Macam – Macam Virus

Posted on

Macam – Macam Virus Berbahaya – Saat ini, semua negara yang ada di dunia ini sedang dilanda dengan rasa cemas akibat merebaknya salah satu jenis virus yang cukup berbahaya dan mematikan, yaitu Corona Virus atau Covid-19.

Macam - Macam Virus

Akan tetapi, selain virus diatas, ternyata masih banyak lagi berbagai macam virus yang sudah lebih dulu menyerang dunia dan banyak memakan korban jiwa, dari yang tidak berbahaya hingga yang berbahaya.

Sebelum kita menyimak penjabaran dari berbagai macam virus yang mengancam kesehatan manusia, ada baiknya jika kita mengetahui definisi dari Virus.

Ya, Virus adalah sebuah mikroorganisme yang mempunyai materi genetik yang dibungkus dalam protein, lipid dan juga glikoprotein. Virus tidak dapat memperbanyak diri jika tidak melekat pada inangnya, sehingga bisa dikatakan bahwa Virus ini adalah parasit.

Saat virus sudah menyerang tubuh manusia, maka virus tersebut bisa dengan mudah merusak bahkan sampai menghancurkan sel-sel yang ada di dalam tubuh manusia. Namun, virus bersifat sangat kompleks serta bervariasi sesuai dengan jenis dan penyakit yang disebabkannya.

Macam – Macam Virus

Setelah kita melihat penjabaran yang ada diatas, berikut ini merupakan penjelasan dari berbagai macam virus yang dapat menyerang tubuh manusia, diantaranya adalah :

1. Corona (Covid-19)

Virus corona atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan COVID-19 merupakan salah satu jenis virus baru yang saat ini sedang menggemparkan dunia.

Penyakit ini umumnya menjadi kelompok virus yang bisa memunculkan berbagai macam gejala seperti pilek hingga kondisi yang lebih parah, seperti MERS-CoV atau SARS-CoV. Secara umum, gejala utama yang muncul dari virus corona yaitu :

  • Sesak pernapasan
  • Batuk
  • Panas tinggi.

Sayangnya, vaksin untuk Covid-19 ini sampai sekarang masih belum juga ditemukan. Walaupun begitu, Anda bisa melakukan berbagai langkah preventif untuk mencegah tertular dari virus ini dengan cara menjaga kebersihan diri serta Jaga jarak dengan orang yang sedang batuk dan bersin.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan semua orang untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan cara melakukan gaya hidup yang sehat.

Akan tetapi penggunaan masker bukanlah langkah yang preventif, karena sebaiknya masker hanya digunakan untuk pasien yang dicurigai ataupun yang terinfeksi oleh Covid-19 serta mereka yang merawat pasien ataupun suspek Covid-19.

2. Virus HIV

HIV merupakan salah satu jenis virus yang tugasnya melemahkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini tentunya akan membuat tubuh kita rentan sekali terinfeksi dengan virus ataupun penyakit yang lainnya.

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang disebabkan oleh adanya kontak fisik antara seseorang dengan sang penderita HIV atau melalui kontak seksual yang tak sehat, penggunaan jarum suntik bekas penderita HIV, pemakaian alat pembuatan tato serta body piercing.

Tidak hanya itu saja, virus ini juga bisa ditularkan melalui cairan tubuh yang keluar dari tubuh penderita seperti air mani, darah dan lainnya.

Akan tetapi, Virus ini tidak ditularkan melalui kontak harian langsung, misalnya seperti menyentuh, berjabat tangan dan juga merangkul. Apabila virus ini tidak segera ditangani maka virus ini dapat menimbulkan penyakit lain seperti AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Baca Juga :
Macam – Macam Vaksin
Fungsi Usus Buntu
Bagian – Bagian Sel

3. Demam Berdarah

Virus Demam berdarah merupakan salah satu jenis virus yang juga perlu untuk diwaspadai. Sejak awal tahun 2019 lalu, jumlah penderita dari demam berdarah di Tanah Air telah mencapai 13.683 jiwa, dengan 132 korban diantaranya meninggal.

Demam berdarah adalah kondisi yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh gigitan dari nyamuk Aedes aegypti. Guna mencegah virus ini, Anda dapat melakukan gerakan 3M plus yaitu menutup, menguras, menggunakan kembali barang bekas, plus penggunaan lotion anti nyamuk.

4. Rotavirus

Rotavirus adalah salah satu virus yang menyerang saluran pencernaan, dimana virus ini bisa mengakibatkan diare yang sangat parah, terutama pada anak bayi dan juga balita.

Akan tetapi, virus ini bisa dicegah dengan cara melakukan tindakan imunisasi paling awal ketika bayi memasuki usia 15 minggu dan selambat-lambatnya ketika bayi sudah memasuki usia 8 bulan.

5. Virus Ebola

Ebola adalah salah satu jenis virus yang pertama kali ditemukan di sekitar sungai Ebola yang ada di Zaire (Kongo) pada tahun 1976. Virus Ebola menjadi salah satu jenis virus yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Gejala umum yang muncul dari Virus ini yaitu demam, diare bahkan sampai pendarahan. Virus ini ditularkan melalui kontak fisik dengan benda yang sudah terkontaminasi oleh cairan yang keluar dari tubuh sang penderita.

Sayangnya, sampai detik ini juga pengobatan untuk mengatasi virus ebola ini masih belum juga ditemukan sama seperti virus HIV dan juga Corona.

F.A.Q

Apa itu Virus?

Virus adalah sebuah mikroorganisme yang mempunyai materi genetik yang dibungkus dalam protein, lipid dan juga glikoprotein.

Virus yang berasal dari hewan apa saja?

1. Rabies adalah virus yang menyerang saraf pusat manusia dan juga otak.
2. Avian influenza tipe A (H5N1) adalah virus yang menyerang unggas namun dapat juga menular ke manusia.

Mengapa virus sangat berbahaya?

Saat virus sudah menyerang tubuh manusia, maka virus tersebut bisa dengan mudah merusak bahkan sampai menghancurkan sel-sel yang ada di dalam tubuh manusia.

Sekian artikel mengenai Macam – Macam Virus dan hal-hal yang ada di dalamnya. Semoga materi diatas bisa menjadi ilmu bermanfaat…