Menhir Adalah

Posted on

Pengertian Menhir Adalah – Pada jaman dahulu banyak sekali manusia yang menganut kepercayaan dan bermacam suku, dari berbagai kepercayaan menggabungkan dari berbagai etnik dan budaya.

Nah sobat kenapa demikian, kami dari rumus.co.id Akan menjelaskan secara detail apa itu pengertian menhir, secara singkat materi ini adalah kami akan membahas tentang sejarah dan kebudayaan pada zaman batu.

Pada dasarnya manusia yang ada di dunia ini tidak terlepas yang namanya dari kepercayaan, kepercayaan yang ada pada jaman dahulu adalah tidak terlepas dari memuja roh atau arwah para leluhur. Hal ini dilakukan karena manusia beranggapan bahwa roh yang memiliki kekuatan alam dan roh itu dianggap suci.

Nah sobat untuk memperjelas semua itu kali ini kami akan mengenal kan lebih dalam lagi pokok masalah dari materi kami kali ini, mari kita simak apa pengertian dari menhir di bawah ini :

Pengertian Menhir

Gambar-Menhir
Gambar Menhir

Menhir merupakan batu tunggal berukuran yang sangat besar dan diatur dengan sedemikian rupa sehingga berbentuk menyerupai tugu dan diletakkan secara berdiri atau tegak di atas permukaan tanah. Secara umum, kata dari Menhir yang berasal dari bahasa kuno yaitu Men yang berarti batu Hir berdiri dengan tegak.

Menhir adalah batu yang berdiri secara tunggal maupun kelompokan, akan tetapi bisa juga di artikan adat istiadat yang selalu diletakkan secara terlentang di atas permukaan tanah.

Secara umum manusia menganggap menhir adalah berupa patung peninggalan oleh manusia purba, namun ada juga dari beberapa suku yang mengatakan menhir itu adalah tuhan bagi mereka karena di zaman itu manusia hidupnya cara tunggal atau berkelompokan dari berbagai kepercayaan.

Baca Juga : Bioma Tundra

Lokasi Penemuan Menhir

Dari beberapa peneliti, sangat banyak ditemukannya menhir dan lokasi nya juga terdapat di seluruh belahan bumi seperti :

  • Daerah Afrika bagian Barat
  • Eropa
  • Timur Tengah
  • Korea selatan
  • Dan India serta Nusantara

Menhir yang berada di beberapa tempat ini memiliki posisi yang berbeda-beda dengan bentuk dan ukuran yang tidak sama karena berbagai macam nya peninggalan dari nenek moyang di masa lampau.

Ciri Ciri Menhir

Menhir memiliki ciri dan bentuk yang berbeda-beda di antaranya adalah :

  1. Sarkofagus
  2. Dolmen
  3. Kuburan atau Peti Batu
  4. Waruga
  5. Punden Berundak-undak 
  6. Arca atau Patung

Baca Juga : Pengertian Stepa

Sarkofagus

Sarkofagus adalah bentuk peti jenazah yang terbuat dari batu yang tunggal sehingga sarkofagus ini sangat banyak ditemukan di daerah Bali, yang masih di anggap masyarakat sebagai keramat atau magis oleh masyarakat sekitar.

Dolmen

Dolmen adalah salah satu peninggalan sejarah yang berbentuk meja yeng terbuat dari batu guna untuk dipersembahkan kepada arwah nenek moyang pada masa itu.

Kuburan atau Peti Batu

Kuburan yang berbentuk batu adalah peti jenazah yang terbuat dari batu, hal ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, dan Nusa Tengggara.

Waruga

Waruga adalah salah satu bentuk kuburan yang terbuat dari batu yang memiliki bentuk kubus atau bulat, waruga disini sangat banyak sekali ditemukan di daerah Sulawesi Utara dan Tengah.

Punden Berundak-undak 

Punden berundak-undak adalah bangunan yang di anggap tempat suci untuk pemujaan terhadap roh dan nenek moyang mereka karena bentuk nya bertingkat-tingkat hal ini banyak ditemukan di daerah Lebak Si Bedug atau dibagian Banten Selatan.

Arca atau Patung

Arca tau patung adalah bentuk megalitikum yang terbuat dari batu bulat, dan berbentuk seakan-akan sosok hewan dan manusia. Arca ini banyak terdapat di Sumatera selatan, dan jawa Tengah .

Gambar Menhir

Dalam hal ini terdapat pula beberapa macam gambar menhir yang ada seperti :

gambar-arca
gambar-arca
gambar-Dolmen
gambar-Dolmen
gambar-Mahek
gambar-Mahek
gambar-megalitikum
gambar-megalitikum
gambar-peti-kubur
gambar-peti-kubur
gambar-punden-berundak
gambar-punden-berundak
gambar-sarkofagus
gambar-sarkofagus

Konsep Menhir

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa manusia yang hidup pada zaman itu mereka telah berkembang sehingga dapat mencari dan mengumpulkan makanannya secara individu dan secara berkelompok guna untuk menganut kepercayaan masing-masing.

Namun kehidupan pada masa itu bisa dikatakan mereka telah berkembang yakni, bukan hanya sebatas kepercayaan tetapi mereka juga tetap berkembang dengan adanya perubahan masa.

Baca Juga : Bioma Gurun

Nah sobat semua kita juga harus memahami beberapa konsep pada zaman menhir dibawah ini akan kami uraikan sebagai berikut :

  • Menhir merupakan salah satu hasil penemuan berupa patung seperti tiang digunakan sebagai tempat untuk memberi penghormatan kepada para arwah nenek moyang.
  • Menhir adalah menyerupai suatu peninggalan peti mayat atau dikenal sebagai keranda, bentuk menyerupai palung atau lesung, Yang dahulunya guna memberi suatu tanda bahwa telah ada suatu kepercayaan yang dianut pada masa itu.
  • Menhir adalah Tempat yang bisa digunakan dalam proses pemujaan atas para arwah nenek moyang pada masa itu. Namun ada juga sebagai tempat untuk kediaman para mayat
  • Menhir merupakan suatu peninggalan yang menyerupai seperti kuburan batu mempunyai bentuk seperti kubus atau bulat.
  • Menhir merupakan peninggalan pada megalitikum yang menyerupai layaknya Bangunan membentuk seperti batuan yang tersusun seperti candi.
  • Menhir merupakan peninggalan yang sangat bersejarah yang terbentuk dari batuan bentuknya menyerupai seperti patung binatang atau manusia.

Fungsi Menhir

Dari beberapa pengertian di atas terdapat juga fungsi dari menhir adalah salah satu media untuk memuja arwah nenek moyang serta tempat memperingati hari yang bersejarah yang berkaitan dengan memuja manusia yang sudah meninggal dunia.

Menhir juga berfungsi sebagai kegiatan yang berkaitan dengan Hal-hal yang berbau mmistis atau memuja arwah dan roh para leluhur mereka salah satunya adalah tempat untuk menyimpan kedatangan roh dari seseorang atau nenek moyang dari suku yang tertentu.

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan dalam artikel kami ini yang mengenai materi Sejarah dan kebudayaan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengamalan kita semua dengan adanya pembahasan yang singkat ini tentang pengertian Menhir.

Terima kasih

Related posts: