Macam – Macam Sendi

Posted on

Macam – Macam Sendi – Tubuh dari manusia dewasa secara umum mempunyai struktur yang sangat kompleks yaitu terdiri dari 206 tulang dan dihubungkan oleh tulang rawan (hialin, fibrosa, dan elastin), ligamen, otot, serta berbagai macam sendi.

Macam - Macam Sendi

Dalam kesempatan yang baik ini, Rumus.co.id akan memberikan pembahasan mengenai berbagai macam sendi yang membantu untuk menghubungkan tulang-tulang manusia agar dapat digerakkan.

Sendi merupakan salah satu organ tubuh yang berperan sebagai penghubung antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya, agar manusia dapat melaksanakan aktivitas mereka dengan baik.

Secara umum, peran atau fungsi utama dari sendi adalah untuk memberikan kelenturan dan juga pergerakan pada posisi serta batang tungkai.

Macam – Macam Sendi

Di bawah ini terdapat beberapa kelompok atau kategori dari sendi yang ada di dalam tubuh manusia. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kategori Sendi, yaitu :

1. Sendi Berdasarkan Sifat

Jika dilihat berdasarkan sifatnya, sendi dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Sinartrosis atau sendi mati, adalah sebuah sendi yang bertugas untuk menghubungkan antara dua tulang ataupun lebih namun tidak menciptakan pergerakan. Contoh dari sendi mati yakni sendi antar tulang tengkorak, yang disebut sutura, serta gomphosis (penghubung gigi dan tengkorak).
  • Amfiartrosis atau sendi kaku, adalah sebuah sendi yang bertugas untuk menghubungkan antara dua tulang maupun lebih dan memungkin terjadinya gerakkan meskipun terbatas. Sendi jenis ini umumnya ada di ruas dari tulang belakang dan juga simfisis pubis pada tulang pinggul.
  • Diartrosis atau sendi gerak, adalah salah satu jenis sendi yang bisa digerakkan secara bebas dan juga leluasa. Sendi ini disebut juga sebagai Sinovial. Sebab, pada sendi ini terdapat cairan, yang disebut sebagai cairan sinovial yang berperan sebagai pelumas. Dengan cairan inilah, sendi bisa digerakkan.

Baca Juga :
Proses Pembentukan Tulang
Fungsi Tulang Telapak Tangan
Fungsi Tulang Rusuk

2. Sendi Berdasarkan Arah Gerak

Jika dilihat berdasarkan arah geraknya, sendi dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

  1. Hinge Joints (Sendi Engsel), merupakan salah satu jenis sendi yang menghubungkan dua tulang yang dapat memungkinkan tulang tersebut melakukan satu arah gerakan maju ataupun mundur. Misalnya seperti persendian yang ada pada lutut, siku serta sendi yang terletak diantara ruas jari-jari tangan.
  2. Bullet Joints (Sendi Peluru), merupakan salah satu jenis sendi yang memungkinkan tulang melakukan gerakan ke semua arah. Misalnya sendi yang terletak antara tulang paha dengan tulang panggul dan juga pada ujung lengan atas dengan bagian gelang bahu.
  3. Rotating Joints (Sendi Putar), merupakan salah satu jenis sendi memungkinkan tulang melakukan gerakan memutari tulang yang lain sebagai porosnya. Misalnya sendi yang terletak pada tulang tengkorak dengan atlas dan juga sendi pada tulang hasta dengan pengumpil.
  4. Slide Joints (Sendi Geser), merupakan salah satu jenis sendi yang memungkinkan tulang datar melakukan gerakan pergeseran ke tulang yang lainnya. Misalnya seperti sendi intercarpal, yang berperan untuk menghubungkan berbagai tulang yang terdapat di pergelangan tangan.
  5. Saddle Joints (Sendi Pelana), merupakan salah satu jenis sendi yang memungkinkan tulang melakukan dua arah gerakkan yang saling tegak lurus. Misalnya seperti sendi yang terletak pada tulang tumit dan juga tulang kering.

3. Sendi Berdasarkan Jangkauan Gerak

Jika dilihat berdasarkan strukturnya, sendi dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Fibrous Joints (Sendi Fibrosa), adalah jenis sendi yang terdiri dari serat kolagen di mana sebagian besar sendi berserat tidak dapat dipindahkan sama sekali, karena jarak antara tulang sangat erat dipisahkan oleh lapisan jaringan ikat berserat. Misalnya sendi sutura yang terletak diantara tulang tengkorak.
  • Cartilaginous Joints (Sendi Cartilaginosa), adalah salah satu jenis sendi yang arah gerakannya sangat terbatas. Sendi ini dihubungkan oleh tulang rawan hialin. Misalnya seperti pada Tulang iga.
  • Synovial joints (Sendi Sinovial), adalah salah satu jenis sendi yang arah gerakannya sangat bebas atau leluasa, sendi ini menjadi sendi yang jumlahnya paling banyak di dalam tubuh manusia. Misalnya seperti sendi yang ada di siku, lutut, bahu, panggul dan lainnya.

F.A.Q

Apa itu Sendi?

Sendi menjadi salah satu bagian atau organ didalam tubuh manusia yang berperan menghubungkan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya agar bisa bergerak.

Dislokasi Sendi adalah?

Dislokasi Sendi merupakan sebuah kondisi dimana sendi bergeser ke tempat yang tidak semestinya, dan umumnya kondisi ini bisa terjadi pada sendi manapun.

Gangguan yang dapat menyerang persendian adalah?

1. Inflamasi
2. Degeneratif

Demikian pembahasan dari materi yang ada diatas, semoga bisa menjadi ilmu pengetahuan baru untuk kita semua.