Macam – Macam Profesi

Posted on

Macam – Macam Profesi – Setelah kita semua memahami penjelasan tentang Profesi beserta dengan hal-hal yang berkaitan di dalamnya dalam pembahasan yang sebelumnya.

Macam - Macam Profesi

Nah, dalam pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan men-jabarkan tentang Macam – Macam dari Profesi seseorang beserta dengan penjelasannya masing-masing.

Sebab, pada dasarnya Profesi terbagi menjadi beberapa macam. Berikut ini penjelasan dari berbagai jenis Profesi yang digeluti oleh seseorang dalam dunia pekerjaan.

Macam – Macam Profesi

Seperti yang sudah di katakan di atas bahwa, Profession dalam dunia pekerjaan, terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Dokter (Doctor)

Dokter adalah bagian dari profesi yang sering dicita-citakan oleh anak-anak. Tugas seorang dokter tidak hanya membantu pasien pulih dari berbagai penyakit saja, tetapi juga sebagai tempat untuk berkonsultasi dan mendiagnosis penyakit yang mereka derita.

Dokter adalah profesi yang memiliki risiko cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak dari dokter yang mengambil studi sebagai dokter spesialis khusus untuk memperdalam pengetahuan mereka.

Karena profesi ini seharusnya tidak boleh dilakukan secara sembarangan dalam melakukan tindakan medis terhadap pasien serta tidak boleh membuat kesalahan ketika melakukan operasi.

2. Tentara (Army)

Macam - Macam Profesi

Menjadi seorang Tentara itu berarti sudah siap secara fisik dan juga mental untuk menangani berbagai hal yang terjadi di tempat kerjanya. Tugas dari seorang prajurit yaitu membela negara dan bangsa hingga tetes darah terakhir.

Terutama bagi tentara yang berdiri di perbatasan maupun di medan perang. Sebab menjadi seorang Tentara memiliki risiko yang sangat besar, di antaranya yaitu lokasi pekerjaan yang sangat berbahaya hingga dapat kehilangan nyawa mereka.

3. Polisi (Police)

Tugas dari seorang polisi tidak kalah sulit dengan para tentara. Sebab, mereka juga harus menangani berbagai masalah yang terjadi di sekitar masyarakat.

Misalnya seperti menangkap pelaku kriminal, memenjarakan pengedar narkoba, melerai bentrokan yang terjadi antar masyarakat dan pemerintah yang terjadi di lingkungan sekitar.

Bahkan tidak jarang juga aparat kepolisian yang kehilangan nyawanya pada saat sedang melaksanakan tugas mereka.

Baca Juga :
Profesi Adalah
Tugas Sekretaris
Tugas Resepsionis

4. Pilot

Salah satu profesi yang memiliki resiko cukup berbahaya yaitu menjadi seorang Pilot.

Sebab, mereka harus menerbangkan dan juga mengendalikan pesawat di udara yang berisikan puluhan hingga ratusan penumpang dengan tujuan untuk sampai ketempat yang dituju dengan keadaan selamat.

Kondisi cuaca di udara dapat berubah kapan saja, sehingga beberapa kecelakaan pesawat terjadi di seluruh dunia. Sehingga, mereka juga harus melakukan pendaratan yang baik untuk keselamatan penumpangnya.

5. Pramugari (Stewardess)

Macam - Macam Profesi

Profesi yang satu ini sering diartikan sebagai pendamping dari seorang pilot di dalam pesawat terbang. Seorang Pramugari / Pramugara juga mempunyai risiko terjadi kecelakaan yang sangat tinggi.

Meskipun, resiko yang dapat terjadi dari pekerjaan ini cukup tinggi, namun banyak sekali yang meminati profesi ini.

6. Guru (Teacher)

Bercita-cita menjadi seorang guru sangat sering diucapkan oleh anak-anak apabila sedang ditanya mengenai apa cita-cita dari mereka. Guru adalah profesi yang dinilai sangat mulia oleh orang banyak.

Karena tugas seorang guru adalah membantu masyarakat dalam bidang pendidikan di seluruh dunia. Meskipun begitu, ada juga risiko yang harus ditangani oleh seorang guru.

7. Koki (Chef)

Berprofesi sebagai seorang Chef merupakan salah satu pekerjaan yang sangat memerlukan ketelitian dan juga kepekaan yang cukup tinggi. Sebab, para Chef harus menyiapkan semuanya dengan sempurna, bahkan saat sebelum kegiatan memasak dimulai.

Tidak hanya itu, koki juga harus bisa memilih bahan makanan yang baik, cara mengupas dan memotong dengan benar, dosis komposisi bumbu yang tepat, durasi memasak yang tepat dan juga penyajian hidangan yang menarik.

8. Psikolog (Psychologist)

Berprofesi sebagai seorang Psikolog adalah salah satu profesi yang mana seseorang akan diharuskan untuk memberikan solusi ketika ada seorang client yang sedang menghadapi suatu masalah.

Peran seorang psikolog adalah bahwa ketika klien menghadapi masalah, seorang psikolog akan memberikan solusi dan jalan keluar untuk masalah yang dihadapi klien.

9. Pemadam Kebakaran (DAMKAR)

Pemadam kebakaran merupakan salah satu profesi yang dianggap sangat mulia. Para anggota pemadam kebakaran diatur sedemikian rupa sehingga mereka selalu siap dan waspada ketika terjadi peristiwa yang tidak terduga.

Tugas seorang pemadam kebakaran tidak hanya untuk memadamkan api sja, namun juga untuk mencoba operasi penyelamatan yang terkadang tidak diketahui oleh banyak orang.

10. Arsitek (Architect)

Menjadi seorang arsitek merupakan profesi dan juga pekerjaan yang membutuhkan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Karena seorang arsitek harus pandai untuk mendesain bangunan dengan pengukuran yang presisi.

Bangunan dan rumah yang didirikan tentunya membutuhkan desain dan juga ketepatan konstruksi yang sangat baik. Contoh dari profesi arsitektur ini adalah konstruksi bangunan di Jepang yang dikatakan dapat berdiri dengan kokoh meskipun diterjang gempa.

F.A.Q

Apa itu Profesi?

Profesi adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus. Oleh karena itu, spesialis yang bekerja dalam profesi tertentu harus melakukan praktik agar bisa melaksanakan pekerjaan mereka secara maksimal.

Syarat – syarat Profesi terdiri dari?

1. Memiliki pengetahuan khusus dalam bidang atau ilmu tertentu.
2. Berisi berbagai kegiatan intelektual.
3. Butuh banyak persiapan, sehingga tidak hanya latihan saja.
4. Membutuhkan pelatihan berkelanjutan di tempat kerja atau posisi.

Profesi menurut Peter Jarvis adalah?

Profesi merupakan sebuah pekerjaan yang sejalan dengan studi intelektual atau pelatihan khusus, yang bertujuan untuk menawarkan layanan kompetensi kepada orang lain dengan gaji tertentu.

Demikianlah artikel tentang Macam – Macam Profesi yang ada disekitar kita, semoga ulasan kali ini semoga bermanfaat.