Metamorfosis Lebah

Posted on

Metamorfosis Lebah – Lebah merupakan salah satu jenis dari sekian banyak serangga yang diketahui hidup dalam suatu kelompok, walaupun beberapa jenis dari lebah lebih suka untuk hidup menyendiri.

Metamorfosis Lebah

Sama seperti lalat, bahwa Lebah juga mempunyai proses metamorfosis yang sempurna. Lebah memiliki 4 tahapan proses metamorfosis, yang dimulai dari fase telur, fase larva, fase pupa, dan juga fase lebah dewasa (Imago). 

Waktu yang diperlukan oleh lebah untuk menyelesaikan tahap-tahapan metamorfosisnya sangat bervariasi tergantung dengan jenis dari lebahnya. Untuk memahami dan mengetahui penjelasan lebih rinci lagi, yuk kita simak Materi di bawah ini.

Tahapan Metamorfosis Lebah

Seperti yang sudah dikatakan diatas, bahwa lebah memiliki metamorfosis yang sempurna. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tahapan-tahapan metamorfosis yang dialami lebah sangat bervariasi, hal ini disesuaikan dengan kasta lebahnya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pada setiap kelompok lebah memiliki 3 pembagian kasta yaitu kasta lebah pekerja yang memerlukan waktu sekitar 21 hari. Golongan lebah prajurit memerlukan waktu 24 hari, sedangkan untuk golongan lebah ratu memerlukan waktu 16 hari untuk melewati 1 siklus metamorfosis.

Berikut ini, merupakan tahapan-tahapan yang dilalui oleh lebah dalam satu siklus metamorfosis, yaitu :

1. Fase Telur

Pada fase ini, Ratu lebah akan meletakan telurnya di dalam sebuah sarang yang dibuat dengan keterampilan luar biasa. Sarang tersebut terdiri dari banyak sel, yang masing-masing diisi dengan 1 telur yang berukuran 1,7 mm sehingga sangat sulit dilihat dengan mata telanjang.

Di tahapan ini,telur yang dihasilkan oleh ratu lebah akan dibagi kedalam 3 golongan yaitu golongan prajurit, pekerja dan lebah calon ratu. Sehingga membuat mereka diletakkan di sel sarang yang juga berbeda-beda.

Telur yang dijadikan sebagai lebah pekerja biasanya memiliki sel sarang yang lebih besar dibandingkan dengan sel sarang dari kedua kasta lebah lainnya. Setelah tiga hari, telur tersebut akan menetas dan mengeluarkan larva.

2. Fase Larva

Setelah tiga hari melewati fase telur, maka telur lebah tersebut akan menetas dan mengeluarkan Larva yang berwarna putih yang meringkuk di dalam sarangnya seperti belatung. Larva-larva tersebut mengalami pertumbuhan yang sangat cepat.

Larva lebah akan mengalami pergantian kulit atau instar sebanyak 5 kali sebelum menjadi pupa. Pada tahap ini, larva lebah sangat rakus dan dapat makan hingga 1.300 kali dalam sehari. Makanan terdiri dari madu dan juga serbuk sari yang dibawa pulang oleh lebah pekerja.

Baca Juga :
Metamorfosis Lalat
Daur Fosfor
Metamorfosis Tidak Sempurna – Pengertian, Fase, dan Contoh Hewannya

3. Fase Pupa

Pada fase pupa atau kepompong ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 12 hari. Selama periode ini, larva lebah mengalami banyak pembentukan dan juga penyempurnaan organ-organ baru, dimulai dengan mata, kaki, dan juga sayap.

Mata larva, yang semula merah, lalu berubah sedikit ungu dan kemudian berwarna hitam lagi. Pada hari ke-12, rambut halus pada tubuh lebah muda mulai tumbuh. Kemudian dia memakan lilin lebah yang telah menyegel kepompong.

Setelah lilin-lilin tersebut termakan dengan habis, lebah-lebah tersebut kemudian akan keluar dari sarangnya dan kemudian akan melanjutkan siklus metamorfosisnya untuk menjadi seekor lebah yang sebenarnya.

4. Fase Imago “Lebah Dewasa”

Setelah melewati tahapan pupa, maka lebah akan menuju ke proses metamorfosis yang terakhir yaitu fase imago. Lebah akan keluar dari dalam sarangnya, lebah tersebut dapat sebagai pekerja, prajurit atau ratu lebah.

Lebah-lebah tersebut mempunyai peran dan tugas yang berbeda-beda. Lebah kasta pekerja berperan untuk membuat sarang serta mencari makanan. Sementara, untuk kasta lebah prajurit berperan untuk melindungi sarannya, dan lebah ratu berperan untuk reproduksi.

F.A.Q

Lebah adalah?

Lebah merupakan salah satu jenis serangga bersayap dari keluarga Apidae atau Ordo Hymenoptera. Serangga ini dikenal dengan serangga yang hidup dalam suatu kelompok, walaupun beberapa jenis dari lebah lebih suka untuk hidup menyendiri.

Daur Hidup Lebah adalah?

Daur hidup lebah terdiri dari telur lebah yang menetas, kemudian tumbuh menjadi larva, dan berkembang menjadi pupa. Pupa akan berubah menjadi lebah dewasa yang siap untuk kawin dan menghasilkan lebah penerus.

Mengapa lebah dibilang memiliki metamorfosis sempurna?

Karena, Lebah memiliki 4 tahapan proses metamorfosis, yang dimulai dari fase telur, fase larva, fase pupa, dan juga fase lebah dewasa (Imago). 

Demikian referensi singkat dari artikel kali ini, semoga membantu para readers setia website ini untuk memahaminya…

Related posts: