Manfaat Batu Bara

Posted on

Manfaat Batu Bara – Batu bara merupakan hasil pertambangan terbesar di seluruh dunia yang berasal dari alam dan juga diproses oleh alam itu sendiri. Tidak hanya itu saja, Batu Bara juga termasuk kedalam SDA atau Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui.

Manfaat Batu Bara

Di samping itu batu bara juga merupakan sumber energi terpenting yang digunakan sebagai pembangkit listrik serta berperan sebagai bahan bakar utama dalam produksi baja.

Karena memiliki kandungan karbon yang sangat tinggi, sehingga batubara mempunyai dampak yang negatif, yaitu menjadi salah satu dari banyak sumber energi yang mengakibatkan polusi.

Meskipun memiliki dampak negatif, namun Batubara juga memiliki manfaat yang cukup banyak dalam kehidupan Sehari-hari. Yuk kita simak pembahasan dibawah ini.

Fungsi Dari Batu Bara

Batubara adalah salah satu jenis sumber daya alam (SDA) yang memiliki fungsi sangat penting di dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Berikut ini merupakan beberapa Fungsi dari Batubara dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diketahui ialah:

  • Berperan sebagai bahan bakar dalam berbagai macam bidang industri.
  • Berfungsi sebagai sumber energi dari pembangkit Listrik.
  • Berfungsi untuk meningkatkan sistem perekonomian suatu negara.

Jenis – Jenis Batubara

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan yang selanjutnya, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis dari Coal (Batu Bara), yaitu :

1. Batu bara Bitumen

Batu bara bitumen merupakan sebuah Coal yang paling umum dipakai dan juga sangat mudah untuk diperoleh, jenis dari Coal yang satu ini pangkatnya lebih tinggi dibandingkan dengan lignit, namun lebih rendah jika dibandingkan dengan antrasit.

Jenis daro Coal yang satu ini terutama berfungsi untuk memproduksi kokas, listrik dan juga uap. Ciri-ciri dan sifat dari jenis Coal ini, yaitu :

  • Memiliki warna hitam yang mengkilat, dan juga kurang kompak.
  • Mempunyai Nilai kalor yang sangat tinggi, serta kandungan karbon juga relatif tinggi.
  • Memiliki kandungan air yang sangat sedikit.
  • Mempunyai kandungan abu yang sangat sedikit.
  • Terdapat kandungan sulfur yang sangat sedikit.

Baca Juga :
Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat
Penyebab Pencemaran Air
Sumber Daya Alam

2. Batu bara Antrasit

Jenis dari batubara yang satu ini mempunyai kandungan karbon yang paling tinggi serta merupakan sebuah batubara yang bertekstur sangat keras serta didalamnya terdapat kadar air yang sedikit dan juga merupakan sumber pemanas yang sangat baik.

Batubara ini umumnya berfungsi untuk menghasilkan energi listrik dan juga merupakan batubara dengan kualitas yang sangat baik. Ciri – ciri dari jenis batubara ini, yaitu :

  1. Memiliki warna hitam yang sangat mengkilap dan juga sangat kompak
  2. Mempunyai kandungan kalor yang sangat tinggi, serta kandungan karbon yang sangat tinggi.
  3. Didalamnya memiliki kandungan air yang sedikit.
  4. Mempunyai kadar abu yang sangat sedikit.
  5. Memiliki kadar sulfur yang sangat sedikit.

3. Batubara Lignit

Batubara Lignit disebut juga batubara coklat yang merupakan batuan sedimen berbasis gambut coklat serta halus yang dikompresi secara alami.

Lignit adalah batubara yang dianggap sebagai kandungan karbon rendah dibandingkan dengan batubara jenis yang lainnya, karena kadar panasnya yang relatif rendah. Ciri – Ciri dari batubara jenis ini, yaitu :

  • Memiliki warna hitam dan bertekstur sangat rapuh.
  • Mempunyai kandungan kalor yang sangat rendah serta kadar karbon yang sangat sedikit.
  • Memiliki kadar air yang sangat tinggi.
  • Mempunyai kadar abu dan juga sulfur yang sangat banyak.

Manfaat Batu Bara

Secara umum, dalam kehidupan sehari-hari batubara memiliki banyak sekali manfaatnya, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sumber Pembangkit Listrik

Seperti yang sudah diketahui, bahwa batubara telah menjadi komponen utama pembangkit energi listrik di beberapa negara, termasuk Cina, Australia, India, Jerman, Jepang dan masih banyak lagi negara yang lainnya.

Ini tentu saja menjadi salah satu kelebihan dari batu bara, yang memberi nilai ekonomis bagi negara penghasil batu bara.

2. Industri Baja

Pada dasarnya, peran dari batubara dalam industri produksi baja semata-mata tergantung pada ketersediaan deposit batubara.

Baja diketahui bekerja dalam kehidupan kita, mis. B. Berbagai jenis peralatan baja industri, produk sanitasi seperti peralatan sanitasi, peralatan pertanian, model transportasi dan berbagai produk lainnya yang membutuhkan baja.

3. Bahan Bakar Cair

Manfaat dari batu bara dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah batubara dapat diubah ke dalam bahan bakar yang berbentuk cair, sehingga sangat efektif guna menggantikan peran minyak bumi.

4. Industri Semen

Fungsi lain dari batubara yaitu menjadi salah satu bahan bakar pokok dalam menghasilkan semen. Seperti yang sudah diketahui, bahwa semen adalah bahan yang digunakan untuk membuat produk pembangunan seperti rumah, gedung atau yang lainnya.

5. Industri Aluminum

Batubara adalah bahan bakar yang digunakan untuk mendukung industri aluminium. Dimana bahan material ini diperoleh dari produk sampingan dari proses oksidasi besi di dalam industri baja.

6. Menghasilkan Gas

Batubara, yang masih di tanah juga dapat menghasilkan gas secara langsung. Digunakan dalam proses ini, khususnya oleh teknologi yang sangat maju untuk mengekstraksi gas dari batubara murni.

F.A.Q

Batubara adalah?

Batubara merupakan residu yang berasal dari tanaman prasejarah yang terakumulasi di rawa dan juga lahan gambut yang berubah secara kimia untuk periode yang sangat lama karena adanya tekanan dan juga perubahan suhu yang sangat tinggi.

Proses pembuatan Batubara terjadi melalui dua tahapan, yaitu?

1. Fase Beatification atau penggambutan.
2. Fase Coalification atau pembatubaraan. 

Batubara yang sudah tua disebut sebagai?

Batubara tua atau Subbitumen adalah batubara yang memiliki kandungan energi lebih dari 18600 kJ/kg.

Nah, itu dia informasi singkat tentang Batubara yang disampaikan dalam ulasan kali ini. Semoga bermanfaat yaaa

Related posts: