Metamorfosis Lalat

Posted on

Metamorfosis Lalat – Lalat adalah sejenis serangga yang sangat berkaitan erat dengan kesan jorok dan kotor. Selain itu, alat juga dianggap sebagai media menyebarkan berbagai macam penyakit.

Metamorfosis Lalat

Hal tersebut tentunya tak lepas dari kebiasaannya yang hinggap pada tumpukan kotoran untuk mendapatkan makanan. Kemudian, Lalat akan mengeluarkan air liurnya dan setelah itu akan memakannya kembali.

Di dalam daur hidupnya, lalat mengalami metamorfosis sempurna. Pada proses metamorfosisnya, lalat memiliki urutan fase yang dimulai dari fase telur, larva, pupa serta imago atau lalat dewasa.

Agar lebih jelas lagi, mari kita simak pembahasan yang akan disampaikan oleh website kesayangan anda, yaitu Rumus.com.id tentang Metamorfosis Lalat di bawah ini.

Lalat Adalah?

Lalat adalah hewan atau serangga yang berasal dari ordo Diptera yang mempunyai spesies paling banyak. Jenis-jenis dari lalat ada banyak sekali, namun yang paling sering kita jumpai adalah lalat rumah dan juga lalat buah.

Metamorfosis yang dialami oleh lalat termasuk ke dalam metamorfosis sempurna atau holometabola. Mengapa demikian? Ya, karena lalat mempunyai empat tahapan yaitu fase telur, fase larva, fase pupa, dan juga imago.

Dari serangkaian proses metamorfosis lalat tersebut, umur dari lalat tidak panjang, yaitu kira-kira hanya mencapai 28 hari saja.

Tahapan Metamorfosis Lalat

Metamorfosis Lalat

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa Lalat mengalami metamorfosis sempurna yang terdiri dari empat tahapan. Berikut ini penjabaran dari tahapan-tahapan daur hidup Lalat, yaitu :

1. Fase Telur

Tahapan yang pertama dari proses metamorfosis pada lalat yaitu telur. Dalam fase ini, telur lalat diperoleh dari hasil perkawinan lalat jantan dengan lalat betina. Sedangkan, untuk berhasil menjadi telur apabila proses pembuahan yang dilakukan oleh spermatozoa berhasil.

Jika sudah masa perkawinan, Namun jika spermatozoa tidak membuahi sel-sel ovarium lalat betina, maka biji telur tidak bisa terbentuk.

Telur lalat umumnya ditempatkan dalam kelompok oleh wanita, biasanya di tempat yang kotor, misalnya di dekat tempat sampah, bangkai hewan atau kotoran manusia.

Daerah yang kotor biasanya memiliki sumber makanan bagi larva lalat setelah menetas. Tidak hanya menjadi sumber makanan, mereka juga memilih tempat-tempat kotor karena mereka percaya bahwa tempat itu terlindung dari pemangsa.

Telur lalat berbentuk bulat lonjong dan berwarna putih dengan ukuran panjang mencapai 1 hingga 2 mm. Pada fase ini, telur biasanya akan menetas dalam waktu yang sangat cepat yaitu sekitar 1 hari atau 24 jam dan selanjutnya berubah menjadi larva.

Baca Juga :
Metamorfosis Tidak Sempurna – Pengertian, Fase, dan Contoh Hewannya
Metamorfosis Sempurna
Daur Fosfor

2. Fase Larva

Pada tahap selanjutnya, setelah telur menetas, maka akan berubah menjadi larva atau cacing dan sudah mulai memakan makanan yang terdapat di sekitarnya. Dalam fase ini bentuknya terlihat sangat menjijikkan, terutama karena memakan banyak kotoran.

Larva tersebut tumbuh dan kemudian akan mengalami moulting atau mengganti kulit selama beberapa kali. Pada saat kulit larva mulai berubah, maka tubuh larva juga akan menjadi lebih besar dan juga lama-kelamaan tubuhnya akan mengeras.

Jangka waktu yang dibutuhkan pada tahap ini dapat dikatakan sangat cepat, yaitu hanya membutuhkan waktu dua hari saja. Ketika ganti kulit di fase yang terakhir, maka larva tersebut akan mencari tempat untuk bersembunyi dan akan memasuki fase pupa, dan menjadi inaktif.

3. Fase Pupa

Pada tahap ini, pupa akan mencari tempat bersembunyi untuk menjalani fase pupa. Umumnya, lokasi yang dipilih oleh larva berupa sebuah tempat yang gelap dan juga terlindungi dari cahaya matahari secara langsung.

Pada tahap ini, tubuh larva yang lunak akan berubah menjadi keras dan berwarna sedikit kecoklatan dan struktur tubuhnya yang berubah menjadi seperti kepompong.

Larva ini akan mengalami fase pupa kurang lebih selama 7 hari. Pada tahapan inilah tubuh larva akan terus-menerus mengalami perkembangan dan juga perubahan bentuk.

Dalam hari ke 3 hingga ke 6, pupa akan mulai memiliki sayap, dan di fase yang terakhir, pupa akan membelah kepompongnya setelah itu terbang menjadi lalat yang sudah dewasa atau disebut sebagai imago.

4. Imago (Lalat Dewasa)

Setelah lalat melewati fase pupa, maka proses daur hidup dari lalat yang terakhir adalah imago. Lalat dewasa yang keluar dari kepompong atau selubung popon akan mulai terbang bolak-balik untuk mencari makanan.

Makanan dari lalat ini umumnya berupa zat zat organik yang sudah mulai membusuk dan umumnya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Pada fase ini umur dari seekor lalat hanya mencapai 21 hari saja.

Walaupun begitu, saat lalat betina dewasa sudah berhasil dibuahi, maka lalat ini akan bertelur serta dapat menghasilkan sekitar 900 butir telur selama fase hidupnya. Nah, pada saat mulai meletakkan telur inilah menjadi awal dari proses daur hidup lalat.

Alat Reproduksi Pada Lalat

Pada alat betina, mereka mempunyai bentuk alat kelamin yang dapat diputar hingga ke posisi tertentu. Ketika seekor lalat akan kawin, sang jantan akan terbang di atas lalat betina dan kemudian berbalik ke belakang untuk melakukan kawin.

Ketika musim kawin tiba, maka Lalat akan menggunakan musim tersebut sebaik mungkin dengan cara melakukan perkawinan secara efektif, sehingga bisa mengembangkan populasi lalat yang selanjutnya.

Setelah semua proses telah selesai dan juga betina mulai melahirkan, kemudian lalat dewasa hanya tinggal menunggu kematian mereka saja dan berharap bahwa generasi lalat yang selanjutnya akan tumbuh dengan jumlah yang lebih besar.

F.A.Q

Apa itu Lalat?

Lalat adalah hewan atau serangga yang berasal dari ordo Diptera yang mempunyai spesies paling banyak. Jenis-jenis dari lalat ada banyak sekali, namun yang paling sering kita jumpai adalah lalat rumah dan juga lalat buah.

Mengapa Lalat mengalami proses Metamorfosis yang Sempurna?

Di dalam siklus hidupnya, lalat akan mengalami proses metamorfosis yang sempurna. Dikatakan memiliki metamorfosis yang sempurna, karena lalat mempunyai empat tahapan di dalam daur hidupnya.

Berapa lama lalat bertelur?

Periode embrionik merupakan fase dimana lalat akan membuahi dan juga menghasilkan telur, yang kemudian akan menetas menjadi larva muda hanya dalam waktu 24 jam.

Demikianlah sekilas informasi mengenai materi metamorfosis lalat beserta dengan tahapannya. Semoga membantu yaaa readers..

Related posts: