Nilai Pendidikan Karakter

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kali akan menyampaikan pembahasan artikel makalah Nilai pendidikan Karakter dalam bidang nasionalisme – lengkap dengan pengertian, fungsi, jenis, sejarah, tujuannya, supaya mudah dipahami.

Nilai Pendidikan Karakter – merupakan salah satu bentuk pendidikan yang mempromosikan karakter dengan keterampilan yang tertentu dan bertujuan untuk mempromosikan bentuk dari kemampuan siswa untuk dapat membuat keputusan dengan pertimbangan baik dan buruk nya pendidikan.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pendidikan Karakter Adalah

Nilai-Nilai-Karakter

Pendidikan dengan nilai karakter adalah sebuah teks rencana dengan aksi nasional yang diterbitkan dalam bidang pendidikan nasional dalam bentuk individu atau kolektif.

Nilai karakter utama yang berasal dari Pancasila yang memiliki prioritas untuk pengembangan gerakan agama dan nasionalisme dalam bentuk integritas agar dapat berkembang secara individu dan secara dinamis dengan membentuk keutuhan pribadi.

Nilai karakter juga dapat mencerminkan kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bentuk dalam menerapkan ajaran agama dan kepercayaan dengan menghormati perbedaan agama terhadap pelaksanaan ibadah keagamaan.

Implementasi nilai-nilai karakter pembentukan pendidikan dengan pengembangan yang terintegrasi antara aspek pengembangan siswa secara seimbang.

Pembentukan karakter juga dapat diartikan sebagai pembentukan nilai moralitas dan ragam dalam mengatasi berbagai kesulitan, dengan komponen penting yang terkait pada generasi berikutnya.

Baca Juga: Komponen Pendapatan Nasional

Macam Macam Nilai Karakter

Berdasarkan apa yang sudah kami samnpaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa macam nilai pembentukan karakter untuk pendidikan dalam bidang budaya dan nasional diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Agama : Adalah sebuah sikap yang mematuhi perintah-perintah dan larangan agamanya serta dapat menjaga harmoni dan persatuan antara penganut kepercayaan yang berbeda.

2. Jujur: adalah sebuah sikap yang selalu dan dapat menghindari kejahatan dengan mempertahankan tindakan, untuk selalu mengatakan yang sebenarnya.

3. Toleransi: adalah sebuah sikap dan perilaku yang cenderung menghargai terhadap perbedaan dengan mengurangi perbedaan dan menerima perbedaan dan keragaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

4. Disiplin: adalah sebuah sikap dan tindakan yang dapat menjaga konsisten serta berkomitmen dalam menghindari pembatasan yang buruk.

5. Kerja keras: adalah sebuah sikap dalam bidang keterampilan dan kemauan pada saat akan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu yang sesuai dengan hasil yang akan diharapkan.

6. Kreatif: adalah sebuah sikap dalam mencari solusi alternatif untuk masalah dan dilakukan untuk mengembangkan metode atau pemahaman tentang masalah yang baru.

7. Mandiri: adalah sebuah sikap dengan potensi salam tanggung jawab percaya diri dan berkomitmen.

8. Demokratis: adalah sikap yang dapat menghargai hak dan kewajiban untuk mengakui hak-hak dalam bangsa sekaligus memastikan keragaman bangsa .

9. Semangat nasional: adalah sikap yang dapat melihat dirinya sebagai bagian terpenting bagi negara dan dapat mewujudkan sikap dan perilaku yang melindungi bangsa terhadap konflik sosial .

10. Cinta untuk tanah air: adalah sikap dan perasaan demi menunjukkan kesetiaan dan rasa hormat yang tinggi terhadap aspek sosial.

11. Cinta damai: adalah perilaku dalam kesatuan perasaan dan realisasi harmoni dari latar belakang cinta pada negara.

12. Tanggung jawab: adalah sikap yang bertangung jawab pada tugas dan kewajiban untuk dirinya sendiri dan untuk keluarganya atau pada lingkungan .

Baca Juga: Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

Tujuan Pendidikan Karakter

Menurut sebagian tenaga ahli tahun 2010 tujuan dari pendidikan budaya dan karakter negara dengan pembentukan adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan hati dalam potensi siswa dengan nilai-nilai dan karakter nasional.
  • Mengembangkan perilaku dan sikap yang terpuji dan konsisten pada tradisi nasional dan religius.
  • Mengajar rasa tanggung jawab sebagai penerus bangsa.
  • Mengembangkan kemampuan untuk menjadi orang yang mandiri.
  • Pengembangan tingkat belajar yang aman dan jujur .

Baca Juga: Kerjasama Internasional

Prinsip Pendidikan

Prinsip pendidikan karakter dalam bidang kebudayaan tingkat nasionalisme adalah sebagai berikut.

  • Komunitas yang mempromosikan nilai-nilai etika dan kinerja dengan membentuk karakter yang baik.
  • Sekolah dapat mendefinisikan karakter yang baik.
  • Sekolah dapat mempromosikan motivasi .
  • Staf sekolah membentuk komunitas pembelajaran dengan nilai-nilai yang dapat membimbing siswa.
  • Sekolah dapat melibatkan keluarga dan anggota masyarakat agar dapat pembangunan karakter yang baik.

Baca Juga: Perusahaan Multinasional Di Indonesia

Nilai Karakter Sebagai Solusi

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh dengan membetuk nilai karakter sebagai bidang solusi diantaraya adalah sebgai berikut.

  • Pendidikan sebagai solusi untuk dapat mengatasi berbagai masalah yang rumit, dengan melakukan pekatihan yang sesuai dengan tujuan, dari identitas nasional pancasila yang telah ada diindonesia sejak zaman kerajaan Budha.
  • Pendidikan mampu memberikan nilai-nilai luhur untuk generasi penerus bangsa, dengan menemukan pendidikan sehingga bangsa dapat bertahan dan terjaga kesehjah teraan nya.
  • Dapat menjadikan pendidikan sebagai nilai yang dapat membrikan semangat dengan gerakan untuk mengembangkan perinsip globalisasi, dan filosofi hidup di negara.

Demikian sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Nilai pendidikan karakter, semoga pembahasan ini mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Identitas Nasional