Makna Lambang Pancasila

Posted on

Apa makna lambang pancasila di setiap lambang pancasila ke-1, 2, 3, 4, dan 5. Sebelum membahas tentang makna lambang secara rinci ada baiknya kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu pancasila.

Apa itu Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang dijadikan sebagai dasar ideologi bangsa Indonesia yang memiliki banyak sekali adat istiadat dan budaya serta memiliki beragam agama.

Baca Juga : Isi Pancasila

Makna pancasila ada di bagian perisai yang ada di dada burung Garuda, dan masing – masing Sila di Gambarkan dengan :

  1. Bintang
  2. Rantai
  3. Pohon Beringin
  4. Kepala Banteng
  5. Padi Dan Kapas

Makna Lambang Pancasila

gambar lambang pancasila
gambar lambang pancasila

Supaya lebih mengerti apa makna lambang pancasila tersebut, dalam pembahasan kali ini untuk mengenal pembahasan masing – masing Sila Pada Pancasila?

Makna Lambang Pancasila Pertama (Bintang)

lambang pancasila ke-1

Adapun simbol bintang yang mempunyai lima sudut melambangkan Sila yang pertaman dalam Pancasila, Yaitu Ketuhanan yang maha Esa. bintang ini juga melambangkan sebuah Nurcahaya, seperti cahaya yang di sinarkan oleh tuhan kepada manusia.

Lambang bintang juga bisa di maknakan sebagai cahaya untuk menerangi dasar negara yang Lima yang ada di dalam buku UUD 45 Alenia ke 4, adapun maksud dan tujuan negara yang lima yang ada di dalam buku UUD 45 untuk menunjukan warna alam dan mempuyai arti bahwa berkat rahmat Tuhan adalah sumber dari segalanya.

Makna Lambang Pancasila Kedua (Rantai)

lambang pancasila ke-2

Adapun simbol rantai melambangkan Sila yang kedua dari Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

Rantai juga terdiri atas mata Rantai yang bentuknya persegi empat atau lingkaran yang sama berkaitan membentuk lingkaran, sedangkan lingkaran yang melambangkan perumpamaan perempuan, Rantai yang berkaitan pun bisa juga melambangkan bahwa di setiap manusia laki – laki dan perempuan, saling membutukan satu sama dengan yang lainnya akan menjadi kuat seperti sebuah rantai.

Makna Lambang Pancasila Ketiga (Pohon Beringin)

lambang pancasila ke-3

Adapun simbol yang melambangkan Sila keTiga yang ada di dalam Pancasila yaitu Persatuan Indonesia, pohon beringin melambangkan pohon yang besar dan bisa digunakan banyak manusia sebagai tempat beteduh di bawahnya.

Hal ini juga Mewakili Negara yang ada di Indonesia, pohon beringin memiliki Sulur dan mempuyai akar yang melebar menjalar ke semua arah, Hal yang semacam ini sangat mewakili keragaman suku yang ada di Indonesia.

Makna Lambang Sila Keempat (Kepala Banteng)

lambang pancasila ke-4

Sila yang keempat ini juga merupakan salah satu makna yang ada di dalam pancasila yang Bunyi nya kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat bebijaksanaan dalam permusyawaratan indonesia.

Lambang hewan kepala banteng adalah hewan sosial yang suka berkumpul seperti halnya musawarah yang ada di mana masyarakat yang suka bekumpul melakukan sesuatu acara – acara adat.

Makna Lambang Sila Kelima (Padi dan Kapas)

lambang pancasila ke-5

Sila yang kelima ini yang berlambangkan Padi dan Kapas yang maknanya yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, yang di lambangkan dengan kapas/padi.

Kapas atau Padi ini adalah salah satu kebutuhan rakyat indonesia tanpa melihat status dan kedudukannya pasti akan membutukan makanan pokok Padi/beras dan kapas yang akan di olah menjadi pakaian dan kesenjangan sosial ekonomi antara satu dengan yang lainnya.

Empat Pilar Lambang Pancasila

pilar pancasila

Di salah satu Negara republik indonesia yang berladaskan sistem keyakinan Bhineka Tunggal Ika, maka seluruh rakyat indonesia yang berbangsa – bangsa dan bernegar sistem tersebut berisikan konsep, prinsip dan nilai yang dianut oleh satu negara.

Pilar yang kuat dan kokoh akan mampu menangkal berbagai jenis gangguan dan ancaman baik maupun yang buruk dari negara luar, maka dengan keyakinan yang di miliki indonesia mampu menjamin tewujudnya keamana, ketertiban, keadilan dan kenyamanan bagi semua warga negara republik indonesia.

Keempat Pilar Pancasila

  1. Belandaskan Pancasila
  2. Berlandaskan Undang -Undang 1945 (UUD 1945)
  3. Berlandaskan NKRI
  4. Berlandaskan Bhineka Tunggal Ika

Isi Keempat Pilar Pancasila

  1. Panca sila : Pancasila merupakan landasan dan Pilar yang pertaman yang menompang kekokohan dimiliki bangsa Negara Republik Indonesia, Maka dari itu sistem kepercayaan yang dimiliki bisa di harapkan mampu menompang erat bangsa tersebut.
  2. Undang – Undang Dasar 1945 : Pembukaan Undang – Undang 1945 menjadi pilar yang kedua yang akan menyangga kehidupan berbangsa dan bernegara , Maka UUD 1945 Merupakan batang tubuh . Kalau tidk memahami makna dari teks pembukaan UUD 1945 tidak akan Bisa menjadi Batang tubuh Indonesia.
  3. NKRI : Negara yang ada di Indonesia mempuyai mempunyai bentuk negara sendiri yang tidak dimiliki oleh negara – negara lain, Negara kesatuan yaitu NKRI ( Negara Kesatuan Republik Indonesia ). Para pejuang atau pendiri bangsa memiliki banyak pertimbangan untuk memiliki NKRI Sebagai bentuk negara indonesia.
  4. Bhineka Tunggal Ika : Semboyan yang berlandaskan Bhineka Tunggal Ika mempunyai arti walau berbeda – beda namun tetap satu tujuan Jua, Semboya ini juga merupakan semboyan Negara Indonesia yang pertama Kali.

Baca Juga : Perumusan Pancasila Dalam Pembukaan UUD 45

Sejarah Singkat Empat Pilar Pancasila

Sejarah terbentuk nya empat Pilar yang ada di kebangsaan indonesia yang di tetapkan oleh anggota MPR yang secara singkat pada tahun 2009, setelah di tetapkan melakukan berbagai Rapat dengan ketua MPR untuk membuat sebuah program sosialisai Undang – Undang dasar 1945 Dan juga Pancasila.

Di Awal terbentuk nya Gagasan empat Pilar Kebangsaan di hadapkan keritik dan perdebatan yang sangat keras, Sehingga empat Pilar Kebangsaan tersebut berasal dari Pancasila dan UUD 1945 Atau NKRI Dan Bhineka Tunggal Ika yang di anggap tidak layak untuk di Sejarahkan. Selain itu MPR RI Secara konsisten selalu memperingati 1 juni sebagai hari terbentuknya pancasila dan 18 agustus sebagai hari konstitusi.

Itulah pembahasan lengkap tentang makna lambang pancasila dan artinya serta penjelasan lengkap makna sila ke 1 sampai 5, Semoga bermanfaat..