Rumus Massa Jenis Beserta Tabel dan Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus massa jenis pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang rumus trigonometri. Di dalam massa jenis terdapat beberapa macam yang pertama iyalah massa jenis air, massa jenis kayu, massa jenis zat cair, massa jenis besi, massa jenis air laut, massa jenis benda, massa jenis logam, massa jenis minyak, dan yang terakhir massa jenis minyak goreng.

Pengertian Massa Jenis

Pengertian dari massa jenis ialah sebuah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Lalu semakin tinggi massa jenis sebuah benda, maka semakin besar juga massa setiap volume nya. Dan rata – rata massa jenis setiap benda merupakan total massa di bagi dengan total volume nya. Kemudian sebuah benda yang memiliki massa jenis lebih tinggi contoh nya adalah besi akan memiliki volume yang lebih rendah dari pada benda yang massa nya sama dan memiliki massa jenis yang lebih rendah contoh nya adalah air.

Lalu untuk satuan SI dari massa jenis iyalah kilogram per meter kubik ( kg x m-3 ).

Lalu fungsi dari massa jenis sendiri iyalah untuk menentukan zat. kemudian setiap zat nya memiliki jenis nya yang sama – sama berbeda. Dan satu zat berapapun massa nya berapapun volume nya tetap akan memiliki jenis massa yang sama.

Tabel Massa Jenis

Tabel Massa Jenis

Masuk ke pembahasan selanjut nya yaitu rumus massa jenis

Rumus Massa Jenis

ρ = m/v

Keterangan :

  • ρ = massa jenis ( kg/m3 ) atau bisa juga ( g/cm3 )
  • m = massa ( kg atau bisa juga gram )
  • v = volume ( m3 atau bisa juga cm3 )

Namun untuk satuan massa jenis dalam CGS (Centi Gram Sekon) ialah gram per sentimeter kubik  g/cm3).

1 g/cm3 sama saja dengan 1000kg/m3

Selain karna angka nya yang mudah di ingat dan mudah di pakai untuk menghitung, maka massa jenis air di pakai perbandingan untuk rumus ke – 2 menghitung massa jenis, atau yang di namakan dengan Massa Jenis Relatif.

Lalu rumus dari massa jenis relatif iyalah massa bahan / massa air yang volume sama.

Sebenarnya satuan dari massa jenis tidak hanya seperti yang sudah kita lihat di atas, nah ternyata masih ada beberapa satuan massa jenis yang banyak dan dapat di gunakan untuk menyatakan massa jenis yaitu seperti yang di bawah ini.

  • Kilogram per meter kubik ( kg/m3 )
  • Kilogram per liter ( kg/L )
  • Gram per milimeter ( g/mL )
  • Miligram per deciliter ( mg/dL )
  • Metric ton per meter kubik ( t/m3 )
  • Gram per cubic centimeter ( g/cc )

Agar kalian semua paham tentang massa jenis silahkan lihat contoh soal di bawah ini dan kalian semua tidak perlu pusing karna contoh soal nya sudah ada dengan jawaban nya jadi silahkan lihat di bawah ini.

Contoh Soal Massa Jenis

Contoh Soal 1

Sebuah batu bata memiliki ukuran panjang nya 24 cm lebar nya 11 cm dan tinggi nya 4 cm. namun setelah di timbang ternyata massa batu bata itu hanya 1584gram saja. Maka hitung lah berapa massa jenis batu bata tersebut ?

Penyelesaian :

Di ketahui :

  • Panjang = 24 cm
  • Lebar = 11 cm
  • Tinggi = 4 cm

Ditanya : massa jenis batu bata dalam satuan gr/cm3 dan kg/m3

Jawaban :

v = p x l x t
v = 24 cm x 11 cm x 4 cm
v = 1056 cm3

Maka, massa jenis dari batu bata tersebut iyalah 1056 cm3

Itulah penjelasan lengkap tentang massa jenis beserta contoh soal dan cara menghitung menggunakan rumus massa jenis baik itu massa jenis dari sebuah batu maupun massa jenis fluida semoga bermanfaat…

Baca Juga :