Macam – Macam Enzim

Posted on

Macam – Macam Enzim – Enzim ini sangat berkaitan erat dengan berbagai macam bentuk proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh dari suatu organisme. Sebab, proses Metabolisme tubuh tidak akan sempurna apabila tidak ada enzim.

Macam - Macam Enzim

Meskipun di seluruh tubuh manusia atau organisme lainnya memiliki Enzim, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui arti Enzim yang sebenarnya.

Hai, para readers setia yang belum mengetahui tentang Enzim, jangan khawatir yaaa, sebab website tercinta kalian ini akan menjelaskannya kepada kalian secara rinci. Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini…

Definisi dari Enzim

Enzim merupakan suatu biomolekul yang bekerja di bidang katalis atau dalam bentuk senyawa kimia, yang tugasnya adalah mempercepat proses reaksi tanpa menyelesaikan reaksi yang terdapat di dalam reaksi kimia.

Hampir seluruh enzim yang ada di dalam tubuh organisme merupakan protein. Dalam suatu reaksi yang dikatalisis oleh suatu enzim, molekul awal reaksi disebut substrat dan enzim yang mengubah molekul menjadi beberapa molekul, disebut produk.

Hampir semua proses biologis sel membutuhkan peran enzim agar dapat berlangsung dengan cepat. Enzim umumnya akan bertindak dengan cara melekat pada permukaan molekul zat yang bereaksi dan dengan begitu maka proses reaksi akan semakin cepat.

Sifat – Sifat Dari Enzyme

Enzyme memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja sifat-sifat yang dimiliki oleh Enzyme, yaitu sebagai berikut :

  • Protein, sifat yang dimiliki oleh protein sama seperti Enzyme, akan tetapi sifat yang dimiliki oleh enzim tidak berlaku terhadap protein. Sebab, secara tak langsung bahwa jumlah dari protein yang terdapat di dalam sel terdiri dari enzim.
  • Katalis, sifat katalis ini biasanya akan merubah laju dari reaksi kimia tanpa harus ikut untuk bereaksi, yang berfungsi untuk meningkatkan kondisi yang biasa saja, misalnya seperti dari tekanan, suhu dan juga pH.
  • Aktif, sifat aktif ini artinya Enzim bisa berperan untuk mengaktifkan molekul yang mana mulanya hanya berupa sebuah substrat yang bisa meningkatkan energi kinetiknya.
  • Spesifik, artinya sebuah enzim hanya bisa mengikat substrat tertentu saja, yang mana hal ini hanya terjadi pada molekul ataupun senyawa yang diikat saja.

Baca Juga :
Mutasi Gen Adalah
Sistem Ekskresi Pada Manusia
Macam – Macam Vitamin

Struktur Pada Enzyme

Secara umum, Struktur yang terdapat pada enzim ini dibagi menjadi dua, yaitu diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Apoenzim, merupakan komponen utama dari enzim, dimana bagian aktif dari enzim ini terdiri dari protein yang tidak stabil, sehingga sangat mudah untuk dimodifikasi. Apoenzim juga menentukan fungsi dari enzim biokatalis itu sendiri.
  • Kofaktor, merupakan sebuah enzyme yang terdiri dari molekul organik dan juga anorganik. Contoh dari molekul organik yaitu vitamin, sedangkan untuk non organik yaitu ion logam (Fe+2, Mn+2).

Macam – Macam Enzim

Secara umum, di dalam tubuh suatu organisme memiliki berbagai macam Enzyme berdasarkan dengan hal-hal yang mendasarinya, yaitu sebagai berikut :

1. Jenis Enzyme Berdasarkan Tempat Bekerja

Pada bagian ini, Enzyme dibagi menjadi dua macam, yaitu :

  • Endoenzim, merupakan salah satu enzyme dalam tubuh yang bekerja di dalam sel.
  • Eksoenzim, merupakan salah satu enzyme dalam tubuh yang bekerja di luar sel.

2. Jenis Enzyme Berdasarkan Dengan Cara Terbentuknya

Pada bagian ini, Enzyme dibagi menjadi dua macam, yaitu :

  1. Constitutive Enzymes, merupakan salah satu enzim yang mana jumlahnya sangat dipengaruhi oleh sebuah kadar molekul mulanya (substrat).
  2. Adaptive Enzymes, merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang mana pembentukannya disimulasikan oleh adanya substrat.

3. Jenis Enzyme Berdasarkan Dengan Proses Metabolismenya

Pada bagian ini, Enzyme dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :

  • Catalase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang memiliki sifat antioksidan.
  • Oxidase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk mempercepat proses penggabungan sebuah ikatan oksigen (O2) yang terjadi pada substrat tertentu.
  • Carboxylase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk mengubah sebuah asam organik secara bolak balik.
  • Hydrolase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk meningkatkan ataupun mengurangi kadar air (H2O) dari senyawa yang bersifat spesifik tertentu.
  • Dehydrogenase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk memindahkan hidrogen dari suatu molekul atau dari zat ke zat lainnya.
  • Desmolase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang terdiri dari oksidase dan juga reduktase, yang mana berfungsi untuk membantu proses penggabungan ataupun pemindahan dari ikatan karbon.
  • Trans Phosphorylase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk memindahkan H3PO4 dari satu molekul atau zat ke molekul atau zat lainnya dibantu dengan ion magnesium (Mg2+).
  • Peroxidase Enzyme merupakan salah satu enzim oksidoreduktase dalam tubuh yang terdiri dari protein heme yang terdapat dalam organisme prokariotik dan juga eukariotik

4. Jenis Enzyme Berdasarkan Dengan Proses Dikatalisis

Pada bagian ini, Enzyme dibagi menjadi beberapa macam, yaitu :

  1. Carbohydrase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk mengkatalisis proses pemecahan karbohidrat.
  2. Protease Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk mengkatalisis pemecahan rantai protein yang terjadi dalam tubuh.
  3. Esterase Enzyme merupakan salah satu enzim dalam tubuh yang berfungsi untuk mengkatalisis pemecahan rantai ester.

F.A.Q

Enzim berfungsi untuk apa?

Secara umum, Enzim berfungsi untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh supaya menjadi zat yang lebih mudah untuk diserap ataupun dicerna oleh tubuh organisme.

Enzim apa saja yang terdapat dalam Lambung?

1. Renin Enzyme, adalah enzim yang berfungsi untuk merubah kaseinogen menjadi kasein.
2. Pepsin Enzyme, adalah enzim yang mengubah protein menjadi pepton, protein, dan polipeptida.
3. Lipase Enzyme, adalah enzim yang mengubah trigliserida menjadi asam lemak.

Contoh enzim dari Carbohydrase Enzyme?

Dalam Carbohydrase Enzyme terdapat beberapa contoh enzim lainnya, yaitu Pektinase, Maltase, Selulose, Laktose, Sukrose dan jug Amilase.

Cukup sekian dari ulasan yang disampaikan oleh Rumus.co.id kali ini. semoga membantu para readers yang untuk mempelajarinya..

Related posts: