Mutasi Gen Adalah

Posted on

Mutasi Gen Adalah – Secara umum, Mutation sering diartikan sebagai salah satu penyebab dari adanya berbagai macam variasi makhluk hidup di dunia ini. Mutasi ini umumnya muncul secara tiba-tiba dan acak dan berfungsi sebagai dasar untuk sumber berbagai jenis organisme hidup yang diwariskan.

Mutasi Gen

Sedangkan, untuk secara bahasa, kata Mutasi berasal dari bahasa latin yaitu dari kata “Mutatus”¬†yang memiliki makna perubahan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, Mutasi merupakan sebuah perubahan yang terjadi pada materi genetik (DNA) serta kromosom yang diwariskan pada keturunannya.

Jika didalam perubahan genetik, Mutasi bisa digolongkan menjadi dua jenis tingkatan, yaitu Gene Mutation dan juga Chromosome Mutations. Akan tetapi, dalam kesempatan kali ini Rumus.co.id hanya akan membahas salah satu dari jenis-jenis Mutation, yaitu Gene Mutation.

Mutasi Gen Adalah?

Mutasi genetik, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Gene Mutation, yang didefinisikan sebagai perubahan yang terjadi secara kimiawi dalam satu atau lebih pasangan basa di dalam gen tunggal dan menyebabkan perubahan sifat individu tanpa mengubah jumlah dan susunan kromosom.

Dengan kata lain, Mutasi Genetik sering disebut juga dengan Mutasi Titik (Point Mutation) adalah sebuah Mutation yang terjadi dikarenakan adanya perubahan terhadap sepasang DNA pada suatu Gen.

Baca Juga :
Sistem Ekskresi Pada Manusia
Keseimbangan Ekosistem
Sistem Peredaran Darah Manusia

Tipe – Tipe Gene Mutation

Secara umum, terdapat beberapa jenis dari Gene Mutation yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut :

  1. Nonsense Mutation merupakan salah satu jenis dari Gene Mutation yang mana perubahannya terjadi pada kodon, akan tetapi perubahannya tidak menimbulkan kesalahan pada proses pembentukan protein di dalam tubuh.
  2. Triple Mutation merupakan salah satu jenis dari Gene Mutation yang sering diartikan sebagai pengurangan maupun penambahan kodon secara bersamaan.
  3. Frame Movements merupakan salah satu jenis dari Gene Mutation yang sering diartikan sebagai perubahan maupun penambahan basa nitrogen. Umumnya pada Mutasi terdiri dari Delesi (Pengurangan) atau Duplikasi (Penambahan).

Proses Terjadinya Gene Mutation

Pada dasarnya Gene Mutation terjadi melalui beberapa proses. Berikut ini merupakan penjelasan dari beberapa proses Gene Mutation, yaitu :

1. Gene Mutation terjadi karena penggantian basa nitrogen.

Penggantian basa nitrogen merupakan sebuah mutasi genetik yang terjadi karena disebabkan oleh perubahan dari satu atau lebih nukleotida di dalam gen. Perubahan nukleotida ini kemudian menyebabkan adanya perubahan pada triplet (sepasang 3 basa).

Perubahan yang terjadi pada triplet ini umumnya akan menyebabkan perubahan pada kodon (kode genetik). Oleh sebab itu, adanya perubahan pada kodon ini sangat mempengaruhi proses pembentukan asam amino atau protein.

Ada perubahan pada kodon yang tidak memengaruhi pembentukan asam amino. Beberapa memiliki efek yang sangat signifikan, sehingga proses sintesis protein dapat dihentikan sebelum waktunya, yang dapat menyebabkan kerusakan genetik, tidak aktif dan bahaya.

Terdapat beberapa penyakit yang diakibatkan karena adanya penggantian basa nitrogen misalnya seperti buta warna, hemofili, anemia dan masih banyak lagi.

2. Gene Mutation karena adanya insersi dan juga delesi dari pasangan basa nitrogen.

Mutasi gen yang disebabkan oleh penghapusan dan penyisipan pasangan basa nitrogen dikenal sebagai mutasi pergeseran bingkai. Penghapusan pasangan basa nitrogen diartikan sebagai peristiwa pengurangan basa nitrogen di dalam suatu gen.

Sedangkan untuk insersi pasangan basa nitrogen merupakan sebuah peristiwa penambahan basa nitrogen yang terjadi ke dalam gen. Mutasi ini mempunyai dampak yang sangat besar terhadap perubahan yang terjadi pada gen.

Sebab, pada saat sekuens basa nitrogen akan dihilangkan dan kemudian akan dimasukkan ke tengah sekuens, selanjutnya semua sekuens basa nitrogen yang ada di dalam DNA akan berubah.

Begitupun dengan urutan asam amino yang terbentuk. Mutasi genetik semacam itu sering menghasilkan protein atau kerusakan yang tidak perlu.

F.A.Q

Apa itu Mutasi?

Mutasi sering diartikan sebagai salah satu penyebab dari adanya berbagai macam variasi makhluk hidup di dunia ini.

Gene Mutation yaitu?

Mutasi gen adalah perubahan yang terjadi secara kimiawi dalam satu atau lebih pasangan basa di dalam gen tunggal dan menyebabkan perubahan sifat individu tanpa mengubah jumlah dan susunan kromosom.

Jenis-Jenis dari Mutasi Gen menurut kejadiannya, yaitu?

1. Spontaneous Mutation (Mutasi Gen Spontan)
2. Induced Mutation (Mutasi Gen Induksi)

Sekian dari informasi yang disampaikan dalam artikel kali ini. Semoga dapat membantu para readers memahaminya..