Inilah Tips Tepat Menentukan Nama Domain untuk Website Bisnis Anda

Posted on
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Beralih ke bisnis online adalah pilihan yang banyak pelaku bisnis akhir-akhir ini. Beberapa platform bisa dimanfaatkan untuk berbisnis seperti marketplace  dan media sosial. Selain kedua platform tersebut, website bisnis juga menjadi salah satu pilihan, bahkan melengkapi.

Memiliki website untuk berbisnis tentu memiliki keuntungan sendiri seperti membuat bisnis atau brand Anda lebih kredibel. Anda juga lebih leluasa mengatur tampilan website sehingga unik dibandingkan pelaku bisnis lain di bidang usaha yang sama.

Tidak perlu merasa gaptek untuk mulai membuat website sendiri. Saat ini, membuat website mudah. Hal itu karena Anda bisa menggunakan berbagai layanan web hosting lengkap dengan fitur yang memudahkan penggunanya, meski untuk pemula sekalipun.

Sebelum membuat website, ada dua hal penting yang harus miliki untuk membuat website, yaitu web hosting dan domain. Web hosting merupakan penyimpanan data berupa teks, gambar, file, dan script yang berguna untuk ditampilkan pada website. Sementara itu, domain berfungsi layaknya alamat website. Anda perlu mengetikkan domain untuk menuju suatu website.

Jangan salah pilih dalam memilih domain website. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih domain, apalagi domain memberikan suatu ciri khas untuk bisnis Anda. Di sini, akan dijelaskan bagaimana tips tepat menentukan nama domain untuk website bisnis Anda.

Tips Tepat Menentukan Nama Domain untuk Website Bisnis

1. Memilih Kata Kunci

Salah satu strategi menentukan domain adalah menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda bisniskan. Tidak hanya relevan, tetapi juga perlu dilakukan riset apakah kata kunci tersebut memiliki volume pencarian yang banyak atau tidak. Jika volume pencarian besar dan digunakan untuk domain, peluang untuk diakses banyak pengunjung dari mesin pencari semakin besar.

2. Manfaatkan Atribut

Atribut merupakan kata-kata tambahan pada kata kunci. Atribut yang biasa dipakai adalah nama daerah atau lokasi. Dengan atribut lokasi, itu artinya Anda lebih menarget segmen pasar di daerah tertentu.

Selain itu ada pula atribut sifat. Contoh atribut ini yaitu murah, terbaik, aman, dan sebagainya. Atribut ini digunakan untuk menarget pengguna mesin pencari yang sering menambahkan atribut tersebut saat mencari suatu produk atau jasa.

3. Domain yang Singkat dan Jelas

Domain juga berfungsi sebagai brand bisnis Anda, untuk itu seharusnya domain website Anda mudah dihapal dan dikenali. Dalam menentukan domain memang perlu menggunakan domain yang terdengar unik, namun pastikan agar orang-orang tidak sulit membacanya. Selain itu, domain juga jangan terlalu panjang karena orang juga bisa sulit mengingatnya.

4. Pakai Ekstensi ID

Domain yang paling populer adalah yang menggunakan ekstensi COM. Ekstensi ini banyak dipilih karena harganya yang terjangkau namun tetap menunjukkan kredibilitas bisnis Anda. Ada juga ekstensi domain lain yang bisa dipilih seperti NET, INFO, XYZ, dan sebagainya.

Tetapi kalau Anda menginginkan website yang lebih kredibel, terfokus untuk pengguna internet di Indonesia, dan cepat diakses, Anda bisa memakai domain ID untuk website bisnis Anda. Untuk bisa mendapatkan domain ID murah, Anda bisa menggunakan layanan di Niagahoster.

Keuntungan menggunakan layanan web hosting dan domain dari Niagahoster yaitu mendapatkan layanan bantuan 24 jam. Layanan hosting yang ditawarkan pun sangat berkualitas karena didukung Data center DCI Tier 4 yang mumpuni dan terawat, serta dilengkapi fitur kecepatan seperti LiteSpeed dan WordPress Accelerator. Untuk keamanan juga jangan khawatir karena dilengkapi dengan fitur Imunify360.

Itulah beberapa tips tepat menentukan domain. Pada dasarnya, domain yang Anda pilih disesuaikan dengan produk Anda. Namun, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana website Anda nanti mudah dikenali dan ditemukan banyak orang di mesin pencari seperti Google Search.