Pakaian Adat Jawa Tengah

Posted on

Hallo gaes kali Rumus.co.id akan menyampaikan ilmu pengetahuan tentang Pakaian Adat Jawa Tengah berdasarkan unsur dan fungsinya karena jawa tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiiki berbagai jenis pakaian adat.

Setiap pakaian adat memiliki karakteristik yang berbeda dengan keindahan seni dan kebudayaan dari masing masing provinsi, Ok gaes untuk mempersingkat waktu langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pakaian Jawa Tengah dan Penjelasannya

Pakaian Adat Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang berada di Pulau Jawa tepatnya pada berbatasan di Yogyakarta dibagian barat dan sebelah timur.

Negara Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau dengan keanekaragaman dari masing-masing provinsi yang dibentuk dari adat dan budaya.

Jawa sendiri sebagai pulau terpadat di Indonesia dan memiliki nilai-nilai adat dan budaya lokal yang masih dipertahankan.

Budaya di wilayah Jawa Tengah terdiri dari beberapa elemen salah satunya adalah pakaian adat yang sangat unik.

Pakaian adat Jawa juga memiliki berbagai gaya dan bahan akan tetapi warga tidak akan meninggalkan apa yang ada di suatu adat karena menjadi ciri khas provinsinya.

Pakaian juga diciptakan oleh leluhur dan akan digunakan untuk kegiatan sehari-hari, atau kegiatan ajang perta atau jenis kegiatan adat yang lainnya, terutama Jawa Tengah.

Baca Juga: Pakaian Adat Papua

Keunikan Pakaian Adat Jawa Tengah

pakaian jawa tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki berbagai adat dengan keunikan tersendiri dengan keaneka ragaman yang sangat berkualitas.

Tentu saja hal itu terjadai karena warga Indonesia, memiliki berbagai pakaian adat khusus, terutama orang-orang di Jawa Tengah.

Keunikan Pakaian Adat Jawa Tengah dapat mengembangkan desain pakaian yang baik dan akan berfungsi di Jawa secara alami memiliki tingkat yang tinggi.

Sebagai warga negara yang baik harus dapat mengembangkan kebudayaan dan dapat menciptakan gaya dan desain pakaian dengan model modern.

Saat ini sangat banyak orang dari Jawa Tengah telah mengabaikan budaya pakaian adat mereka karena terciptanya pakaian yang moderen.

Baca Juga: Peninggalan Kerajaan Aceh

Makna dan filosofi pakaian adat jawah tengah

Suatu daerah memiliki sejarah dengan berbagai kisah tentunya tidak sama dengan daerah daerah yang lain, terutama dalam nilai kehidupan atau pakaian adat dari masing – masing daerah.

Makna dan filosofi pakaian adat jawah tengah memiliki model dan gaya yang berbeda dan sesuai dengan sejarah daerah tersebut.

Dalam sebuah filsafat menurut masyarakat Jawa Tengah memiliki makna dan lambang sebagai ketaatan yang dinilai dari jenis pakaian, yang berarti pakaian adat sebagai simbol bahwa seorang wanita harus diatur dan identik orang yang lembut.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali

Macam Macam Pakaian Adat Di Jawa Tengah

Ok gaes pembahasan singkat diatas tentang pakaian adat Jawa tengah maka kami akan menyampaikan beberapa macam pakaian adat jawa tengah berdasarkan produk pakaian sebagai generasi nya.

Berikut ini adalah nama pakaian adat jawah tengah lengkap dengan gambar dan penjelasannya:

1. Jawi Jangkep

Jawi Jangkep

Jawi Jangkep adalah sebuah kemeja beskap yang memiliki motif bunga dan dibungkus sabuk yang tersedia untuk bawahannya.

Dalam pakaian ini juga memiliki keindahkan dengan berbagai aksesoris tambahan seperti keris, sepatu, blangkon dan bunga melati.

Jawi Jangkep terdiri dari dua jenis diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jawi Jangkep – Jawi Jangkep digunakan dalam acara resmi dan resmi hanya dengan atasan hitam.
  • Jawi Jangkep Padintenan – Jawi Jangkep Padintenan dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari dengan menggunakan atasan berwarna selain hitam.

Penggunaan jawi harus dilengkapi dengan aksesoris dengan kelengkapan nya adalah.

  • Pakaian atas dalam bentuk pakaian beskap dengan motif bunga di bagian belakang.
  • Bawahan dalam bentuk kain Jarik melilit sabuk tersedia.
  • Tutup kepala dalam bentuk blank atau distar.
  • Panggung.
  • Kris atau Wangkingan.
  • Sabuk dalam bentuk Timang, Lerep dan Epek.
  • Sepatu berupa sandal atau warna Canilan agar sesuai dengan warna pakaian.
  • Bunga melati melilit leher.
  • Pakaian adat ini masih sangat terawat dan biasanya dugunakan dalam acara-acara tertentu saja.

2. Jarik

Jarik

Jarik adalah sebuah kain batik dengan berbagai corak khas Jawa Tengah Jarik memiliki keindahan serta filosofi tersendiri yang mewakili suatu tingkatan dalam kehidupan.

Jarik dapat dugunakan oleh pria dan wanita untuk kegiatan sehari-hari. atau pada kegiatan acara adat.

Bahkan jari merupakan sebuah peninggalan oleh nenek moyang pada zaman kuno dan dapat digunakan pada saat acara-acara tertentu saja.

3. Stagen

Stagen

Stagen adalah sebuah pelengkap atau sebuah gulungan kain panjang yang digunakan di dalamnya.

Stagen dapat digunakan untuk menjaga agar jari tidak kendur dan dapat digunakan untuk terapi lambung untuk mencegah perut kembung.

4. Blankon

blagkon

Blankon adalah tutup kepala yang terbuat dari bahan yang diikat dan biasanya disusun menggunakan kain kosong.

Blankon digunakan untuk menyembunyikan rambut yang panjang, blangkon memiliki nilai dan karakteristik nya sendiri.

Blangkon juga meliliki ikatan di bagian belakang yang sudah terikat dengan hal ini juga memiliki sebuah keyakinan yang dianut oleh leluhur pada zaman itu.

5. Kebaya

Kebaya

Kebaya adalah pakaian adat jawah tengah yang ssering sekali digunakan pada saat acara perta atau pernikahan adat, dan sring digunakan oleh wanita.

Secara umum kebaya terbuat dari beludru, brokat sutra, katun dan nilon, yang memiliki warna-warna yang cerah.

Kebaya itu sendiri adalah bagian dari atasan dan bawahan dengan membentuk keindahan, pada saat memakainya.

Kebaya juga dapat meningkatkan kesan keindahan, berbagai aksesoris seperti cincin, kalung, gelang, tetes telinga yang harus digunakan pada saat memakai kebaya.

6. Batik

Batik

Batik adalah pakaian adat Jawa Tengah yang sangat mendunia karena batik memiliki keindahan dengan berbagai motif.

Meskipun batik pakaian khas dari jawa akan tetapi seluruh indonesia bahkan duniapun banyak sekali yang memakai batik.

Seperti gambar diatas, orang yang memakai batik itu berasal dari padang dan pamebang karena dengan keindahan motif batik nya siapapun akan menyukai pakaian itu.

Seiring waktu berjalannya waktu banyak sekali model pakaian batik yang menjadi semakin beragam, karena dengan kebudayaan yag semakin global.

7. Surjan

Surjan

Surjan adalah pakaian adat dari Jawa Tengah dalam bentuk kemeja superior dan pakaian ini hampir mirip dengan Jawi Jangkep, hal ini sangat sering sekali dugunakan oleh pria.

Menurut sejarah, Surjan telah ada sejak zaman Mataram Islam dan pertama kali diciptakan oleh Sunan Kalijaga.

8. Keris

Keris

Keris adalah salah satu pakaian adat jawah tengah akan tetapi keris sebuah gabungan dari pakaian ketika seseorang akan menggunakan baju dan lain sebagainya dan akan digunakan oleh seorang pria.

Keberadaan dalam sebuah sejarah keris tentu memiliki filosopi yabg sangat mendalam bagi orang jawa karena hampir setipa orang jawan a[pasti memiliki barang yang umik ini. Dan akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ok gaes mungkin sekian yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Pakaian Adat Jawa Tengah berdasarkan fungsi dan kegunaannya, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>
Related posts: