Majas Repetisi

Posted on

Majas Repetisi – Pada artikel-artikel sebelumnya, kita telah bersama-sama membahas tentang Majas Paradoks dan Majas Metafora. Masih ingatkah kita, apa yang dimaksud dengan Majas?

Majas merupakan pemanfaatan kekayaan akan Gaya Bahasa dalam pembentukan sebuah Karya Sastra tertentu, untuk memberikan efek yang membuat Karya Sastra menjadi semakin hidup.

Majas Repetisi

Majas juga terbagi menjadi beberapa macam bentuk dan fungsi yang berbeda-beda, salah satunya adalah Majas Repetisi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Majas Repetisi beserta dengan struktur-struktur yang terkait didalam pembentukannya.

Pengertian Majas Repetisi

Secara Etimologis (Bahasa) istilah Majas Repetisi berasal dari Bahasa Indonesia, yaitu Majas (Gaya Bahasa), dan Repetisi yang berarti Re (Kembali atau Lagi) sedangkan Petisi (Pengulangan).

Secara umum Majas Repetisi adalah Gaya Bahasa yang mengungkapkan Pengulangan kata, Frasa atau Klausa, yang berfungsi untuk mempertegaskan suatu makna yang diperoleh dari sebuah Karya Sastra tertentu.

Kenapa Majas Repetisi berfungsi untuk mempertegaskan suatu makna yang diperoleh dari sebuah Karya Sastra? Karena Majas Repetisi ini termasuk kedalam golongan Majas Penegasan.

Pada penggunaan Majas Repetisi ini, seluruh kata atau kalimat yang akan membentuk proses pengulangan pada suatu Karya Sastra, memiliki kata atau kalimat yang sama. Sehingga makna yang terdapat dalam suatu kata atau kalimat ini memiliki sebuah persamaan.

Macam-Macam Bentuk Majas Repetisi

Pada penggunaan atau fungsi Majas Repetisi terbentuk menjadi 5 macam bentuk, berikut dibawah ini yang telah tersedia penjelasannya :

Baca Juga Artikel Lainnya :

1. Majas Repetisi Epizeuksis

Bentuk dari Majas jenis ini memiliki bersifat langsung, yaitu Pada suatu kata atau kalimat yang penting dalam sebuah Karya Sastra, diulang-ulang menjadi beberapa kali.

Contoh :

Aku harus bekerja, bekerja dan sekali lagi bekerja untuk mencapai sebuah kesuksesan di masa depan nanti.

2. Majas Repetisi Tautoles

Bentuk dari Majas jenis ini memiliki bersifat langsung, yaitu Pada suatu kata atau kalimat dalam sebuah Karya Sastra, diulang-ulang berupa sebuah konstruksi.

Contoh :

Aku mencintai Kamu, Kamu mencintai Aku, sehingga Kamu dan Aku menjadi satu.

3. Majas Repetisi Epanolepsis

Bentuk dari Majas jenis ini memiliki bersifat langsung, yaitu Pada suatu kata atau kalimat dalam sebuah Karya Sastra, terjadi suatu pengulangan yang berwujud dalam baris kata terakhir.

Contoh :

Kita gunakan akal dan perasaan

Kami menginginkan perdamaian karena Tuhan

Ku berikan setulusnya, lalu apa yang akan kau berikan

4. Majas Repetisi Mesodilopsis

Bentuk dari Majas jenis ini memiliki bersifat tidak langsung, yaitu Pada suatu kata atau kalimat dalam sebuah Karya Sastra, terjadi suatu pengulangan yang berwujud ditengah-tengah atau beberapa kata atau kalimat berurutan.

Contoh :

Para pegawai jangan mencuri kertas

Para Pembantu jangan mencuri ayam goreng

Para Pemebesar jangan mencuri uang rakyat

5. Majas Repetisi Anadiplasis

Bentuk dari Majas jenis ini memiliki bersifat tidak langsung, yaitu Pada suatu kata atau kalimat dalam sebuah Karya Sastra, Frase (Kata) terakhir dari Klausa (Kalimat) menjadi Frase pertama dari Klausa yang terdapat pada berikutnya.

Contoh :

Dalam lautan terdapat kerang

Dalam kerang terdapat mutiara

Dalam mutiara tidak terdapat apa-apa

Contoh-Contoh Kalimat Majas Repetisi

Setelah kita bersama-sama membahas tentang struktur-struktur yang terkait dalam pembentukan Majas Repetisi, selanjutnya ada beberapa contoh kalimat yang telah tertulis dibawah ini :

  1. Aku ingin selalu bersama mu, selalu bersama mu, dan ingin selalu bersama mu disepanjang hidup ku.
  2. Setiap apa yang aku perbuat lagi-lagi salah, lagi-lagi salah, dan selalu salah dimata orang lain.
  3. Aku tidak ingin kehilangan diri mu, diri mu, dan diri mu yang telah menjadi bagian dari hidup ku.
  4. Kopi hitam buatan diri mu itu pahit, pahit, dan pahit sekali rasanya.
  5. Disaat mengalami kesenangan atau kesusahan dalam kehidupan, kita harus selalu bersyukur, bersyukur, dan bersyukur kepada Tuhan yang Maha Pemberi.

Demikianlah penjelasan Materi mengenai tentang Majas Repetisi beserta Pengertian, Macam-Macam Bentuk, dan Contoh Kalimatnya.

Semoga dapat bermanfaat dan menjadi suatu pengetahuan yang berguna untuk kita semua.