Pakaian Adat Jawa Timur

Posted on

Hallo gaes kali Rumus.co.id akan membahas pengetahuan tentang Pakaian Adat Jawa Timur berdasarkan sumber pengetahuan, unsur dan fungsinya karena jawa timur memiliki beberapa jenis pakaian dengan keindahan dan keunikannya.

Setiap pakaian adat pasti memiliki karakteristik yang berbeda – beda sebagai salah satu suber karya seni dari kebudayaan yang dubuat dari masing – masing provinsi, Ok gaes untuk mempersingkat waktu langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Mengenal Pakaian Adat Jawa Timur

Pakaian Adat Jawa Timur

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang terluas di pulau jawa yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia karena banyak kisah para pahlawan yang dilahirkan di Jawa Timur.

Jawa tumur juga salah satu budaya yang paling terkenal dan memiliki pakaian khas adat di Jawa Timur dengan keunikannya. Sebagai simbol keutuhan budaya tersebut.

Jawa timur banyak sekali menyimpan kisah sejarah dimulai dari kerajaan atau jenis pakaian yang sampai saat ini masih tetap terjaga.

Namun ada juga beberapa daerah di Jawa Timur yang memiliki pakaian secara formal.

Baca Juga: Pakaian Adat Betawi

Makna dan filosofis pakaian jawa timur

Pakaian khas adat dari jawa timur memiliki makna dan filosofi yang berbeda sehingga pakaian ini sangat banyak sekali masyarakat luas yang mengenali jenis pakaian ini.

Namun, pakaian ini biasanya dikenakan oleh masyarakat untuk kepentingan dalam kegiatan adat, seperti pernikahan dan upacara adat dalam bidang tradisional.

Makna dan filosofis dari pakaian ini biasanya merupakan simbol dari kerajaan yang diakui sebagai ciri khas jawa timur.

Sedangkan banyak sekali jenis pakaian yang ada di jawa timur dan memiliki filosofi atau makna yang berbeda serta melambangkan karakteristik nya.

Baca Juga: Pakaian Adat Sumatera Barat

Nama Pakaian Adat Jawa Timur Lengkap dengan Gambar dan Penjelasan

Berdasarkan perkembangannya banyak sekali pakaian jawa timur ini memiliki motif dan corak dan memiliki makna dengan ketegasan dalam mempertahankan etika.

Jawa Timur

Ok gaes pembahasan singkat diatas tentang pakaian khas adat Jawa Timur maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa macam pakaian Jawa Timur berdasarkan perkembangannya.

1. Odheng

Odheng a

Odheng adalah salah satu pakaian khas adat jawa timu yang memiliki bentuk seperti topi atau tudung kepala, sehingga pakaian ini dapat dipakaian sebagai peralatan adat Jawa Timur.

Odheng biasanya digunakan para pria dan memiliki desain batik, dengan berbagai bentuk dan motif yang biasa dikenal dengan nama Storjoan.

Odheng dadalah tutup kepala atau tengkorak dengan bentuk segitiga dan memiliki ukuran yang disesuaikan dengan ukuran lingkar kepala setiap orang.

Odheng ini juga sebagai salah satu perlengkapan yang sangat terkenal dengan khas di Jawa Timur, terutama untuk Madura

Baca Juga: Pakaian Adat Aceh

2. Pasean Madura

Pasean Madura

Pasean Madura adalah salah satu jenis pakaian yang paling terkenal dan mudah diingat bagi setiap orang karena pakaian ini memiliki bentuk yang unik dan ciri khas warnanya juga sangat menaruk.

Pakaian ini terbuat dari bahan katun dan berwarna hitam dan pakaian dalam bergaris merah putih atau merah hitam.

Pakaian ini dilengkapi dengan celana panjang yang longgar yang dapat menjangkau ke pergelangan kaki.

Pakaian khas adat jawa timur ini juga memiliki filosofi tersendiri yang menggambarkan sifat orang Madura sebagai tanda penghormatan dengan kebebasan.

Baca Juga: Pakaian Adat Kalimantan

3. Bahan sarung

Bahan sarung

Bahan sarung adalah salah satu jenis pakaian adat Jawa Timur yang paling umum dan yang paling sering digunakan.

Pakaian ini biasanya bahan yang digunakan terbuat dari kain dengan jenis bahan adalah kain sutra, dan kapas untuk sarung pada perekat.

Akan tetapi pakaian ini juga memiliki banyak variasi warna yang digunakan oleh sarung itu sendiri tetapi warna yang paling umum digunakan adalah warna kuning keemasan.

Dengan berbagai motif dan ukurannya yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan ukuran dari masing-masing individu.

4. Pakaian mantenan

Pakaian mantenan

Pakaian mantenan merupakan salah satu pakaian yang mengacu pada pakaian yang digunakan dalam pernikahan saja.

Pakaian mantenan Jawa timur ini dipakai saat pengantin menikah dengan menggunakan metode adat Jawa.

Jenis pakaian ini biasanya dilengkapi dengan Odheng atau arloji rantai dengan selempang kain dan berbagai aksesoris yang lainnya.

5. Kebaya Rancongan

Kebaya Rancongan

Kebaya Rancongan adalah salah satu jenis pakaian khas jawa timur yang memiliki model yang sangat sederhana dan biasanya mengikuti bentuk tubuh.

Dalam penggunaan kebaya ini dapat dikombinasikan dengan sarung tangan batik yang bermotif Lasem.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Tengah

6. Pakaian Cak dan Ning

Pakaian Cak dan Ning

Pakaian Cak dan Ning Adalah salah satu jenis pakaian yang biasa digunakan dalam pemilihan kompetisi perempuan yang disebut Kontes Cak dan Ning.

Maka Para finalis diharuskan menggunakan jenis pakaian ini sebagai wujud khas pakaian gaya Surabaya.

Pakaian cak (pria) terdiri dari celana kain yang ditutup dengan jari dan dilengkapi juga dengan aksesori atau saputangan merah.

Sedangkan pakaian Ning (wanita) terdiri dari Kebaya atau tudung selendang dengan motif renda.

Selain itu juga dilengkapi aksesoris dalam bentuk anting, gelang, dan sandal supaya terlihan berkesan pada saat memakainya.

7. Odheng Tapoghan

Odheng Tapoghan

Odheng Tapoghan ini hampir sama dengan Odheng Fine Dining karena sama sama dikenakan pada pria dan wanita tidak boleh menngunakan Odheng ini.

Odheng Tapoghan biasanya paling umum menggunakan bahan handuk batik dengan desain dimodifikasi sesuai selera dan nilainya dan dibentuk segitiga yang akan diikat ke kepala.

Baca Juga: Pakaian Adat Papua

Senjata Adat Jawa Timur

Senjata

Jawa Timur memiliki banyak sekali senjata yang unik yang sering digunakan sebagai pertunjukan dalam kegiatan adat atau upacara tradisional Jawa Timur.

Berikut ini adalah beberapa jenis senjata yang terdapat di jawa timur diantaranya adalah sebgai berikut.

Celurit – adalah senjata yang berbentuk seperti sabit dan memiliki ukuran yang sedang dan terbuat dari baja dan beratnya mencapai 45 gram.

Piol Piol – adalah sebuah gobang dengan bentuk seperti baja kecil seperti pisau dapur baja.

Garpu cap belati – adalah salah satu bentuk senjata yang ujungnya runcing namun senjata ini terbuat dari baja dengan ukuran yang berbeda dengan panjangnya mencapai sekitar 40 cm.

Takabuan – adalah salah satu jenis senjata yang terbuat dari besi yang berkualitas tinggi sehingga senjata ini berbentuk seperti melengkung seperti bulan sabit dan bilah pisau.

Lancor – adalah senjata yang terbuat dari bulu ayam atau bunga toro senjata yang unik ayang tetapi memiliki keindahan yang tersendiri dan biasanya enjata ini digunakan pada saat kegiatan upacara ada saja.

Calo Montor – Adalah Senjata yang beracun yang berasal dari jawa tumur, senjata ini terbuat dari besi baja yang beratnya mencapai 11 ons.

Ok gaes mungkin sekian yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Pakaian Adat Jawa Timur lengkap dengan gambar dan penjelasannya, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali

Related posts: