Majas Antiklimaks

Posted on

Majas Antiklimaks – Sebelumnya Majas Klimaks sudah kita bahas beserta dengan contoh kalimatnya. Jika di dalam Majas Klimaks menggunakan urutan atau tingkatan dari yang terkecil ke tingkatan yang paling tinggi.

Majas Antiklimaks

Hal ini tentunya berbeda dengan Majas Antiklimaks. Apa itu Majas Antiklimaks? Bagaimana Ciri-Cirinya? Untuk mengetahui itu semua mari kita simak penjabaran yang berkaitan dengan Majas Antiklimaks di bawah ini.

Definisi Majas Antiklimaks

Majas Antiklimaks sering diartikan sebagai kebalikan dari Majas Klimaks, dimana pada Majas Klimaks menggunakan tingkatan atau urutan dari yang paling rendah atau kecil ke yang paling tinggi atau besar.

Sedangkan, pada Anticlimax Majas menggunakan urutan atau tingkatan yang dimulai dari urutan paling tinggi atau besar ke urutan yang paling rendah atau kecil.

Atau dengan kata lain, Majas Antiklimaks adalah salah satu gaya bahasa yang berfungsi untuk menjelaskan atau menjabarkan dua hal atau lebih secara berturut-turut, sesuai dengan hirarkinya, yaitu semakin lama maka akan semakin berkurang. 

Secara umum, di dalam kalimat Anticlimax Majas memakai sebuah kata hubung atau konjungsi waktu seperti frasa hinggasampai, dan masih banyak lagi.

Contoh Majas Antiklimaks

Setelah melihat atau menyimak penjelasan yang ada diatas, agar kalian lebih mengerti tentang Anticlimax Majas, yuk kita simak contoh kalimat dari Majas Antiklimaks, yaitu diantaranya adalah :

#Contoh 1 :

  1. Mulai dari Ayah, Ibu, hingga anak yang paling bungsu pun, semuanya pecinta olahraga bulu tangkis dan voli.
  2. Dalam rapat bulanan kali ini diikuti oleh semua karyawan di kantor ini mulai dari Direktur, Manager, Staff hingga karyawan biasa, mereka semua mengungkapkan ide gagasannya tanpa terkecuali.
  3. Mulai dari Pemerintah sampai rakyat jelata harus saling membantu dalam rangka melestarikan lingkungan alam.
  4. Kelebihan dari film tersebut terletak pada para pemainnya yang terdiri dari artis senior hingga artis junior.
  5. Pengunjung dari Cafe Gemerlap itu memang beragam mulai dari karyawan kantoran, anak kuliahan, bahkan hingga anak sekolahan, mereka semua betah untuk berlama – lama disana.
  6. Karena Tina melakukan diet ketat sekarang berat badannya sudah mengalami penurunan yang awalnya 70 kg sekarang sudah 63 kg.
  7. Aku sudah menunggunya dari hujan turun sampai hujan reda pun ia masih belum datang juga.
  8. Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-74, warga mengadakan rapat yang dihadiri oleh ketua RW, Ketua RT hingga tokoh pemuda setempat.
  9. Semua siswa SMK Bhineka dari kelas 12 hingga kelas 10 melaksanakan Ujian Semester Ganjil dengan hikmat.
  10. Nilai Rapor Bahasa Indonesia Tika semakin menurun, pada semester ganjil mendapatkan nilai 9 semester genap mendapatkan nilai 7.

Baca juga :
Contoh Majas Klimaks
Majas Penegasan
Contoh Kalimat Bermajas

#Contoh 2 :

  1. Setiap hari Rabu semua pegawai dari Pegawai Negeri Sipil, Kantor, hingga para Guru menggunakan seragam Hitam dan Putih.
  2. Pertandingan Futsal tahun ini, diikuti dengan berbagai peserta mulai dari yang profesional sampai yang abal-abal.
  3. Sudah beberapa bulan ini Kereta Api tujuan Palembang melayani semua golongan penumpang mulai dari kelas Eksekutif, Bisnis hingga Ekonomi.
  4. Harga BBM yang meningkat membuat semua kalangan masyarakat mulai dari kalangan atas, menengah hingga kalangan bawah mereka semua mengeluh karena harga sembako pun ikut melonjak.
  5. Mulai dari Perwira Tinggi, Menengah sampai Pertama mereka semua hadir di dalam upacara peringatan HUT TNI.
  6. Toko Rinnai menjual semua perabotan rumah tangga mulai dari yang harganya paling mahal sampai yang harganya paling murah.
  7. Riko menjual Kasur Springbed dari yang kualitasnya paling tinggi, menengah hingga yang kualitasnya paling rendah.
  8. Saat tengah malam pergantian tahun tiba, semua orang yang berada di seluruh Indonesia ikut berteriak untuk melakukan perhitungan mundur mulai dari 10 hingga 1.
  9. Ketika pengambilan rapor Semester Ganjil semua guru mengumumkan Siswa atau Siswi yang mendapatkan Ranking 3 hingga Ranking 1.
  10. Warung makan pinggir jalan tersebut menjual berbagai lauk mulai dari harga yang cukup mahal hingga harga yang murah.

#Contoh 3 :

  1. Aku memiliki tiga adik perempuan yang usianya tidak beda jauh mulai dari usia 10 tahun, 8 tahun, dan 5 tahun.
  2. Pekan Olahraga Pelajar dari tahun ke tahun selalu diikuti oleh semua pelajar mulai dari siswa SMA atau SMK, SMP, hingga SD.
  3. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang disukai oleh berbagai berbagai kalangan, dari orang tua, dewasa, remaja sampai anak-anak.
  4. Sudah beberapa bulan ini Nina menjalankan rutinitas diet ketat yang membuat berat badannya turun secara drastis, yang awalnya 100 kg saat ini sudah 50 kg.
  5. Teh adalah salah satu minuman manis yang digandrungi oleh beberapa kelompok, mulai dari orang dewasa, remaja hingga anak-anak.
  6. Siswa SMK N 1 kelas 12 hingga 10 yang mengambil jurusan TKJ ikut meramaikan perlombaan Web Desain.
  7. Keluarga Pak Somad mulai dari Ayah, Ibu dan Anak-anaknya sangat menyukai makanan khas Yogyakarta.
  8. Dari High Heels yang haknya berukuran 10 cm sampai haknya yang berukuran 2 cm tertata rapi di rak sepatu Kinan.
  9. Para wisatawan sudah memesan tiket Pesawat dari kelas yang eksekutif, bisnis dan ekonomi.
  10. Dari baju yang berkualitas tinggi hingga baju yang berkualitas rendah tergantung rapi didalam lemarinya.

F.A.Q

Apa itu Majas Antiklimaks?

Anticlimax Majas adalah salah satu majas penegasan yang didalamnya menggunakan urutan atau tingkatan yang dimulai dari urutan paling tinggi atau besar ke urutan yang paling rendah atau kecil.

Ciri utama dalam Majas Antiklimaks yaitu?

Pada Majas Antiklimaks menggunakan tingkatan atau urutan dari yang paling tinggi atau besar ke yang paling rendah atau kecil.

Konjungsi yang digunakan dalam Majas Antiklimaks yaitu?

Secara umum, di dalam kalimat Anticlimax Majas memakai sebuah kata hubung atau konjungsi waktu seperti frasa hinggasampai, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan dari Majas Antiklimaks dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Semoga menambah pengetahuan para pembaca.