Metagenesis Ubur-Ubur (Aurelia aurita)

Posted on

Rumus.co.id – Sebelumnya kita membahas mengenai metagenesis tumbuhan paku dan tumbuhan lumut. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai metagenesis ubur-ubur atau Bahasa latinyya aurelia aurita. Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Ubur-ubur

Ubur-ubur adalah hewan yang hidup di laut, dalam daur hidupnya ubur-ubur mengalami pergiliran keturunan yaitu fase polip yang menetap di dasar perairan dan fase medusa yang dapat berenang bebas.

Metagenesis adalah siklus hidup makluk hidup untuk menghasilkan keturunan baru. Setiap makluk hidup ada beberapa tahapan dalam siklusnya dan berbeda-beda. Ada sel telur bertemu spermatozoid, bertelur, ada juga yang membelah diri.

Ubur-ubur ada bayak sekali jenisnya, ada yang berbahaya dan ada yang tidak. Jika ubur-ubur yang berbahaya sebaiknya berhati-hati karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bahkan kematian akan sengatannya.

Dalam aktivitasnya ubur-ubur ada yang beraktivitas di malam hari tetapi juga ada yang aktif di siang hari. Ukuran ubur-ubur juga sangat beragam mulai dari kecil sampai besar tergantung jenisnya. Ubur-ubur jika berada di dalam air seperti transparan dan tidak terlihat karena warnanya putih.

Metagenesis Ubur-ubur

Perhatikan skema metagenesis ubur-ubur berikut ini

Metagenesis Ubur-Ubur

Seperti sudah di jelaskan di atas bahwa ubur-ubur mempersatukan sel telur dan sperma untuk nantinya menjadi zigot. Zigot akan berkembang dan menjadi blastula kumoulan dari zigot. Setelah itu akan membentuk planula dan berkembang tumbuh bulu-bulu kecil si sekelilingnya. Setelah tumbuh bulu kecil-kecil akan berubah menjadi polip (lihat pada gambar) selanjutnya membentuk medusa yang terus berkembang menambahkan kepala ubur-ubur. Siklus terakhir adalah medusa dewasa yang nantinya menghasilkan sel telur dan sperma. Siklus hidup ubur-ubur akan terus menerus berputar seperti gambar di atas.

Jenis Ubur-Ubur

Ada banyak sekali jenis ubur-ubur, berikut ini ada beberapa jenis ubur-ubur beserta gambarnya:

1.      Aequorea Victoria

Aequorea Victoria

Aequorea Victoria biasa di sebut crystal jellyfish adalah salah satu jenis Ubur Ubur transparan yang mendiami di perairan pantai barat Amerika Utara. Aequorea Victoria mempunyai protein yang disebut GFP yang bisa bersinar dalam gelap.

2.      Australian Box Jellyfish

Australian Box Jellyfish

Jangan tertipu dengan bentuk cantic ubur-ubur ini sebab ubur-ubur ini memiliki racun yang sangat berbahaya. Racun yang terletak di tentakel ubur-ubur ini sangat membahayakan bagi manusia bahkan bisa membunuh manusia dengan sangat cepat.

3.      Bathykorus Bouilloni

Bathykorus Bouilloni

Bathykorus Bouilloni berada di perairan di kutup utara. Sekitar 10 tahun yang lalu jenis ubur-ubur ini di temukan. Tidak benyak informasi mengenai ubur-ubur ini karena masih tergolong baru.

4.      Costa Rican Jellyfish

Costa Rican Jellyfish

Biasanya ubur-ubur berwarna putih atau bening tetapi tidak untuk ubur-ubur jenis ini. Warna ubur-ubur ini berwarna merah muda kehitaman. Nama lain ubur-ubur cosan rican jellyfish adalah stauromedusae.

5.      Flower Hat Jelly

Flower Hat Jelly

Flower Hat Jelly adalah ubur-ubur yang sangat cantik. Warna biru terang yang menyala pada badannya sangat menarik perhatian. Ukuran ubur-ubur ini sangat kecil yaitu sekitar 6 inci saja.

6.      Moon Jellyfish

Moon Jellyfish

Moon Jellyfish adalah ubur-ubur warna ungi dan transparan. Ubur-ubur ini sangat menarik perhatian karena sangat cantik. Ada garis-garis kecil warna putih pada kepala ubur-ubur ini.

Baca Juga:

Metagenesis Tumbuhan Lumut

Metagenesis Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Demikian penjelasan mengenai metagenesis ubur-ubur (aurelia aurita). Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.