Maintenance Adalah

Posted on

Maintenance Adalah – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa setiap peralatan dan mesin atupun suatu hal lainnya tentu membutuhkan kegiatan maintenance guna menjaganya dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Nah, bagi kalian yang belum mengetahui mengenai Maintenance secara luas, yuk simak penjabaran dibawah ini.

Maintenance Adalah

Maintenance Adalah?

Maintenance adalah seperangkat kegiatan pemeliharaan dari suatu peralatan dan fasilitas sehingga selalu siap untuk digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan berdasarkan standar (fungsionalitas dan kualitas).

Istilah pemeliharaan berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Terein yang berarti memelihara, merawat, dan juga pemeliharaan.

Pemeliharaan adalah sebuah sistem yang berasal dari berbagai elemen dalam bentuk struktur (machine), penggantian komponen (material), biaya perawatan (money), perencanaan kegiatan (methode) serta eksekutor pemeliharaan (man).

Baca Juga : Pengertian Teknologi

Definisi Maintenance Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, definisi Maintenance juga diungkapkan oleh beberapa para ahli, yaitu sebagai berikut :

1. Kurniawan (2013)

Menurut Kurniawan, Maintenance adalah kombinasi dari berbagai tindakan untuk mempertahankan atau memperbaiki objek didalam suatu kondisi yang dapat diterima.

2. Sehrawat dan Narang (2001)

Menurut Sehrawat dan Narang, Maintenance adalah suatu pekerjaan yang dilakukan untuk memelihara atau meningkatkan kualitas dari peralatan yang ada guna memenuhi standar fungsi serta kualitasnya.

3. Harsanto (2013)

Menurut Harsanto, Pemeliharaan adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk terus menjaga fasilitas atau peralatan agar tetap beroperasi dengan baik.

4. Manzini (2010)

Menurut Manzini, Pemeliharaan adalah suatu kegiatan yang berfungsi untuk memantau dan memelihara peralatan, perangkat, serta sumber daya dengan merancang, mengelola, menangani, sekaligus memeriksa pekerjaan dengan tujuan untuk memastikan bahwa sebuah unit dapat beroperasi selama waktu aktif dan meminimalkan waktu henti karena kerusakan.

5. Heizer dan Render (2011)

Menurut Heizer dan Render, Pemeliharaan adalah suatu hal yang mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan pemeliharaan dari semua peralatan sistem agar dapat terus bekerja dengan semaksimal mungkin.

Macam – Macam Maintenance

Secara umum, kegiatan Pemeliharaan terbagi atas dua jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Perawatan Terjadwal

Pemeliharaan terjadwal adalah sebuah tindakan pemeliharaan yang dilakukan berdasarkan dengan perencanaan sebelumnya. Perawatan terjadwal ini melibatkan serangkaian proses produksi.

Planned Maintenance terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu diantaranya adalah :

Pemeliharaan Preventif

Pemeliharaan Preventif adalah salah satu kegiatan pemeliharaan yang dilakukan sesuai dengan jangka waktu tertentu atau berdasarkan dengan kriteria tertentu yang terdapat pada tahapan proses produksi.

Hal ini bertujuan supaya produk yang diciptakan sesuai dengan rencana yang sudah di tentukan, baik itu dari segi kualitas, biaya, ataupun ketepatan waktu.

Scheduled Maintenance

Perawatan terjadwal adalah salah satu kegiatan perawatan yang bertujuan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada suatu barang dan jangka waktu perawatan ditentukan berdasarkan dengan pengalaman, data sebelumnya atau rekomendasi dari pabrik pembuatb mesin yang bersangkutan.

Predictive Maintenance

Perawatan prediktif adalah salah satu kegiatan dari pemeliharaan di mana implementasinya harus sesuai dengan kondisi mesin itu sendiri.

Perawatan prediktif juga disebut sebagai pemeliharaan berbasis kondisi yang berarti bahwa itu digunakan sebagai penentu dari kondisi mesin dengan cara memeriksa mesin secara berkala sehingga diketahui bahwa keandalan mesin dan keselamatan kerja akan dijamin.

Baca Juga : Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat

2. Perawatan yang Tidak Direncanakan

Pemeliharaan yang tidak terencana adalah salah satu kegiatan pemeliharaan yang dilakukan karena adanya indikasi atau instruksi yang menunjukkan bahwa ini merupakan fase dari proses produksi yang tiba-tiba mengarah ke hasil yang salah.

Dalam hal ini, kegiatan perawatan mesin harus dilakukan tanpa adanya perencanaan. Pemeliharaan yang tidak terencana terbagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

Emergency Maintenance

Pemeliharaan Darurat adalah salah satu kegiatan perawatan mesin yang membutuhkan respons darurat agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih serius.

Emergency Maintenance merupakan sebuah kegiatan pemeliharaan yang melibatkan perbaikan pada saat terjadi sebuah kegagalan terhadap suatu perangkat dan membutuhkan perbaikan darurat atau memiliki prioritas.

Corrective Maintenance

Pemeliharaan Penangkal adalah salah satu kegiatan pemeliharaan yang dilakukan karena adanya hasil produk yang tidak memenuhi setandard rencana dalam hal kualitas, biaya ataupun ketepatan waktu.

Misalnya : jika sebuah kesalahan terjadi pada kualitas atau terhadap bentuk barang, maka hal ini sangat diperlukan untuk mengamati fase proses produksi yang harus dikoreksi (koreksi).

Baca Juga : Cabang Cabang Biologi (Pengertian dan Penjelasan)

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Maintenance?

Maintenance adalah seperangkat kegiatan pemeliharaan dari suatu peralatan dan fasilitas sehingga selalu siap untuk digunakan secara efektif dan efisien sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dan berdasarkan standar (fungsionalitas dan kualitas).

Apa tujuan dari adanya Maintenance?

1. Guna memperpanjangan kegunaan suatu peralatan.
2. Menjamin ketersediaan optimal dari suatu perangkat yang dipasang untuk produksi dan memperoleh pengembalian investasi maksimum.
3. Memastikan ketersediaan operasional dari semua perangkat yang diperlukan jika terjadi keadaan darurat kapan saja.
4. Menjamin adanya keselamatan seseorang yang menggunakan fasilitas tersebut.
5. Kapasitas produksi dapat memenuhi persyaratan rencana produksi.

Mengapa Miantenance itu sangat penting?

Maintenance berperan sangat penting didalam semua kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, karena jika mesin mengalami kerusakan, maka sumber daya kerja akan menganggur dan akan kehilangan produksi barang.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambwah wawasan baru untuk kita semua.