Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai dioda dan dioda Zener. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai medan magnet mulai dari rumus, pengertian, materi lengkap, contoh soal. Simak penjelsan dioda adalah berikut ini.

Pengertian Medan Magnet

Pengertian medan magnet dalam ilmu Fisika adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya.

Putaran mekanika kuantum dari satu partikel membentuk medan magnet dan putaran itu dipengaruhi oleh dirinya sendiri seperti arus listrik; inilah yang menyebabkan medan magnet dari ferromagnet “permanen”.

Medan magnet juga di sebut dengan medan vector yaitu berhubungan dengan titik dalam ruang yang dapat di ubah-ubah menurut waktu. Arah magnet searah dengan jarum jam atau jarum kompas.

Magnet memiliki dua kutup yaitu kutup utara dan selatan. Kedua kutup tersebut saling Tarik menarik dengan simbol _ dan +. Jika – bertemu dengan – maka akan saling tolak menolak sama dengan + jika bertemu + maka akan saling tolak manolak juga.

Materi Lengkap Medan Magnet

Magnet adalah benda yang bisa Tarik menarik benda di sekitarnya. Tetapi tidak semua bisa ditarik, hanya ada benda beberapa misalnya besi, logam, dan sejenisnya. Fungsi magner paling penting adalah sebagai penunjuk arah yaitu kompas.

Sifat-Sifat Magnet

Berikut ini adalah beberapa sifat-sifat magnet antara lain:

  • Magnet sebagai petunjuk kompas
  • Magnet mampu menarik benda seperti logam, besi dan sejenisnya
  • Magnet dapat menembus benda untuk tarikan, semakin kuat gaya magnetnya maka semakin kuat juga gaya tarikannya
  • Magnet memiliki dua kutup yaitu kutup utara dan selatan
  • Jika kutup utara bertemu dengan kutup utara maka akan saling tolak menolak begitu juga sebaliknya

Gambar Kutup Magnet

Kutub

Perhatikan gambar di atas, gambar di atas terdapat empat aturan yaitu

  1. Jika kutup selatan bertemu dengan kutup selatan maka akan saling tolak menolak
  2. Jika kutup selatan bertemu dengan kutup utara maka akan saling Tarik menarik
  3. Jika kutup utara bertemu dangan kutup utara maka akan saling tolak menolak
  4. Jika kutup selatan bertemu dengan kutup utara maka akan saling Tarik menarik

arah arus

  1. Garis gaya magnet adalah garis khayal yang merupakan lintasan kutub utara magnet-magnet kecil apabila dapat bergerak dengan bebas.
  2. Garis-garis gaya magnet selalu mengarah dari kutub utara ke selatan dan tidak pernah berpotongan.
  3. Gaya tarik-menarik antara dua kutub magnet tak senama dan gaya tolakmenolak antara dua kutub yang senama digambarkan dengan garis-garis gaya magnet.

Menentukan Kutub Magnet dengan Tangan Kanan

Tangan kanan bisa digunanakan untuk menentukan arah medan magnet di sekitar kawat berarus listrik. Bagaimana caranya? Anda cukup letakkan tangan kanan karena cara yang dilakukan dengan menggenggam empat jari tangan dan ibu jari tegak lurus, persis ketika mengacungkan jempol kanan. Berikut adalah gambarnya

arah vertika arus horizontal

Arah ibu jari mengarah ke atas menyatakan arah alur listrik dengan simbol i. sedangkan arah empat jari-jari lainnya menyatakan arah medan megnet dengan simbol B. gambar di atas pada posisi horizontal dan vertical.

Contoh Soal

Perhatikan gambar diatas, sebuah kabel beralirkan arus listrik ditempatkan di dekat kompas magnet. Berapa besar arus listrik (dan arahnya) yang dibutuhkan untuk meniadakan medan magnet bumi terhadap kompas sehingga kompas menjadi tidak berfungsi?

(Medan magnet bumi diasumsikan sebesar ).

Pembahasan

Dengan menggunakan kaidah tangan kanan kita harus menempatkan ibu jari kita ke bawah agar jari-jari yang lain memiliki arah yang berlawanan dengan medan magnet kompas. Sehingga arah arus harus menembus menuju kertas/layar, menjauhi kita.

Baca Juga:

Dioda – Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja, Jenis, Karakteristik

Dioda Zener – Pengertian, Rumus, Karakteristik, & Cara Mengukur

Demikian penjelasan mengenai medan magnet mulai dari rumus, pengertian, materi lengkap, contoh soal. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.