Negara Serikat

Posted on

Negara Serikat Adalah – Dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau PKN tentunya kita sering mendengar atau membaca mengenai istilah yang satu ini.

Negara Serikat

Ya, istilah ini masuk kedalam salah satu pembagian dari bentuk-bentuk negara yang ada di dunia. Negara Federal atau yang lebih dikenal dengan Negara Serikat menjadi materi yang paling sering kita temukan di dalam pelajaran PKN di sekolah.

Meskipun sudah sering di bahasa dalam pelajaran sekolah, namun sebagian besar dari kita, masih banyak yang belum mengetahui istilah dari Negara Serikat ini.

Untuk itu, mari kita simak pembahasan yang akan disampaikan oleh Rumus.co.id mengenai United States beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Definisi Negara Serikat

Negara Serikat atau Federal diartikan sebagai perhimpunan Negara yang didalamnya tersusun atas beberapa negara bagian. Kekuasaan antara pemerintah federal dengan negara bagian dibagi rata sehingga setiap pemerintah memiliki wilayah tanggung jawab masing-masing.

Akan tetapi untuk perjanjian-perjanjian yang dilakukan dengan pihak asing maupun pihak dari luar negeri, tentunya mesti melalui pemerintah pusat terlebih dahulu.

Atau dengan artian lain, Negara Federal adalah sebuah perhimpunan negara yang terbentuk dari hasil penggabungan dari beberapa Negara, atau dapat juga didefinisikan sebagai negara merdeka, memiliki pemimpin atau kepala negara sendiri dan kemudian menyatu dengan negara yang lain.

Secara umum, United States dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu federal republic serta federal monarchy. Sesuai dengan namanya, federal republic merupakan federasi dari beberapa negara dengan pemerintahan yang berbentuk republik, negara ini dipimpin oleh seorang Presiden.

Sedangkan, untuk Monarki federal merupakan sebuah federasi yang terdiri dari beberapa negara dengan pemerintahan yang berbentuk monarki dimana negara ini dipimpin oleh Raja maupun Ratu.

Ciri – Ciri Dari United States

Agar pengetahuan kalian semakin jelas, maka kalian juga perlu untuk mengetahui ciri-ciri yang terdapat di dalam United States, diantaranya adalah :

1. Terdiri Dari Banyak Negara

Ini adalah karakteristik paling dasar dari suatu negara dalam bentuk persatuan (Serikat) dan juga termasuk dalam karakteristik yang dapat membedakannya dari bentuk-bentuk negara lainnya.

Dalam bentuk negara Federal, ada beberapa negara yang berada di bawah kekuasaan dari negara yang sama. Apabila hal ini disamakan dengan Indonesia sekarang, maka berbagai negara bagian yang menjadi United States ini sama dengan otonomi daerah yang diterapkan di Indonesia.

2. Mempunyai Kewenangan Asli

Kekuasaan asli, bisa diartikan serupa atau sama dengan kedaulatan yang dimiliki oleh negara bagian untuk mengontrol dan juga mengelola sumber daya yang dimiliki oleh negara demi kepentingan negara.

Jika ada konflik dalam pengelolaan sumber daya ini, pengadilan negara bagian akan menetapkan keadilan bagi kasus ini.

3. Kepala Negara Dipilih Secara Langsung Oleh Rakyat

Rakyat yang, sebagai entitas terbesar di suatu negara, sebenarnya adalah pemilik kekuasaan tertinggi, artinya mereka memiliki hak yang kuat untuk menentukan dan memiliki kepala negara berdasarkan dengan kriteria yang ditetapkan oleh elit politik.

Pemilihan kepala negara ini sering disebut dengan istilah pemilu atau pemilihan umum. Pemilu yang dilakukan oleh negara-negara federal sama pentingnya dengan pemilu yang dilakukan di negara Indonesia.

4. Adanya Pembagian Kekuasaan

Hal ini terjadi sebagai akibat dari rumitnya pembagian kekuasaan di negara yang berbentuk serikat.

Pembagian kekuasaan terhadap pemerintah pusat yang dimaksud disini yaitu pemerintah pusat mempunyai beberapa lembaga negara yang berkuasa dalam mengurus UU atau urusan legislatif, eksekutif dan juga lembaga negara yang berkuasa untuk mengurus pengadilan.

Sedangkan, pembagian kekuasaan terhadap pemerintah daerah melibatkan lembaga-lembaga yang menangani urusan masing-masing negara.

5. Kepala Negara Memiliki Hak Veto

Veto adalah hak untuk mencabut ketetapan, keputusan, rancangan aturan serta UU atau resolusi. Hak Veto ini umumnya dikaitkan dengan salah satu lembaga negara berpangkat tinggi atau Dewan Keamanan Badan PBB.

Jadi, hak veto ini sebenarnya merupakan hak super duper istimewa bagi kepala negara yang memimpin di begara serikat tersebut.

Baca Juga :
Contoh Negara Kesatuan
Lambang ASEAN
Sistem Ekonomi Pancasila

Contoh Negara United States

Berikut ini merupakan daftar negara yang menganut sistem Negara Serikat diantaranya adalah :

1. Amerika Serikat

Jika membicarakan mengenai negara-negara yang termasuk kedalam daftar United States, maka kita akan langsung teringat dengan satu nama yaitu negara Amerika Serikat (AS).

Jadi Amerika Serikat adalah negara bagian dan republik dengan ibukota yang terletak di Washington DC. Tahukah Anda bahwa Amerika Serikat (AS) ini setidaknya terdiri dari 50 negara bagian.

Negara yang saat ini diperintah oleh Donald Trump merupakan salah satu negara yang menggunakan sistem pemerintahan yang sama seperti Indonesia, yaitu menerapkan sistem presidensial.

2. Rusia

Rusia menjadi contoh negara ke 2 tergabung ke dalam perhimpunan United States yang terdapat di dunia. Lebih tepatnya, Rusia termasuk sebagai negara yang berbentuk republik federal.

Negara ini menjadi salah satu negara yang dapat Anda lihat dari Atlas atau globe sebagai negara terbesar yang ada di dunia. Negara yang diperintah oleh Vladimir Putih ini terbentang dari Eropa bagian Timur hingga Asia bagian Timur.

Ibukota dari Negara Rusia ini terletak di Moskow yang juga terkenal mempunyai setidaknya 88 negara bagian.

3. Australia

Persemakmuran Australia ini tersusun atas daratan benua Australia, island of Tasmania serta berbagai pulau kecil yang ada di Samudra Hindia dan juga Pasifik.

Perlu kalian ketahui bahwa Persemakmuran Australia ini tersusun atas 6 negara bagian serta 2 teritorial yang terletak di daratan utama. Dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Rusia, cakupan dari Rusia ini terbilang agak terbatas.

F.A.Q

Apa itu Negara Serikat?

Negara Serikat atau Federal diartikan sebagai perhimpunan Negara yang didalamnya tersusun atas beberapa negara bagian. Kekuasaan antara pemerintah federal dengan negara bagian dibagi rata sehingga setiap pemerintah memiliki wilayah tanggung jawab masing-masing.

Mengapa Indonesia menjadi Negara Serikat?

Sebenarnya, tak pernah disebutkan bahwa Indonesia telah menerima pengaturan federal di dalam bentuk negaranya. Pada dasarnya, RIS didirikan sedemikian rupa sehingga Belanda secepatnya mengakui kedaulatan Indonesia dan akan segera pergi.

Meskipun niat awalnya yaitu untuk melakukan politik adu domba.
Namun, metode ini diputarbalikkan oleh Indonesia dan telah berhasil menjadi senjata bagi kedaulatan Indonesia, meskipun sebenarnya rakyat Indonesia kurang cocok dengan sistem pemerintahan federal.

Contoh Negara yang masuk ke dalam perhimpunan United States?

1. Amerika Serikat
2. Rusia
3. Australia
4. Jerman
5. India, dan lainnya

Sekianlah ulasan dan informasi singkat yang ada di pembahasan diatas, semoga materi diatas bisa menjadi wawasan baru untuk kita.