Pakaian Adat Jawa

Posted on

Hallo gaes Rumus.co.id kali akan membagikan wawasan tentang Pakaian Adat Jawa berdasarkan pengetahuan, sumber, unsur dan fungsinya karena jawa memiliki beberapa jenis pakaian dengan nilai keindahan dan keunikannya.

Setiap pakaian adat terdapat berbagai karakteristik yang berbeda – beda sebagai salah satu suber karya seni dari kebudayaan yang dibuat dari masing – masing provinsi.

Ok gaes langsung saja ya simak pembahasan di bawah ini…?

Mengenal Pakaian Jawa

Pakaian Adat Jawa

Provinsi Jawa adalah provinsi yang berada di pulau jawa dan memiliki banyak adat dan tradisi, mulai dari pakaian dan aksesrisnya dengan keunikan yang dubuat dari tradisi jawa.

Namun adat dan tradisi jawa terkenal sangat identik karena masih menggunakan budaya sunda.

Akan tetapi pakaian khas tradisional jawa ini memiliki nilai-nilai yang penuh dengan kesopanan.

Dan pakaian ini juga banyak sekali kesan yang dibuat dari leluhur sebagai pakaian yang dikembangkan dengan kemajuan zaman dan sejarah.

Pada saat berbicara tentang pakaian khas Jawa tentunya hal ini sangat identik pada aspek dari sejarahnya sehingga pakaian ini biasanya digunakan pada saat kegiatan adat saja.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Timur

Makna dan filosofis pakaian jawa

Pakaian khas jawa memiliki makna dan filosofi yang berbeda, sehingga pakaian ini sangat terkenal di berbagai daerah dan masyarakat luas.

Makna dan filosofi yang terdapat pada pakaian adat ini biasanya simbol dari kerajaan yang dibuat oleh leluhur atau sebagai ciri khas dari kepulauan jawa.

Sedangkan pulau jawa juga memiliki filosofi atau makna yang berbeda karena melambangkan karakteristik yang dibentuk dari pulau jawa.

Dalam mengenali pakaian nya, biasanya masyarakat jawa mengadakan kegiatan adat, seperti pernikahan dan upacara adat pada saat kegiatan tingkat provinsi.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Barat

Nama Pakaian Adat Jawa dan Penjelasan

adat jawa

Nah gaes diatas sudah kami terangkan tentang pakaian khas adat Jawa maka disini juga kami akan menerangkan beberapa macam pakaian Jawa berdasarkan perkembangannya.

Berikut ini adalah nama pakaian adat jawa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kebaya

Kebaya

Kebaya adalah pakaian adat jawa yang sering sekali digunakan pada saat acara pesta atau pernikahan.

Secara umum kebaya ini biasanya terbuat dari beludru dan brokat dengan kain sutra dan memiliki warna-warna yang indentik sangat cerah.

Kebaya memiliki atasan dan bawahan yang membentuk keindahan, pada saat memakainya.

Pada saat memakai kebaya seserang dapat meningkatkan kesan dengan keindahan karena delengkapi berbagai aksesoris seperti cincin, kalung, gelang yang digunakan pada saat memakai kebaya.

2. Pangsi

Pangsi

Pangsi merupakan salah satu pakaian khas jawa yang karena pakaian ini dibuat sebagai pewarisan dari Nusantara.

Pakaian ini juga memiliki filosofi tersendiri karena bentuknya dan model jahitannya sangat berbeda dengan pakaian adat yang lainnya.

Akan tetapi pakaian pangsi biasanya dipakai oleh kaum pria karena melambangkan pria yang berasal dari kepulauan jawa .

Pakaian adat ini dibuat sangat sederhana sekali sehingga terkesan sangat kumal karena menunjukan berprofesi seorang petani.

Pada saat memakai pakaian ini biasanya dilengkapi dengan penutup kepala dan ikat pinggang logen.

Baca Juga: Pakaian Adat Betawi

3. Batik

Batik

Batik adalah merupakan bagian pakaian khas kepulauan Jawa yang sangat terkenal di mancanegara karena batik memiliki nilai keindahan dan dari berbagai motif.

Meskipun batik pakaian khas jawa akan tetapi seluruh indonesia banyak yang suka memakai jenis pakaian ini.

Dengan perkembangan zaman dan seiring berjalannya waktu banyak sekali model batik yang semakin memiliki nilai yang beragam.

4. Surjan

Surjan

Surjan adalah pakaian khas adat Jawa dalam bentuk kemeja superior dan pakaian ini hampir mirip dengan Jawi Jangkep, hal ini sangat sering sekali dugunakan oleh pria.

Menurut sejarah, Surjan telah ada sejak zaman Mataram Islam dan pertama kali diciptakan oleh Sunan Kalijaga.

Baca Juga: Pakaian Adat Sumatera Barat

5. Blankon

Bankon

Blankon adalah salah satu pakaian khas kepulauan jawa atau sebagai aksesris pelengkap yang biasanya digunakan sebagai penutup kepala.

Blankon ini digunakan untuk menutupi rambut yang panjang dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari hari atau pada saat kegiatan upacara adat.

Dalam menggunakan blangkon ini juga sangat indentik dengan yang disebut ikatan di bagian belakang sebagai aksesoris keyakinan yang dianut oleh leluhur.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Tengah

6. Kanigara

Kanigara adalah salah satu pakaian khas jawa dan biasanya dipakai oleh kaum bangsawan saja.

Akan tetapi pakaian ini paling sering digunakan oleh pengantin, karena memiliki nilai dan makna yang sangat tinggi oleh penduduk setempat.

7. Basahan

Basahan

Basahan adalah pakaian khas jawa yang biasanya digunakan oleh pengantin wanita saja.

Pakaian ini sangat mirip dengan Kanigaran karena berbentuk basahan dan kaum wanita sebagai keturunan dari kerajaan di Kesultanan.

Yaitu masyarakat Ngayogyakarta yang biasa disebut Ageng Kanigaran.

Baca Juga: Pakaian Adat Aceh

8. Sinjang atau Dodot

Sinjang atau Dodot

Sinjang atau Dodot adalah pakaian khas kepulauan jawan yang berbentuk kain yang panjang yang dapat menutupi tubuh bagian bawah.

Pakaian adat ini ini tidak terlalu penting akan tetapi biasanya digunakan pada saat kegiatan adat dan digunakan oleh generasi penerus saja.

9. Kuluk

Kuluk

Kuluk adalah salah satu pakaian khas jawa yang berbentuk aksesoris seperti topi atau peci adat kepulauan jawa.

Pakaian ini memiliki fungsi hampir sama dengan blankon yang menutupi kepala.

Akan tetapi jenis aksesoris ini hanya digunakan oleh pria pada saat kegiatan pernikahan.

Baca Juga: Pakaian Adat Kalimantan

10. Keris

Keris

Keris adalah salah satu pakaian adat jawah tengah akan tetapi keris sebuah gabungan dari pakaian ketika seseorang akan menggunakan baju dan lain sebagainya dan akan digunakan oleh seorang pria.

Keberadaan dalam sebuah sejarah keris tentu memiliki filosopi yabg sangat mendalam bagi orang jawa karena hampir setipa orang jawan a[pasti memiliki barang yang umik ini. Dan akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ok gaes sampai disini ya, yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Pakaian Adat Jawa, semoga artikel yang kami bahasn dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali

Related posts: