tetapi pakaian ini terbuat dari kulit hewan supaya terlihat lebih elegan.

Baca Juga: Peninggalan Kerajaan Banten

Nama Pakaian Adat Kalimantan Barat

pakaian kalimantan

Ok gaes pembahasan singkat diatas tentang pakaian adat kalimantan maka kami akan menyampaikan beberapa macam pakaian berdasarkan produk dengan perkembangan generasi nya.

Berikut ini adalah nama pakaian adat kalimantan lengkap gambar dan penjelasannya:

Baca Juga: Pakaian Adat Papua

1. Bulang Burai King

Bulang Burai King

Bulang Burai adalah salah satu pakaian Dayak kalimantan yang paling terkenal, dan hampir semua masyarakat memiliki pakaian adat ini.

Karena pakaian ini salah satu ciri khas dan setiap orang wajib memilikinya dan akan digunakan pada saat upacara dayak kalimantan.

Pakaian ini dibuat dengan desain yang sangat unik dan terbilang pakaian yang mewah karena memiliki sifat yang mencolok dan dilengkapi dengan hiasan mutiara.

Selain itu juga pakaian Bulang Burai King ini memiliki hiasan dengan bulu Hornbill yang dibentuk sangat rapi dan indah.

2. Ngaju Dayak

Ngaju Dayak

Dayak Ngaju adalah salah satu pakaian adat masyarakat kalimantan yang sudah di mendominasi kan disetiap wilayah.

Namun pakaian ini berasal dari salahsatu budaya Dayak, bahkan suku Dayak Ngaju sangat sering sekali menggunakan pakaian ini tepatnya pada saat kegiatan yang ada di masyarakat.

Pakaian ini digunakan untuk wanita saja dan dilengkapi berbagai aksesoris.

Misalnya:

  • Rompi
  • Rok pendek
  • ikat kepala atau bulu rangkong
  • Ikat pinggang
  • Kalung mutiara
  • Gelang tangan

Pakaian ini terbuat dari bahan yang alami seperti serat alami atau kulit sirene.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali

3. Bulang Kurung

Bulang Kuurung

Bulang Kurung adalah salah satu pakaian adat kalimantan yang sering disebut dengan kepala kurung.

Pakaian ini dibuat dengan desain yang sangat unik dan terbilang pakaian yang mewah karena memiliki sifat yang mencolok dan dilengkapi dengan hiasan yang ada dikepala.

Pakaian ini memiliki nama lain adalah.

  • Pakaian tanpa lengan
  • Pakaian lengan atau Dekot
  • Pakaian lengan panjang atau Lengke

4. Telawang (perisai)

Telawang (perisai)

Telawang atau perisai adalah salah satu pakaian adat kalimantan yang dilengkapi dengan alat sebagai pelindung terhadap serangan musuh.

Telawang ini biasanya sering digunakan oleh pria padasaat berburu atau pada saat akan melakuakan pereng atas perselihan atar masyarakat.

Telawang terbuat dari kayu dan dibentuk persegi panjang dan kedua sisi dibentuk runcing pada bagian atas dan bawah.

Akan tetapi pada bagian luarnya dihiasi dengan ukiran sebagai ciri khas pada kebudayaan kalimantan atau suku budaya Dayak.

Baca Juga: Peninggalan Kerajaan Aceh

5. Ta’a dan Sapei Sapaq

Ta'a dan Sapei Sapaq

Pakaian Ta’a dan Sapei Sapaq adalah salah satu pakaian yang terdapat pada kalimantan dan berasal dari Suku Dayak.

Pakaian ini sering digunakan oleh pria dan wanita pada saat melakukan kegiatan adat atau upacara sambutan.

Pakaian ini dibuat dengan desain yang sangat unik dan terbilang pakaian yang mewah karena memiliki sifat yang mencolok dan dilengkapi dengan hiasan mutiara.

Bawahan adalah sejenis celana pendek, yang dilengkapi dengan aksesoris dalam bentuk pedang di pinggang.

Ta’a dan Sapei Sapaq ini memiliki berbagai pola dengan keindahan atau aksesoris senjata yang berasal dari adat masyarakat yang berbeda.

6. Kustin

Kustin

Pakaian Kustin adalah pakaian salah satu pakaian adat dari Kalimantan atau berasal dari suku Kutai.

Pakaian ini sering sekali digunakan pada saat melakukan pernikahan atau bisa juga pada saat melamar penganten.

Pakaian ini dibuat dengan desain yang sangat unik dan terbilang pakaian yang mewah karena memiliki sifat yang mencolok dan dilengkapi dengan hiasan mutiara.

Pakaian ini sering digunakan oleh pria dan wanita pada saat melakukan kegiatan adat seperti pernikahan.

Selain itu juga pakaian ini dapat menghiasi penampilan dan dilengkapi dengan aksesoris seperti sanggul, dan biasanya pakaian ini digunakan oleh orang menengah ke atas.

7. Sakai

Sakai

Sakai adalah salah satu pakaian yang berasal dari kalimantan dan pakaian ini telah dirancang khusus untuk pria dan wanita yang masih muda saja.

Namun pakaian ini dapat menyelaraskan kebudayaan tradisional karena pakaian ini hampir sama dengan pakaian adat suku saja dan sumatra barat.

Pakaian ini dibuat dengan desain yang sangat unik dan terbilang pakaian yang mewah karena memiliki sifat yang mencolok dan dilengkapi dengan hiasan mutiara dan kalung.

Sakai telah dirancang dengan model yang sangat moderen dengan lengan panjang dan bawahannya menggunakan batik Tapeh.

Selain itu juga penggunaan pakaian biasanya dilengkapi dengan berbagai perlengkapan untuk melestarikan kebudayaan seperti bunga melati dan mawar atau buah – buahan yang diletakan didalam kendi.

Ok gaes mungkin sekian yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Pakaian Adat Kalimantan berdasarkan fungsi dan kegunaannya, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>