Macam – Macam Simbiosis

Posted on

Macam – Macam Simbiosis – Dalam kehidupan ini, kita sering melihat hubungan timbal balik yang terjadi pada setiap organisme yang saling berdampingan satu sama lain, baik itu yang merugikan atau yang menguntungkan.

Macam - Macam Simbiosis

Hubungan timbal balik yang terjadi antara organisme yang satu dengan organisme lainnya, disebut sebagai Simbiosis. Istilah simbiosis ini, tentunya sudah tidak asing lagi jika terdengar ditelinga kita semua.

Terutama bagi kalian yang sedang duduk dibangku sekolah. Meskipun sudah sering mendengar, namun masih banyak yang belum mengetahui dan juga memahami materi Simbiosis ini.

Daam ulasan kali ini, Rumus.co.id akan menyampaikan materi mengenai Simbiosis yang terjadi antar organisme biologis beserta dengan unsur-unsur yang terdapat didalamnya.

Definisi Simbiosis

Secara umum, Simbiosis merupakan hubungan timbal balik atau interaksi yang terjadi antara dua organisme biologis yang saling berdampingan atau berdekatan satu sama lain. Interaksi ini ada yang bersifat menguntungkan dan ada juga yang merugikan satu sama lain.

Secara bahasa, kata Simbiosis berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu dari kata Sym yang berarti dengan, dan juga biosis yang berarti kehidupan. Kumpulan makhluk hidup yang bersimbiosis disebut sebagai Simbion.

Jenis – Jenis Symbiosis

Secara umum, Symbiosis ini dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan dengan lokasi terjadinya hubungan timbal balik ini, yaitu sebagai berikut :

  • Ectosymbiosis, merupakan salah satu bentuk dari hubungan atau interaksi timbal balik yang terjadi antara dua organisme yang jenisnya berbeda, di mana salah satu organismenya ada yang hidup di luar tubuh dari organisme lain.
  • Endosimbiosis, merupakan salah satu bentuk hubungan atau interaksi timbal balik yang terjadi antara dua organisme yang jenisnya berbeda, dimana salah satu organismenya ada yang hidup di bagian dalam dari tubuh organisme lain.

Baca Juga :
Simbiosis Parasitisme
Simbiosis Komensalisme
Ekosistem Laut

Macam – Macam Simbiosis

Terdapat beberapa macam Simbiosis yang sering kita jumpai dalam kehidupan yang ada di sekitar kita, yaitu sebagai berikut :

1. Symbiosis of Parasitism

Simbiosis Parasitisme sering diartikan sebagai salah satu jenis dari hubungan timbal balik yang terjadi antara dua makhluk hidup, dimana pada pihak yang satu akan memperoleh keuntungan, akan tetapi pihak yang lainnya merasa dirugikan.

Berikut ini, merupakan contoh-contoh dari Symbiosis of Parasitism yang sering terjadi di kehidupan sekitar kita, yaitu diantaranya adalah :

  • Benalu dengan Tanaman Mangga : Dimana benalu akan diuntungkan karena menyerap sari-sari makanan dari tanaman mangga yang berperan sebagai inangnya.
  • Cacing Perut dengan Usus Manusia : Dimana cacing perut tersebut akan mengambil sari makanan yang terdapat didalam usus manusia. Sedangkan manusia akan merasa dirugikan karena sari makanannya diambil.
  • Tali Putri dengan Inangnya : Di mana tali putri mengumpulkan esensi dalam bentuk zat organik, sedangkan inangnya tidak memiliki esensi karena diserap oleh benang sang putri.

2. Symbiosis Commensalism

Simbiosis Komensalisme sering diartikan sebagai hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup, dimana mana pihak yang satu memperoleh keuntungan sedangkan untuk pihak lainnya merasa tidak dirugikan serta merasa tidak diuntungkan.

Berikut ini merupakan contoh-contoh dari Symbiosis Commensalism, yaitu diantaranya adalah :

  • Bunga Anggrek dengan Tanaman Mangga
  • Sirih yang tumbuh pada tanaman inangnya
  • Ikan Remora dan juga Ikan Hiu
  • Jamur yang tumbuh pada akar yang sudah lapuk

3. Symbiosis Amensalism

Simbiosis Amensalisme sering dairtikan sebagai hubungan timbal balik yang terjadi antara dua makhluk hidup. Dimana terdapat pihak yang merasa dirugikan, sedangkan pihak lainnya tidak merasakan dampak apapun.

Berikut ini merupakan contoh-contoh dari Symbiosis Amensalism, yaitu diantaranya adalah :

  • Gulma dengan Tumbuhan Produksi
  • Pohon Pinus dengan Tumbuhan yang ada di Sekitarnya
  • Tumbuhan yang ada disekitarnya dengan Pohon Walnut
  • Ganggang Hydrodictyon dengan Scenedesmus

4. Symbiosis Mutualism

Simbiosis Mutualisme sering diartikan sebagai hubungan timbal balik yang terjadi antara dua organisme yang spesiesnya berbeda, namun saling memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. 

Di dalam sistem simbiosis jenis ini, masing-masing dari symbian akan mendapatkan manfaat atau keuntungan dari interaksi yang mereka lakukan. Berikut ini merupakan contoh-contoh dari Symbiosis Mutualism, yaitu :

  • Kupu – Kupu dengan Bunga : Di mana pada proses penyerbukan, bunga dibantu oleh kupu-kupu. Sedangkan kupu-kupu akan mendapatkan nektar dari bunga.
  • Raflesia dengan Serangga (lalat) : Dimana dalam proses penyerbukan, raflesia dibantu oleh lalat dan lalat akan mendapatkan sari bunganya sebagai sumber makanan.
  • Remora dengan Ikan Hiu : Dimana ikan hiu akan dibersihkan oleh remora sedangkan remora akan mendapat sisa-sisa makanan yang melekat pada tubuh hiu.

F.A.Q

Apa itu Simbiosis?

Simbiosis merupakan hubungan timbal balik atau interaksi yang terjadi antara dua organisme biologis yang saling berdampingan atau berdekatan satu sama lain. Interaksi ini ada yang bersifat menguntungkan dan ada juga yang merugikan satu sama lain.

Organisme yang melakukan Simbiosis disebut?

Kumpulan makhluk hidup yang bersimbiosis disebut sebagai Simbion.

Simbiosis Netralisme yaitu?

Simbiosis Netralisme sering diartikan sebagai hubungan timbal balik yang terjadi antara dua organisme, dimana antara organisme yang dengan yang lainnya saling menguntungkan dan juga saling merugikan. 

Sekian pembahasan dari ulasan kali ini. Semoga dapat membantu adik-adik semua yaa untuk mempelajarinya.

Related posts: