Macam Macam Ideologi

Posted on

Hallo sobat Rumus.co.id kesempatan kali ini kami akan menyampaikan pembahasan materi tentang Macam Macam Ideologi dalam bidang dunia – lengkap dengan pengertian, fungsi, jenis, komponen, dan kegunaannya supaya mudah dipahami.

Macam Macam Ideologi – adalah sebauah konservatisme yang muncul sebagai respons terhadap keberadaan liberalisme yang telah mencoba merusak keberadaan masyarakat feodal yang mapan dengan membuat kontra-ideologi.

Langsug saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Ideologi

Macam-Macam-Ideologi

Pengertian Ideologi adalah suatu pemahaman yang dapat mendukung dari berbagai nilai-nilai tradisional dengan melestarikan, dalam kondisi pada pertahan yang berubah di masa depan.

Maka dalam hal ini juga masyarakat dari berbagai individu atau kelompok individu berbeda pada perspektif konservatisme bahwa akan percaya pada masyarakat dan kelompok-kelompok dalam jumlah yang banyak.

Dengan unsur-unsur dalam kebahagiaan yang lebih besar dari apa yang akan dilakukan oleh anggota individu pada masyarakat yang akan menjunjung tinggi demokrasi.

8 Macam Macam Ideologi

liberalisme

1. liberalisme

Ideologi liberalisme adalah sebuah nilai yang dapat menciptakan tatanan dunia yang baik dan maju dengan kebebasan yang harus didasarkan pada kebebasan pada pandangan politik dan agama.

Dengan pemahaman liberalisme terdapat nilai-nilai yang terkandung diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Peluang Setara – adalah sebuah hak yang memilikoi dalam ideologi dengan memegang kepercayaan pada kesempatan yang sama untuk mencapai sesuatu dari setiap individu.

b. Kesetaraan hak – adalah hak yang penting dan yang harus dimiliki setiap orang untuk ideologi dengan memberi pendukung untuk memilih sesuatu masalah dalam politik.

c. Peduli Pemerintah – adalah salah satu nilai dalam melakukan kegiatan yang telah disetujui oleh rakyat dengan menduduki rakyat sebagai pemegang otoritas yang tertinggi.

d. Peran Pemerintah dan Negara – adalah suatu peranan negara yang memiliki fungsi sebagai regulator dalam penasihat dan dapat menetapkan berbagai aturan yang diikuti oleh warga negara mereka.

2. Sosialisme

Sosialisme adalah salah satu konsep yang hampir sama dengan ideologi komunisme sehingga hal ini memiliki prinsip dengan memprioritaskan kepemilikan semua hak milik individu.

Istilah sosialisme akan berpengaruh pada setiap kalangan di dunia yang akan mendapatkan kritik terhadap kaum kapitalis dengan menekan kaum buruh dan tani.

Baca Juga: Teknik Pengumpula Data

3. Kapitalisme

Ideologi kapitalisme adalah sebuah keyakinan pada setiap pemilik modal yang dapat melakukan berbagai upaya untuk mencapai keuntungan yang maksimal.

Dalam hal ini maka pemerintah hanya memiliki tugas untuk memantau seluruh pekerjaan rakyatnya yang berkomitmen terhadap kapitalisme.

4. Konservatif

Konservatif adalah sebuah pemahaman yang mengandung beberapa elemen yang penting dan yang harus hadir dalam membentuk kepercayaa pada negara adalah sebagai berikut:

  • Filsafat – adalah salah satu perubahan yang tidak selalu dalam kemajuan dengan perubahan yang terjadi dalam struktur sosial-politik negara.
  • Inti pemikiran – adalah mempertahankan kondisi dalam menjaga stabilitas yang dinamis.
  • Dasar pemikiran – adalah setiap orang pada dasarnya lemah dan memiliki naluri yang buruk pada mereka.
  • Suatu sistem – adalah sebuah peraturan dari pemerintahan antara demokratis dan otoriter.

5. Pancasila

Pancasila adalah sebuah ideologi kesatuan Republik Indonesia yang berarti prinsip yang terjadi di masyarakat yang sebenarnya akan kembali ke pangkalan negara Indonesia.

Karena pancasila memiliki elemen dalam pendirian negara, dan memiliki karakteristik tingkat kehidupan yang tertinggi bagi bangsa dan negara, dengan mewujudkan prinsip-prinsip spiritualitas.

Beberapa fungsi dari ideologi ini, yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai kekuatan dalam menyampaikan antusiasme dan motivasi dalam hidup dan akan mencapai tujuan pada komunitas, bangsa dan negara.
  • Dapat mengisi kehidupan manusia secara individu.
  • Membuat kekuatan generasi yang lebih muda dan dapat berlanjut dalam harmoni kedamaian.

6. Fasisme

Fasisme adalah sebuah pemahaman politik yang akan memperluas kekuasaan tanpa adanya demokrasi dalam nasionalisme yang fanatik dan otoriter.

Kata fasisme juga memiliki simbol kekuatan pejabat pemerintah dengan negara-negara yang pernah memberikan berkomitmen dalam bangsa.

7. Marxisme

Marxisme adadalah sebuah pemahaman dalam komponen tahun 1917, yang didasari dalam Marxisme adalah.

  • Filsafat dialektika dan materialisme historis.
  • Sikap terhadap masyarakat dan kapitalis yang didasarkan pada teori dengan nilai-nilai.
  • Terkait dalam teori negara yang dikembangkan sebagai konsep perjuangan dalam komunitas.

Baca Juga: Nilai Nilai Demokrasi

8. Komunisme

Komunisme adalah salah satu ideologi yang hebat dan dapat digunakan oleh beberapa negara di dunia dari tokoh-tokoh yang dalam fokus membentuk ideologi ini.

Dalam hal ini juga dapat digunakan untuk memperjuangkan hak-hak semua bidang sosial dalam masyarakat tanpa memiliki nama yang berbeda yang telah membawa ideologi ke dunia.

Sekian sobat yang dapat Rumus.co.id sampaikan pembahasn tentang Macam Macam Ideologi, besar harapan kami materi ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: