Macam Macam Norma

Posted on
Macam Macam Norma

Macam Macam Norma – Istilah Norma tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sebab istilah ini sangat sering diucapkan ditengah-tengah lingkungan keluarga dan masyarakat.

Hal tersebut sangat wajar sebab, Norma sangat berhubungan erat dengan kegiatan dan perilaku manusia sehari-hari. Bahkan, dapat dikatakan bahwa Norma ini suatu aturan yang berkalu didalam perbuatan dan juga sikap manusia dalam berinteraksi dengan orang lain.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Norma yang ada dilingkungan masyarakat. Yuk kita simak bersama-sama penjelasan dibawah ini.

Definisi Norma

Norma atau biasa disebut dengan Kaidah, Acuan, Pedoman serta ketentuan untuk Berperilaku dan Berinteraksi antar manusia yang ada dalam suatu golongan masyarakat didalam menjalani kehidupan bersama.

Ketentuan tersebut bersifat mengikat setiap orang yang ada didalam lingkungan bermasyarakat, artinya semua orang yang terlibat diwilayah itu harus menaati semua peraturan yang berlaku.

Namun, secara Etimologi, kata Norma ini berasal dari bahasa Belanda, yaitu dari kata “Norm” yang berarti sebuah acuan, pokok kaidah, atau pedoman dilingkungan masyarakat. 

Baca Juga : Makna Sumpah Pemuda

Tetapi, ada juga yang menyatakan bahwa, istilah Norma ini berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata “Mos” yang berarti sebuah kebiasaan, tata kelakuan, ataupun adat istiadat yang berlaku.

Tujuan Dari Norm

Umumnya Norma ini dibentuk dengan tujuan yang baik bagi setiap anggotanya. Tujuan dari Norma ini yaitu sebagai pedoman, petunjuk, dasar, serta tata tertib bagi setiap anggota masyarakat.

Supaya tetap terjalin dan terciptanya lingkungan masyarakat yang teratur dan tenteram, serta bertujuan untuk mengatur tingkah laku masyarakat tersebut dalam membedakan mana yang baik dan mana yang tidak.

Dengan kita mematuhi semua Norma yang berlaku dilingkungan masyarakat, dapat dikatakan bahwa kita telah menciptakan rasa berbangsa, bernegara serta bermasyarakat yang tertib, aman, nyaman, dan damai.

Karakteristik Dari Norm

Kita semua dapat dengan mudah untuk mengenali Norma yang berlaku dilingkungan masyarakat dengan cara memperhatikan beberapa ciri-cirinya, yaitu sebagai berikut ini :

  • Norma umumnya bersifat mengikat, apabila ada yang melanggar akan mendapatkan sanksi.
  • Umumnya sebuah Norma itu tidak tertulis, namun berbeda dengan Norma Hukum.
  • Setiap anggota dari kelompok masyarakat wajib mematuhi norma-norma yang berlaku.
  • Aturan tersebut dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman.
  • Dapat dikatan sebagai kesepakan bersama dari setiap anggota masyarakat.

Macam Macam Norma

Perlu kalian ketahui, bahwa terdapat beberapa Norma yang berlaku dilingkungan keluarga dan masyarakat, yaitu diantaranya adalah :

1. Religious Norm

Norma Agama adalah ketentuan hidup masyarakat yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa, bahkan didalamnya berisi berupa sebuah perintah-perintah, ajaran dan juga larangan yang sudah ditetapkan oleh Agama.

Perlu kalian ketahui bahwa, Norma ini berasal dari Wahyu Tuhan yang bersifat mendasar serta mewarnai berbagai macam ketentuan yang lainnya.

Contoh dari Religious Norm :

  1. Agama sudah mengajarkan bahwa tidak boleh memakan hak orang lain.
  2. Tidak boleh melakukan tindakan perzinahan.
  3. Agama sudah mengajarkan kepada kita untuk selalu berbuat baik terhadap sesama.

Baca Juga : Isi Perjanjian Saragosa

2. Immoral Norms

Norma Kesusilaan atau Norma Susila adalah aturan kehidupan yang sudah dianggap sebagai suara hati manusia yang sangat berkaitan erat dengan baik atau buruknya tingkah laku seseorang.

Atau dengan kata lain, Norma ini berasal dari moral dan juga hati nurani manusia itu sendiri. Didalam, aturan ini apabila ada yang melanggar sanksi yang diberikan bersifat kurang tegas.

Contoh Dari Immoral Norms :

  • Harus saling menghormati dan menghargai satu sama lain.
  • Jangan berkelahi dan jangan membunuh sesama manusia.
  • Bersikaplah jujur dan adil terhadap sesama.

3. Courtesy Norm

Norma Kesopanan adalah salah satu aturan yang muncul dari hubungan antara manusia yang berada dikelompok masyarakat serta dianggap sangat penting didalam pergaulan masyarakatnya.

Didalam Norma ini terdapat sanksi yang diberikan kepada orang-orang yang melanggar norma ini namun sifatnya masih kurang tegas. Sanksi dari norma kesopanan ini dapat berupa sebuah celaan atau ejekan yang berasal dari orang lain.

Contoh Dari Courtesy Norm :

  1. Menerapkan program 5 S yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan juga Santun didalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Tidak boleh mengeluarkan kata-kata yang kasar yang bersifat menyakiti hati orang lain.
  3. Menghargai dan menghormati orang yang lebih tua.

4. Habitual Norms

Norma kebiasaan adalah salah satu jenis aturan yang berasal dari suatu perbuatan yang diulang-ulang dan dapat diterima oleh masyarakat setempat serta tanpa disadari justru menjadi sebuah kebiasaan.

Didalam Norma ini terdapat sanksi tidak tegas yang akan diberikan kepada orang-orang yang melanggar Norma kebiasaan, dapat berupa celaan, kritikan, bahkan dapat dikucilkan.

Contoh Dari Habitual Norms :

  • Harus menggosok gigi setiap hari agar nafas tetap segar.
  • Mandi dengan teratur yaitu dua kali dalam sehari.
  • Jika habis berpergian jauh bawakan oleh-oleh untuk kerabat.
  • Upacara tedak siti yang dilakukan oleh masyarakat Jawa.

5. Legals Norm

Norma Hukum adalah sebuah peraturan yang dibuat oleh pemerintah atau pejabat yang berwenang, seperti Presiden, Menteri dan lain sebagainya. Norma ini bersifat memaksa yang bertujuan untuk melindungi segenap masyarakatnya.

Contoh Dari Legals Norma :

  • Jika ingin mengendarai kendaraan harus mematuhi peraturan lalulintas, seperti menaati lampu merah, mengikuti rambu-rambu lalu lintas serta membawa SIM dan STNK.
  • Apabila ingin mengendarai sepeda motor dijalan raya harus menggunakan helem.

Manfaat Menaati Norma Didalam Masyarakat

Tidak hanya tujuan saja, tetapi menaati Norma didalam kehidupan sehari-hari memiliki banyak manfaat yang dapat kita rasakan bersama, diantaranya adalah :

  • Bermanfaat dalam menciptakan kehidupan yang aman dan damai.
  • Membantu untuk mencegah munculnya perselisihan dilingkungan keluarga dan masyarakat.
  • Membatasi tingkah laku masyarakatnya agar tidak menyimpang.
  • Sangat bermanfaat untuk menjadikan seseorang agar lebih beriman dan bertaqwa.
  • Bermanfaat untuk membantu seseorang didalam mengendalikan sikap, ucapan dan juga teguran melalui hati nurani.

Baca Juga : Isi Piagam Jakarta

Apa yang dimaksud dengan Norma?

Norma atau biasa disebut dengan Kaidah, Acuan, Pedoman serta ketentuan untuk Berperilaku dan Berinteraksi antar manusia yang ada dalam suatu golongan masyarakat didalam menjalani kehidupan bersama.

Mengapa Nilai dan Norma sangat dibutuhkan oleh masyarakat?

Norma sangat dibutuhkan didalam lingkungan masyarakat karena bertujuan untuk mewujudkan ketertiban dalam lingkungan masyarakat tersebut.

Bagaimana proses dari terbentuknya Norma didalam kehidupan bermasyarakat?

Didalam kehidupan bermasyarakat, manusia dikatakan sebagai makhluk sosial yang memiliki ketergantungan terhadap manusia yang lainnya, mereka hidup dengan cara yang berkelompok-kelompok, baik itu kelompok komunal maupun kelompok materil.

Oleh sebab itu, untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan perselisihan maka masyarakat membuat Norma sebagai pedoman dari perilaku masyarakat dalam menjaga keseimbangan.

Demikianlah penjelasan dari artikel kali ini tentang Macam-Macam Norma dilingkungan bermasyarakat. Semoga membantu dan mejadi wawasan baru unuk kita semua.