Pakaian Adat Jawa Barat

Posted on

Hallo gaes Rumus.co.id kali akan membagikan wawasan tentang Pakaian Adat Jawa Barat berdasarkan sumber pengetahuan, unsur dan fungsinya karena jawa barat memiliki beberapa jenis pakaian dengan keindahan dan keunikannya.

Setiap pakaian adat terdapat berbagai karakteristik yang berbeda – beda sebagai salah satu suber karya seni dari kebudayaan yang dubuat dari masing – masing provinsi, Ok gaes langsung saja ya simak pembahasan di bawah ini…?

Mengenal Pakaian Jawa Barat

Pakaian Adat Jawa Barat

Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang berada di pulau jawa dan memiliki banyak adat dan tradisi, mulai dari janis pakaian dan aksesrisnya.

Namun jawa barat terkenal dengan identik menggunakan budaya sunda, yang sangat khas sebagai pakaian tradisional, dengan nilai-nilai pakai yan penuh dengan kespanan.

Akan tetapi pakaian ini, dibuat sebagai peniggalan leluhur yang harus dikembangkan dalam memeluk kebudayaannya.

Berbicara tentang pakaian khas adat Jawa Barat sangat identik dengan aspek dari sejarahnya sehingga pakaian ini biasanya digunakan pada saat kegiatan adat saja.

Baca Juga: Pakaian Adat Betawi

Makna dan filosofis pakaian jawa barat

Adat jawa barat

Pakaian khas adat dari jawa barat memiliki makna dan filosofi yang berbeda, sehingga pakaian ini banyak sekali dikenal di kalangan masyarakat luas.

Dalam mengenali jenis pakaian, biasanya masyarakat jawa barat akan mengadakan kegiatan adat, seperti pernikahan dan upacara adat dalam kegiatan tingkat tradisional.

Makna dan filosofi pakaian adat ini biasanya merupakan simbol dari kerajaan yang diakui sebagai ciri khas jawa barat.

Sedangkan dalam hal ini juga banyak sekali jenis pakaian yang ada di jawa barat dan memiliki filosofi atau makna yang berbeda sebagai tanda yang melambangkan karakteristik nya.

Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Timur

Nama Pakaian Adat Jawa Barat dan Penjelasan

jawa barat

Ok gaes pembahasan diatas tentang pakaian khas adat Jawa barat disini juga kami akan menerangkan beberapa macam pakaian Jawa barat berdasarkan perkembangan zaman diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kebaya Sunda

Kebaya Sunda

Kebaya sundah adalah salah satu pakaian khas yang biasa dugunakan leh wanita Jawa Barat, akan tetapi pakaian ini memiliki perbedaan pada kebaya modern.

Kebaya ini memiliki model yang lama dan cenderung pada pakaian dengan bentuk yang sudah ketinggalan zaman.

Tetapi pakaian ini sangat sering sekali digunakan dalam kegiatan adat seperti pernikahan, kegiatan tradisional atau kegiatan upacara adat.

2. Bedahan

Bedahan

Bedahan adalah salah satu pakaian khas jawa barat dan biasanya dugunakan oleh orang yang kelas menengah atau kaum bangsawan saja.

Pakaian ini biasanya digunakan untuk membuat penampilan supaya terlihat keren.

Pakaian ini juga dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti ikat pinggang, selendang dan blangkn, serta sepatu yang berkualitas.

Dan ada juga perlengkpan yang lainnya seperti perhiasan dalam bentuk kalung, gelang, cincin yang terbuat dari perak atau emas.

Pakaian ini yang paling umum seperti pakaian batik, dan dilengkapi juga dengan jaz, atau kemeja dengan lengan yang panjang atau menggunakan rompi.

Baca Juga: Pakaian Adat Sumatera Barat

3. Mojang Jajaka

Mojang Jajaka

Mojang Jajaka adalah salah satu pakaian khas yang paling terkenal di jawat barat dan biasanya dikenakan oleh wanita dan pria.

Akan tetapi pakaian untuk wanita memiliki bentuk Kebaya yang berwarna biru dan dikombinasikan dengan kain Kebat sebagai pelengkap pakaian.

Sedangkan untuk pria biasanya bentuk beskap atau jas yang tertutup sebagai pakaian atasan dan celana dasar yang berwarna hitam.

Dalam penggunaan pakaian ini dilengkapi juga dengan tutup kepala atau bendo yang dikenakan kepala pada wanita dan pria.

4. Menak

Menak

Menak adalah salah satu pakaian khas yang terkenal di Jawa Barat dalam bentuk jas atau jaket yang dibuat dengan disulam benang emas.

Pakaian menak biasanya digunakan oleh pria untuk membuat tampilan supaya terlihat sangat mewah dan menunjukkan pesona dengan wajah yang tanpan.

Pada saat menggunakan pakaian ini dilengkapi berbagai aksesoris yang dapat mendukung penampilan semakin keren seperti, ikat pinggang emas, atau sepatu hitam

Untuk bawahan menggunakan celana yang bermotif kaian dasar yang hitam karena penyesuaian pada pakaian pria.

Baca Juga: Pakaian Adat Aceh

5. Kebaya pengantin

Kebaya pengantin

Kebaya Pengantin adalah salah satu pakaian khas jawa barat dan biasanya dugunakan pada saat pernihan saja, dan dikenakan oleh pengantin pria dan wanita.

Kebaya ini memiliki sifat yang menarik dengan keunikan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain.

Pakaian ini terinspirasi oleh pakaian putri pada zaman kerajaan Sunda, yang di lengkapi dengan aksesoris berupa batu permata dan gelang atau cincin permata.

6. Pangsi

Pangsi

Pangsi merupakan salah satu pakaian khas adat jawa barat yang menjadi pakaian dari pewarisan Nusantara.

Pakaian ini memiliki filosofi tersendiri mulai dari bentuknya dan model dari bentuk jahitannya yangberbeda dengan pakaian adat yang lainnya.

Akan tetapi pakaian ini biasanya digunakan oleh kaum pria sebagai bentuk yang melambangkan pria yang berasal dari jawa barat.

Pakaian adat ini juga dibuat sangat sederhana sekali dan terkadang terkesan sangat kumal karena menunjukan sebuah berprofesi sebagai petani.

Pada saat pemakai jenis pakaian ini biasanya dilengkapi dengan penutup kepala atau ikat pinggang seperti logen.

Baca Juga: Pakaian Adat Kalimantan

Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat

Berdasarkan dari berbagai jenis pakaian diatas tentunya pakaian khas adat Jawa Barat memiliki keunikan tersendiri sehingga pakaian ini dapat dikenakan dengan identik dari jenisnya masing-masing.

Pakaian diatas juga secara alami akan menghasilkan nilai-nilai etika yang menjadi warisan dari budaya sebagai simbol dari kekayaan ekonomi.

Maka dalam pakaiannya juga memberikan kesan dan etika pada saat mengenakan pakaian supaya terlihat bagus dan cantik.

Dari perbagai jenis pakaiannya dapat juga digunakan dari berbagai kalangan menegah atas dan orang biasa. Sehingga dapat melestarikan kebudayaan suku jawa barat.

Baca Juga: Pakaian Adat Papua

Senjata Suku Jawa Barat

Senjata Suku Jawa Barat

Nah gaes pembahasan diatas yang dimana telah menerangkan berbagai pakaian khas adat Jawa barat, maka kalian juga perlu mengetahui beberapa macam senjata yang ada di Jawa barat diantaranya adalah sebagai berikut.

Senjata yang terkenal di suku Jawa Barat ini salah satunya adalah.

Kujang – adalah senjata pelengkap yang sering dipakai pada saat mengadakan kegiatan upacara adat atau kesenian pencak silat.

Keris – adalah salah satu senjata khas adat Suku Jawa Barat dalam melestarikan peningalan dari leluhur yang sering dipakai dalam keseharian pria jawa Barat.

Ok gaes mungkin sekian yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasan tentang Pakaian Adat Jawa barat lengkap dengan gambar dan penjelasannya, semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pakaian Adat Bali

Related posts: