Macam – Macam Permainan Tradisional

Posted on

Macam – Macam Permainan Tradisional – Indonesia adalah salah satu negara yang terkenal dengan akan kekayaan alam dan juga budayanya. Ada begitu banyak warisan budaya yang mengandung nilai-nilai luhur dan harus dilestarikan.

Macam - Macam Permainan Tradisional

Salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan adalah permainnan tradisional anak. Walaupun disebut sebagai permainan, namun hal ini masih tetap mengandung nilai-nilai positif didalam kehidupan.

Pada kesempatan kali ini, Rumus.co.id akan memberikan penjabran mengenai Permainan Tradisional dan Macam – macamnya beserta dengan Asal Daerahnya.

Apa itu Permainan Tradisional?

Istilah permainan, mulanya berasal dari kata dasar main. Sedangkan, menurut KBBI, arti dari kata main yaitu membuat sebuah permainan atau game yang bertujuan untuk bersenang-senang atau melakukan sesuatu menyenangkan, baik menggunakan media atau tidak.

Sementara itu, istilah tradisional mulanya berasal dari sebuah kata tradisi. Sedangkan, menurut KBBI, makna dari kata tradisi yaitu suatu kebiasaan atau adat yang secara turun-temurun masih diterapkan dalam lingkungan masyarakat.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Permainan Tradisional merupakan segala sesuatu yang dilakukan dan berpegang teguh terhadap adat kebiasaan atau norma yang sudah diterapkan secara turun-temurun.

Baca Juga :
Alat Komunikasi Tradisional
Alat Musik Tradisional
Macam – Macam Alat Ukur

Macam – Macam Permainan Tradisional

Setelah melihat penjelasan diatas, Permainan Tradisional sendiri banyak sekali jenisnya. Dibawah ini terdapat beberapa contoh dari Traditional Game beserta cara bermainnya, yaitu sebagai berikut :

1. Gobak Sodor

Macam - Macam Permainan Tradisional

Gobak Sodor termasuk kedalam salah satu jenis Traditional Game yang membutuhkan banyak pemain. Sebab, didalam permainan ini, pemain akan dibagi menjadi dua kelompok, dan setiap kelompok umumnya terdiri dari 3 samapi 4 orang.

Cara bermainnya pun sangat mudah, yaitu satu kelompok ada bertuga untuk menjaga dan ada yang bertugas untuk menerobos daerah pertahanan lawan.

Kelompok yang bertugas untuk menerobos harus bisa melewati daerah pertahanan lawan tanpa tersentuh oleh anggota kelompok yang bertugas untuk menjaga. Namun, jika kelompok penyerang tersentuh, maka permainan berakhir dan kedua kelompok pun bertukar posisi.

2. Petak Umpet

Petak umpet termasuk kedalam salah satu jenis permainan tradisional yang sangat mudah untuk dilakukan. Tujuan dari permainan ini yaitu menemukan orang-orang yang sedang bersembunyi.

Seseorang yang sedang bersembunyi dan pertama kali ditemukan, maka orang tersebutlah yang akan bergantian untuk mencari dan menjaga pos. Jika, penjaga tidak bisa menemukan para pemainnya dan menyatakan menyerah, maka dia dinyatakan kalah.

3. ABC Lima Dasar

ABC Lima Dasar merupakan Traditional Game yang sangat sederhana untuk dimainkan. Sebab, dalam permainan ini tidak membutuhkan bantuan alat – alat lainnya.

Game ini dapat dimainkan dengan cara semua peserta harus menentukan topik yang akan digunakan. Setelah menentukan topik, setiap peserta harus meregangkan jari merka secara bersamaan.

Kemudian jari dihitung dengan huruf atau alfabet. Setiap peserta harus menyebutkan sesuatu yang dimulai dengan huruf yang dipilih berdasarkan dengan topik yang ditentukan secara cepat.

4. Balap Bakiak

Game ini cukup unik karena, peserta dalam game ini harus menggunakan bakiak. Dan keunikannya adalah bahwa bakiak yang digunakan tidak hanya memiliki satu slop, tetapi mereka juga bisa memiliki banyak slop.

Jadi permainan ini harus dilakukan dalam kelompok. Setiap regu biasanya terdiri dari 3 atau 4 orang tergantung pada jenis bakiak yang digunakan.

Setiap peserta dalam dalam regu pasti memiliki kekuatan yang berbeda, sehingga tim akan mudah terjatuh. Karena itu, setiap regu harus memiliki pemimpin yang bertanggung jawab untuk memandu jalan sehingga bakian yang dipakai stabil hingga kegaris finis.

5. Engklek

Tapak gunung merupakan salah satu permainan yang dilakukan dengan cara berjalan menggunakan satu kaki pada gambar yang berbentuk kotak di atas tanah. Terdapat berbagai bentuk petak permainan dalam Engklek yaitu seperti bentuk gunung, kincir, huruf L, dan masih banyak lagi.

6. Congklak

Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan seiring berkembangnya zaman, ada permainan congklak yang bisa dimainkan melalui smartphone, contohnya seperti yang terdapat dalam aplikasi Hago.

Permainan dakon atau congklak ini sebenarnya bukan asli dari Indonesia. Melainkan, permainan dibawa oleh pedagang asal Arab yang datang ke Indonesia saat itu.

Aturan dalam permainan ini sangat mudah, yaitu alat yang digunakan untuk bermain coklak berupa tempat lonjong yang terbuat dari plastik, kayu, ataupun tanah.

Pada alat ini dibuat lubang-lubang dengan jumlah hingga 12 lubang. Lubang-lubang tersebut nantinya akan diisi dengan menggunakan kecik (biji sawo), keong bekel atau kerikil.

Para pemain akan mengambil biji congklak dari satu lubang dan membagikannya satu persatu kelubang yang lainnya, tapi tidak dalam lubang ‘tabungan’ milik lawan secara berurutan.

Biji congklak yang terakhir jika jatuh di lubang yang terdapat isinya maka harus dipungut dan di sebarkan lagi. Begitupun sebaliknya, jika biji congklak jatuh di tempat yang tidak ada isinya, maka permainan berhenti dan giliran lawan yang melakukan hal yang sama.

7. Egrang

Macam - Macam Permainan Tradisional

Egrang merupakan sebuah permainan yang menggunakan alat berasal dari bambu. Batang bambu yang dibuat dengan ketinggian tertentu kemudian di pasangi dengan bambu yang ukurannya lebih kecil secara melintang.

Bambu berukuran kecil tersebut berfungsi sebagai tempat pijakan dari orang yang menggunakan egrang. Permainan ini dimainkan dengan cara, seseorang naik diatas egrang dan berjalan menggunakan egrang.

8. Tarik Tambang 

Tarik tambang adalah semacam permainan tim. Di mana dalam permainan tarik tambang ini dibagi menjadi dua tim pemain. Garis tengah dibuat pada tanah dan terdapat seseorang di garis ini yang bertugas sebagai wasit.

Tali tersebut diposisikan di atas garis tengah dan melintang melewati garis tersebut. Masing-masing tim memegang setiap ujung dari tali tersebut dan menariknya secara bersamaan.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Permainan Tradisional?

Permainan Tradisional merupakan segala sesuatu yang dilakukan dan berpegang teguh terhadap adat kebiasaan atau norma yang sudah diterapkan secara turun-temurun.

Bagaimana aturan dalam bermain Lompat Tali?

Aturan dalam permainan dari Lompat Tali ini gampang-gampang susah. Sebab, terdapat dua orang dan masing-masing memegang ujung tali untuk mengatur tinggi tali setinggi lutut. Kemudian, pelompat harus berhasil melompati tali tersebut.

Apa tujuan utama dari melakukan Permainan?

Tujuan utama dari melakukan permainan adalah untuk mendapatkan kesenangan atau untuk menghibur diri dari rasa sedih.

Demikianlah, informasi yang bisa Rumus.co.id berikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan

Related posts: