Rumus Momentum Beserta Pengertian Dan Contoh Soalnya

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus  momentum dan pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas soal rumus daya listrik.  Dan di dalam rumus momentum terdapat rumus dimensi daya, rumus dimensi impuls, rumus momentum, rumus dimensi gaya, rumus dimensi energi, rumus dimensi berat, rumus dimensi percepatan, rumus dimensi volume.

Pengertian Momentum

Setiap benda yang ingin bergerak pasti memiliki sebuah ( kekuatan gerak ). Hal ini ialah sebuah contoh dari momentum atau yang kerap disebut dengan momentum. Untuk lebih jelas nya, mari kita bahas bersama tentang pengertian momentum. Silahkan kalian lihat pembahasan nya di bawah :

Kekuatan gerak yang ada pada benda dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu massa dan kecepatan dari benda. Jadi Momentum adalah besaran yang berhubungan dengan kecepatan dan massa pada suatu benda.

Momentum merupakan salah satu istilah di dalam ilmu fisika yang mengacu pada kuantitas gerak suatu benda dan massa yang dimiliki objek. Definisi momentum itu sendiri diartikan sebagai besaran yang didapatkan dari perkalian antara besaran vektor kecepatan gerak dengan besaran skalar massa benda.

Ketika massa di kalikan dengan kecepatan suatu benda, munculah sebuah (kekuatan gerak). Artinya ialah benda yang memiliki kecepatan yang tinggi namun massa nya kecil akan memiliki kekuatan gerak yang sama dengan benda bermassa besar tapi kecepatan nya rendah. kok bisa begitu yaa kira – kira ? kami akan memberikan ilustrasi nya :

Contoh Momentum

Sebuah truk yang massa nya seberat 20.000 kg bergerak dengan kecepatan sekitar 10 m/s. Nah, gaya yang besar di butuhkan untuk menghentikan laju truk tersebut. Ketika truk menabrak tembok, maka tembok akan rusak.

Tapi bagaimana jika kasus nya di ganti dengan mobil kecil bermassa seberat 2.000 kg dengan kecepatan nya sekitar 10 m/s ? Apa yang terjadi ketika mobil itu menabrak tembok ?

Kalian pasti sudah tahu bahwa bagian depan mobil dan tembok bisa rusak. Lalu, bagaimana jika mobil kecil bermassa seberat 2.000 kg dengan besar kecepatan nya ialah sekitar 120 m/s menabrak tembok? Mobil pasti hancur, begitu juga dengan tembok nya. Hal ini terjadi karena besar nya kekuatan gerak atau tumbukan mobil terhadap tembok, cukup kecil.

Gaya yang lebih besar dibutuhkan untuk menghentikan laju sebuah mobil kecil dengan kecepatan tinggi dari pada menghentikan truk yang bergerak dengan kecepatan rendah. Dan jika kalian ingin menghentikan sebuah kereta yang sedang bergerak, gaya yang lebih besar dibutuhkan dari pada menghentikan truk dan mobil kecil.

Hal ini di sebabkan karena kereta memiliki massa dan kecepatan yang lebih besar. Jadi, momentum bisa ditulis persamaan nya dalam bentuk.

Rumus Momentum Beserta Pengertian Dan Rumus – Rumus Nya
Rumus Momentum

Rumus Momentum

P = m x v

Keterangan :

  • p = momentum ( kg.m/s )
  • m = massa benda ( kg )
  • v = kecepatan benda ( m/s )

Contoh Soal Momentum

Budi memiliki badan yang gemuk dengan berat badan 100 kg berlari dengan kecepatan tetap yaitu 108 km/jam. Berapakah momentum dari budi tersebut ?

Penyelesaian :

Diketahui :

m = 100 kg

v = 108 km/jam di konversi ke m/s maka 108000/3600 = 30 m/s

Jawaban :

P = 100 x 30 = 3.000 kg m/s

Tahukah kalian semua bahwa kalau sebenarnya benda – benda yang saling bertumbukan tidak akan kehilangan energi karna energi tidak bisa hilang atau musnah. Karna pada dasar nya energi benda akan berubah menjadi energi yang lain.

Tumbukan

Hubungan antara momentum dengan tumbukan ialah ketika 2 buah benda bergerak kemudian saling bertarbakan maka berlakulah hukum kekelan momentum, oleh karenanya disini kami akan bahas juga tentang tumbukan, berikut ini penjelasannya

Jenis – jenis tumbukan dibedakan berdasarkan dari perubahan energi nya. Ketika 2 benda mengalami tumbukan elastis atau lenting yang sempurna maka, energi kinetik benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah sama.  Dan jika di tulis dalam persamaan menjadi :

m1 ­x v1 x + m2 x v2 = m1 x v1’ + m2 x v2­’

Keterangan :

  • m1 = massa benda yang pertama ( kg )
  •  m1 = massa benda yang kedua ( kg )
  •   v1 = kecepatan benda yang pertama ( m/s )
  •  v2’ = kecepatan benda yang kedua ( m/s )
  •  v2’ = kecepatan benda yang pertama setelah tumbukan ( m/s )
  • v21 = kecepatan benda yang kedua setelah tumbukan ( m/s )

Sementara itu, tumbukan yang tak lenting persamaan nya bisa ditulis yaitu seperti ini :

m1 ­x v1 + m2 x v2 = ( m1 + m2 ) x v2

Kecepatan dan arah benda yang pertama setelah tumbukan akan sama dengan kecepatan tumbukan benda yang kedua setelah tumbukan. Hal ini di sebabkan karna salah satu benda mengikuti gerak benda yang lain nya setelah terjadi tumbukan.

Tumbukan yang  tak lenting biasa nya terjadi ketika ‘ kekuatan gerak ’ sebuah benda sangat besar dari benda yang lain nya. Sehingga, benda yang massa nya kecil dengan kecepatan yang rendah akan terbawa arah gerak nya dengan benda yang massa nya besar dan kecepatan nya besar.

Itulah penjelasan lengkap tentang rumus momentum beserta pengertian momentum dan tumbukan serta contoh soal dan pembahasannya, semoga bermanfaat…

Rumus Terkait :