Macam – Macam Vitamin

Posted on

Macam – Macam Vitamin – Tubuh kita setiap harinya membutuhkan asupan Empat Sehat Lima Sempurna agar terhindar dari berbagai resiko penyakit yang menyerang tubuh.

Macam - Macam Vitamin

Empat sehat lima sempurna ini umumnya terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, protein dan juga kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan menyimak secara bersama-sama penjelasan dari salah satu unsur 4 Sehat 5 Sempurna tersebut, yaitu Vitamin yang akan Rumus.co.id sampaikan untuk para readers setia.

Vitamin Adalah?

Vitamin adalah kelompok senyawa organik amina yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena vitamin berfungsi untuk membantu tubuh kita untuk mengatur metabolisme tubuh agar senantiasa sehat dan juga membantu dalam proses pertumbuhan. 

Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan vitamin yang diperlukan oleh tubuh secara mandiri. Jadi untuk mendapatkan asupan vitamin kita perlu mengkonsumsi berbagai makanan, seperti buah dan sayur serta suplemen agar kesehatan dari tubuh kita tetap terjaga.

Apabila tubuh manusia tidak memiliki asupan vitamin yang cukup, maka mereka tidak dapat melaksanakan aktivitas sehari-hari mereka dengan baik. Sebab, kekurangan asupan vitamin membuat tubuh kita menjadi mudah untuk terserang penyakit.

Macam – Macam Vitamin

Macam - Macam Vitamin

Dalam kehidupan kita terdapat banyak sekali jenis-jenis vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini merupakan penjelasan dari macam-macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh manusia, yaitu :

1. Vitamin A

Vitamin A atau retinol adalah salah jenis vitamine yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan memiliki fungsi untuk membantu menjaga serta merawat kecantikan kulit supaya kulit kita tetap terlihat sehat, lembut dan juga halus.

Tidak hanya itu saja, vitamine A juga berperan baik dalam menjaga kesehatan mata. Vitamine A dapat kita jumpai dari berbagai buah dan sayuran seperti wortel, sayuran berwarna kuning dan hijau, labu siam, ubi jalar, semangka, alpukat dan lainnya.

Apabila tubuh kita kekurangan asupan vitamine A, maka kita dapat terserang penyakit rabun senja, katarak, infeksi saluran pernafasan, dan juga kulit kita menjadi tidak sehat.

2. Vitamin B1

Vitamine B1 atau disebut dengan Tiamin adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita karena berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan serta untuk mengatur alat pernapasan dan juga fungsi saraf.

Di sekitar kita banyak sekali makanan yang memiliki kandungan vitamin B1 dimulai dari biji-bijian, gandum, ragi, kacang-kacangan, beras, telur dan masih banyak lagi.

Apabila tubuh kita kekurangan asupan vitamin B1, maka hal ini bisa membuat tubuh kita menjadi mudah lelah, terjadi gangguan pada sistem saraf, pencernaan menjadi tidak lancar dan juga penyakit beri-beri.

Baca Juga :
Fungsi Kloropas
Fungsi Tulang Jari Tangan
Vegetarian Adalah

3. Vitamin B2

Riboflavin atau nama lain dari vitamin B2 adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yang berfungsi dalam proses perkembangan dan juga pertumbuhan, memelihara rambut dan kulit, memelihara kuku dan mendukung proses metabolisme tubuh sehingga energi dapat dihasilkan.

Di dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak sekali jenis-jenis makanan yang memiliki kandungan dari vitamin B2 yaitu diantaranya adalah ragi, susu, telur, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

4. Vitamin B6

Piridoksin atau nama lain dari vitamin B6 ini mempunyai fungsi yang sama dengan vitamin B2 yaitu untuk memelihara kesehatan kulit dan juga rambut serta berperan dalam proses pertumbuhan.

Selain itu, fungsi lain dari Vit B6 ini yaitu untuk meminimalisir rasa mual ketika mabuk pada saat di dalam perjalanan, mencegah terjadinya kejang-kejang, serta meminimalisir peradangan kulit yang kasar.

Jenis-jenis dari makanan yang banyak mengandung Vit B6 ini yaitu Jagung, biji-bijian namun yang masih ditutup kulit ari, ikan dan juga ragi. Apabila tubuh kita kekurangan asupan Vit ini bisa menimbulkan sulit tidur, kulit kasar dan juga kering, depresi serta mudah merasa tersinggung.

5. Vitamin B12

Vit B12 atau disebut dengan sianokobalamin adalah vitamin yang berfungsi dalam proses pembentukan sel darah merah dan juga meningkatkan konsentrasi yang sering terganggu.

Jenis-jenis makanan yang mengandung Vit B12 ini seperti hati, daging serta telur. Apabila tubuh kita kekurangan asupan Vit B12 maka bisa menimbulkan kelelahan, mengidap penyakit anemia, dan juga gangguan pada kulit.

6. Vitamin C

Vit C atau disebut dengan asam askorbat adalah vitamin yang berfungsi untuk membantu penyembuhan infeksi serta mengatasi terjadinya alergi pada tubuh.

Terdapat banyak sekali jenis makanan yang memiliki kandungan vit C yaitu sayuran segar, tomat, jeruk, nanas dan masih banyak lagi.

Apabila tubuh manusia kekurangan asupan Vit C, maka akan menyebabkan Gusi mengalami pendarahan, penyembuhan luka terhambat, nyeri di area persendian, serta daya tahan tubuh terhadap infeksi rendah.

7. Vitamin D

Vit D sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu pembentukan tulang, gigi dan juga menguatkan rangka. Terdapat banyak sekali jenis makanan yang memiliki kandungan Vit D seperti kuning telur, mentega, minyak ikan, susu, dan juga ikan laut.

Makanan tersebut masih dalam bentuk provitamin D dan masih belum menghasilkan vitamin D. Maka, Sinar matahari akan mengubah provitamin D tersebut menjadi vitamin D melalui permukaan kulit.

Apabila tubuh manusia kekurangan asupan vitamin D, maka proses pertumbuhan akan terhambat, bentuk kaki juga terlihat bengkok, pengeroposan pada gigi dan kram otot.

8. Vitamin E

Tokoferol atau nama lain dari vit E adalah salah satu vitamin yang berperan untuk mencegah terjadinya kemandulan, keguguran pada masa kehamilan dan juga perdarahan.

Makanan yang mengandung Vit E antara lain kecambah, biji-bijian, minyak kelapa dan juga minyak zaitun. Apabila tubuh manusia kekurangan asupan vit E maka bisa menyebabkan kemandulan dan juga gangguan pada otot.

9. Vitamin K

Vit K adalah salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh karena berfungsi di dalam proses pembekuan darah ketika terjadi luka. Vitamin K ini banyak ditemukan pada sayuran hijau, kedelai dan juga tomat.

Apabila tubuh manusia kekurangan asupan vitamin K, maka hal ini bisa menyebabkan darah sukar untuk membeku ketika terjadi luka.

F.A.Q

Vitamin umumnya berfungsi untuk?

1. Mengatur zat yang ada di dalam tubuh.
2. Menguatkan tulang dan juga gigi.
3. Meningkatkan proses pertumbuhan di dalam tubuh.
4. Meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh penyakit dan virus.

Vit C berfungsi untuk?

Vitamin C berfungsi untuk membantu penyembuhan infeksi yang diakibatkan oleh virus, mengatasi terjadinya alergi pada tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang mengandung Vit E adalah?

Makanan yang mengandung Vit E antara lain kecambah, biji-bijian, minyak kelapa dan juga minyak zaitun.

Itu dia referensi atau informasi singkat mengenai Macam – Macam Vitamin yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini, semoga membantu ya teman-teman..

Related posts: