Narrative Text

Posted on

Narrative Text – Narrative Text adalah salah satu dari 13 jenis teks bahasa Inggris (genre) yang terbentuk dari kelompok Narration seperti halnya Recount Text dan News Items Text, yang mana teks tersebut berfungsi untuk menceritakan kisah yang terjadi di masa lampau.

Apakah kalian ada yang sudah mengenal atau bahkan baru mendengar mengenai Narrative Text? Jika seperti itu, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Narrative Text

Definition Narrative Text

Narrative Text adalah suatu karangan berbentuk sebuah kisah yang terdiri dari serangkaian kalimat yang disusun secara kronologis atau sesuai dengan urutan waktu kejadian, sehingga menjadi sebuah rangkaian cerita yang lengkap dan jelas.

Teks Naratif merupakan salah satu jenis Text yang didalamnya menceritakan suatu peristiwa yang terjadi secara imajinatif (Khayalan) dan sistematis, serta berfungsi untuk menghibur para pembacanya.

Baca Juga : Teks Deskripsi

Characteristics of Narrative Text

Terdapat beberapa ciri-ciri dari Teks Naratif yang dapat membedakannya dengan jenis teks yang lainnya, yaitu diantaranya adalah :

  • Teks naratif umumnya menggunakan sebuah kata kerja aksi dalam bentuk kata lampau.
  • Menggunakan Noun tertentu untuk sebagai kata ganti orang.
  • Didalamnya menggunakan sebuah kata sifat yang akan membentuk Noun Phrase.
  • Menggunakan sebuah kata hubung yang digunakan untuk mengurutkan berbagai peristiwa yang terjadi didalam teks tersebut.
  • Terdapat sebuah percakapan yang berbentuk dialog dengan tujuan untuk mengajak para pembacanya berimajinasi, sehingga ceritanya akan terlihat lebih jelas dan nyata.

Language Rules of Narrative Text

Selain penjelasan yang ada diatas, terdapat beberapa ciri kebahasaan yang ada didalamnya, yaitu sebagai berikut :

  • Noun (Kata Benda), menggunakan kata benda tertentu yang berfungsi sebagai kata ganti orang, hewan, atau benda didalam cerita tersebut. Contohnya seperti : stepmother, the dwarfs, carriage, dan lain-lain.
  • Past Tense (Kata Kerja Lampau), didalam teks naratif ini menggunakan sebuah kata kerja yang menggambarkan masa lampau (verb 2). Contohnya seperti : Knew, got, gave, dan lain-lain.
  • Time Connective, didalamnya menggunakan kata hubung waktu yang bertujuan untuk mengurutkan seuatu peristiwa. Contohnya seperti : After, After That, Before, dan lain sebagainya.
  • Action Verbs, adalah sebuah kata kerja yang didalamnya menunjukan berbagai peristiwa atau kegiatan. Contohnya seperti : Stayed, Climbed, Wrote, dan lain sebagainya.
  • Saying and Thinking Verb, adalah salah satu kata kerja yang menunjukkan sebuah ujaran. Contohnya seperti : Said, Told, Thought, dan lain sebagainya.

Narrative Text Structure

Terdapat beberapa struktur dalam penulisan teks naratif ini, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Orientation, merupakan salah satu struktur yang berfungsi sebagai kata pendahuluan atau pembuka, tentunya struktur ini terletak dibagian awal.
  • Complication, merupakan salah satu struktur yang didalamnya terdapat pengembangan konflik atau masalah yang terjadi didalam sebuah cerita.
  • Resolution, adalah salah satu struktur yang didalamnya terdapat sebuah konflik dan juga langkah untuk menyelesaikan hingga diambil dalam merespons.
  • Re-orientation, adalah salah satu struktur yang berisikian sebuah ungkapan penutup dengan menunjukan penyelesaian masalah dari suatu cerita.
  • Coda, adalah salah satu struktur yang terletak dibagian akhir atau penutup dan terdapat pelajaran yang bersifat opsional. 

Baca Juga : Contoh Kalimat Deskripsi

Contoh Narrtive Text

Untuk lebih memehami penjelasan yang ada diatas, terdapat beberapa contoh dari Teks Naratif dibawah ini, yaitu diantaranya adalah :

Contoh : Putri Cinderella

Narrative Text

Pada zaman dahulu, ada seorang gadis yang sangat cantik bernama Cinderella. Ia hanya tinggal bersama ibu tiri dan kedua saudara perempuan tirinya. Mereka semua sangat arogan, bahkan mereka kerap memperlakukan gadis cantik itu dengan sangat buruk.

Bahkan, Ibu tirinya sering membuat Cinderella melakukan suatu pekerjaan yang paling sulit di rumah, seperti menggosok lantai hingga bersih, mencuci pantat panci dan wajan serta menyiapkan makanan untuk semua anggota keluarga.

Sedangkan, Kakak tirinya tidak pernah melakukan pekerjaan yang ada di rumah tersebut. Ibu tiri hanya mementingkan anaknya saja, sebab ia selalu memberikan banyak gaun cantik untuk dipakai oleh anak-anaknya.

Pada suatu hari, pengawal raja datang kerumah warga untuk memberitahukan bahwa sang Raja mengundang semua gadis untuk menghadiri pesta dansa yang diadakan di istananya.

Kakak tiri Cinderalla sangat senang mendengar hal ini dan menghabiskan banyak waktu untuk memilih gaun dan perhiasan yang akan mereka pakai dipesta tersebut.

Waktu yang mereka tunggu-tunggu pun tiba, namun disisi lain Cinderella tidak bisa berhenti menangis setelah kedua kakak tirinya pergi. Tiba-tiba,”Mengapa kamu menangis, Putri Cinderella?” terdengar suara yang mengejutkan Cinderlla, ia pun mendongak dan melihat ada peri yang duduk di sampingnya.

Lalu Cinderella memberitahukan peri tersebut mengapa ia menangis. Lantas peri itu pun berkata, “Kamu adalah gadis yang baik, pekerja keras, dan tak pantang menyerah, oleh sebab itu saya akan membuat kamu agar bisa pergi ke pesta dansa itu.”

Kemudian, Peri itu mengubah labu menjadi seorang supir kereta kuda dan tikus untuk menjadi dua kuda yang membawa kereta Cinderella. Tidak hanya itu saja peri pun menyiapkan Gaun yang sangat cantik untuk dikenakan oleh Cinderella dengan tongkatnya.

Setelah itu, tak lupa juga sang peri memberinya sepasang sepatu kaca yang cantik untuk memperindah penampilannya. Tetapi sebelum Cinderella pergi, peri memberikan syarat kepadanya bahwa sudah harus kembali sebelum jam 12 malam.

Cinderella pun pergi dengan pengwalnya yang sangat luar biasa. Tak lama kemudian, Cinderella sudah sampai dipesta tersebut. Melihat kecantikan Cinderella sang pangeran mengajaknya untuk berdansa bersama.

Tiba-tiba terdengar suara dentingan jam yang menunjukkan bahwa sudah pukul 12 malam. Dia berlari secepat mungkin ke pintu untuk meninggalkan pesta tersebut. Karena tergesa-gesa, salah satu sepatu kacanya jadi tertinggal di depan pintu istana.

Beberapa hari kemudian, sang pangeran datang untuk mencari gadis pemiliki sepatu kaca tersebut, dan menyatakan bahwa ia akan menikahi gadis yang kakinya cocok dengan sepatu kaca tersebut.

Kedua kakak tiri Cinderella mencobanya namun sepatu itu terlalu kecil untuk mereka, tak peduli seberapa keras mereka mencoba untuk menekan jari kaki mereka agar sepatu itu muat dikakinya.

Cinderella yang melihat hal itu, memutuskan untuk mencoba sepatu tersebut, dan ternyata cocok dikakinya. Sang pangeran pun senang dan memutuskan untuk meikahi Cinderella dan hidup bahagia.

Baca Juga : Contoh Cerita Fabel

Apa yang dimaksud dengan Narrative Text?

Narrative Text adalah suatu karangan berbentuk sebuah kisah yang terdiri dari serangkaian kalimat yang disusun secara kronologis atau sesuai dengan urutan waktu kejadian, sehingga menjadi sebuah rangkaian cerita yang lengkap dan jelas.

Apa saja jenis-jenis dari Narrative Text?

Terdapat beberapa jenis Narrative Text yaitu seperti Cerita Rakyat, Cerita Fabel, Legenda, Mite, Dongeng dan juga Cerita Cinta.

Apa tujuan dari Narrative Text?

Tujuan utama dari Narrative Text ini yaitu untuk menghibur dan juga menarik minat baca dari para pembacanya (to amuse or to can entertain the reader).

Demikian pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu kalian semua