Makna Sila Ke 1

Posted on

Pancasila yang berasal dari bahasa Sansekerta adapun kata PANCA yang memiliki arti LIMA Dan SILA yang Artinya DASAR, secara umum pancasila artinya lima dasar.

Oleh karena itu pancasila yang berlandaskan dari Ketuhannan yang Maha Esa maka negara harus mengakui adanya Tuhan yang merupakan pencipta seluruh alam semesta dan jagat raya ini.

Tuhan sendirilah yang Maha Mengetaui dan Maha Melihat tiada pula yang sanggup untuk menandingi kehebatanya, Dan tiada pula yang sanggup untuk Mengatur nya, Tuhan tidak akan menciptakan Mahluk melainkan hanya Tuhan lah yang menciptakan segala Mahluk dan seisinya

Demikian Pula Ketuhanan yang Maha Esa sangat banyak Mengandung Arti dan Makna adanya kayakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa atau yang maha Tunggal, Yang mampu menciptakan alam semesta dan jagat Raya ini.

Negara indonesia yang di lahirakan atas landasan Moral Leluhur dan para Pejuang – pejuang tinggi, yang berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa atau sebagai konsekuensi warga negara dan penduduknya agar bisa memeluk agama dan beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa.

makna-sila-ke-1

Makna Sila ke 1 Pancasila

Adapun makna sila ke 1 (satu) pancasila ialah pengakuan seluruh Bangsa Indonesia terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa sebagai pencipta alam semesta ini.

Pembuatan makna yang terakandung di dalam Nilai ketuhanan yang maha Esa, Tentu saja negara indonesia tidak boleh adanya sikap atau pembuatan yang bersifat anti ketuhan atau anti kepada kehidupan beragama dan ateis.

Baca Juga : Makna Lambang Pancasila

Maka Negara indonesia harus bisa di katakan sebagai negara yang efektif dan religius, Karena di dalam Sila pertama pancasila sangat mencakup Nilai – Nilai Religi yang untuk mengatur Segenap hubungan Negara dan Agama, Maka Hubungan manusia dan Sang Pencipta Sangat Kuat, Maka Nilai – Nilai yang menyangkut Hak Manusia dan Hak Beragama.

Telah Sampai sekarang Ini Ada Enam Agama yang telah di Legalkan secara Nasional untuk di jadikan keyakinan segenap masyarakat adalah :

  • Agama Islam Dengan Tempat Beribadahnya Adalah Masjid
  • Agama Kristen Tempat beribadahnya adalah Gereja
  • Agama Khatolik tempat beribadahnya adalah Gereja
  • Agama Budha tempat beribadahnya adalah Vihara
  • Agama Hindu Tempt beribadahnya Adalah Pura
  • Agama Kong Hu Chu Tempat beribadahnya Adalah LI Tang Atau Klenteng

Baca Juga : Rumusan Akhir Pancasila

Contoh Penerapan Sila Ke 1

Sila Dalam kehidupan Bermasyarakat, sangat sering terjadi dan terindikasi perbedaan – perbedaan beragama dalam menganut Agama di antaranya Agama Islam, Kristen, Dan Khatolik. Biasanya setiap manusia yang memeluk agma dalam merayakan hari raya biasanya ada sikap tolong menolong antar umat beragama.

Sila Dalam Kehidupan Sehari – Hari, Tentang Sila pertaman pancasila Misalnya adanya persatuan seorang mahasiswa yang menganut agama islam Menempuh pendidikan di dalam lembaga kristen di kaih kesempatan untuk melaksanakan sholat walaupun dalam jam Belajar.

Sila Dalam Pekerjaan, contoh kali ini dalam Sila pertama Pancasila adanya seseorang profesianal dalam bekerja di sebuah perusahaan besar Milik Agama Kristen di perbolehkan untuk Melakukan Cuti Di Hari Raya Agamanya Baik Agama Islam ataupun khong Hu Chu Bahkan sebaliknya aturan Agama – Agama Lainya.

Adapula bentuk dan pengamalan yang terkandung dalam Nilai – Nilai Sila ketuhanan yang Maha Esa sangat banyak kaitan dan berhubungan dengan Negara Dan Agama, Adapun Nilai – Nilai Tersebut Adalah :

  1. Keyakinan dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa
  2. Solidaritas dan toleransi
  3. Bebas untuk melakukan Ritual Beribadah
  4. Menghormati Setiap Agama
  5. Adanya Sikap Bekerja sama dalam Beragaman
  6. Kerukunan dalam Beragama

Dengan implementasi Atau Toleransi antar umat beragama harus mewujudkan pengalaman Nilai – Nilai ketuhanan yang maha Esa atas dasar dan kepercayaan semua konponen bangsa, Mulai dari kehidupan beragama tetap di kembangkan untuk menciptakan kehidupan bangsa dan bernegara agar tercipta kerukunan.

Baca Juga : Isi Pancasila

Untuk Mempererat pembinaan dan pemeliharaan terhadap kerukunan hidup umat beragama akan di kategorikan menjadi rukun dalam beragama, Atau Rukun Antar agama dengan jajaran pemerintah.

Kerukunan Hidup Antar beragaman merupakan salah satu sikap tegang rasa yang harus di miliki semua pihak golongan Agaman guna untuk mempelajari Agamanya Masing – Masing serta mendalami Hak Dasar dalam kerukunan hidup beragaman dapat mewujudkan tindakan seperti berikut :

  1. Harus memiliki rasa hormat akan kebesana untuk menjalakan ibadh sesuai aturan agama masing – masing.
  2. Harus memiliki rasa saling hormat dalam bekerja sama antar pemeluk agama
  3. Harus memiliki Tegang rasa dan tidak memaksakan agama kepada orang Lain

Maka makna yang tersimpul dalam Sila Pertama Pancasila Ini yang Bunyinya Ketuhanan Yang Maha Esa, Sangat Banyak arti dan pengertian bahwa bangsa indonesia Harus mempunyai Kebesana dalam menganut Agama dan Budaya serta menjalankan ibadah yang sesuai dengan ajaran Agama nya Masing – masing.

Adanya Jiwa bertoleransi bahkan menhormati satu sama lain, Hal ini juga akan mewujudkan kehidupan yang selaras di dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Itulah pembahasan makalah materi tentang makna pancasila ke 1 dan contoh penerapannya pada kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat..