Macam – Macam Demokrasi

Posted on

Macam – Macam Demokrasi – Istilah Demokrasi umumnya berasal dari kata demokratia yaitu sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani. Demokrasi sendiri berarti sebuah kekuasaan rakyat.

Macam - Macam Demokrasi

Namun secara umum, istilah demokrasi terdiri dari dua kata, yaitu kata Demos dan Kratos, dari masing-masing kata tersebut memiliki arti rakyat dan juga kekuasaan atau kekuatan.

Di dalam negara yang ada di berbagai belahan dunia pasti memiliki sistem demokrasi yang digunakan dalam pemerintahannya.

Untuk memudahkan para pembaca mengetahui macam-macam bentuk Demokrasi yang digunakan. Pada pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan men-jabarkan tentang macam-macam Demokrasi. Yuk simak pembahasannya…

Ciri – Ciri Dari Demokrasi

Dalam sistem pemerintahan, sebuah Negara dapat dianggap berhasil dalam upaya menerapkan Demokrasi pada sistem pemerintahannya, jika terdapat beberapa ciri dari demokrasi yang diterapkan dalam pemerintahannya.

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri yang terdapat di dalam sistem Demokrasi, yaitu diantaranya adalah :

1. Semua Ketentuan yang Ada Ditentukan oleh Pemerintah

Segala sesuatu yang berhubungan dengan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah umumnya harus berlandaskan dengan aspirasi serta kepentingan dari setiap warga negaranya.

Jadi, hal ini tidak hanya berlandaskan dengan kepentingan pribadi maupun kelompok saja. Sehingga diharapkan hal ini dapat mencegah korupsi di negara yang semakin merajalela.

2. Menyelenggarakan Kegiatan Pemilu

Di dalam sistem pemerintahan Demokrasi, suatu negara harus menyelenggarakan pesta rakyat secara berangsur-angsur, sehingga perwakilan atau pemimpin yang dipilih dapat berfungsi sebagai pelaksana dari roda pemerintahan dengan baik.

3. Mempunyai Perwakilan Rakyat

Dengan menerapkan sistem demokrasi ini, suatu negara telah membentuk sebuah lembaga kerakyatan. Seperti di Indonesia, ada badan legislatif yang disebut dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sehingga berbagai macam masalah yang dialami suatu negara, baik itu dalam hal kekuasaan serta kedaulatan rakyat akan diwakilkan oleh anggota dewan. Sebab, mereka sudah dipilih melalui pemilu.

4. Menerapkan Sistem Kepartaian

Partai politik umumnya berperan sebagai media atau medium untuk menerapkan sistem demokrasi di suatu negara. Dengan adanya partai politik, maka rakyat bisa mencalonkan dirinya agar dipilih sebagai wakil dari penerus aspirasi.

Sehingga pemerintah dapat mewujudkan semua keinginan serta kepentingan dari setiap warganya.

Macam – Macam Demokrasi Dalam Negara

Terdapat berbagai macam bentuk sistem Demokrasi yang diterapkan dalam berbagai negara yang ada di belahan dunia. Namun, demokrasi tersebut dibedakan berdasarkan beberapa faktor.

Berikut ini, berbagai macam bentuk dari sistem Demokrasi yang diterapkan oleh negara-negara yang ada di dunia ini, yaitu sebagai berikut :

1. Bentuk Demokrasi Atas Penyaluran Dari Kehendak Rakyat

Secara umum, bentuk dari demokrasi yang berdasarkan dengan penyaluran kehendak rakyat bisa digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu sebagai berikut :

  • Direct Democracy (Demokrasi Langsung), merupakan salah satu sistem demokrasi yang setiap warga negaranya terlibat secara langsung serta aktif di dalam proses pengambilan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintahan.
  • Indirect Democracy (Demokrasi tidak langsung), artinya dalam sistem demokrasi walaupun kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Namun, kewenangan politik dari setiap warga umumnya dilakukan secara tidak langsung atau melalui perwakilan rakyat.

Baca Juga :
Prinsip Demokrasi Pancasila
Ciri – Ciri Demokrasi
Demokrasi Liberal : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Latar Belakang

2. Bentuk Demokrasi Atas Prinsip-Prinsip Ideologi

Dalam sistem demokrasi yang diterapkan pada suatu negara berdasarkan dengan prinsip-prinsip ideologi dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Liberal Democracy (Demokrasi Liberal), adalah bentuk demokrasi di mana hak-hak individu dari setiap masyarakat dihormati dan setiap individu diberi kebebasan untuk mengekspresikan aspirasinya. Demokrasi liberal ini juga disebut demokrasi konstitusional, di mana pemerintah berkewajiban melindungi hak-hak individu dari warganya, sebagaimana diatur dalam UUD.
  • People’s Democracy (Demokrasi Rakyat), adalah bentuk demokrasi yang diimplementasikan atas dasar pemahaman sosialis atau komunis, dimana pada sistem demokrasi ini kepentingan negara dan kepentingan bersama menjadi lebih diutamakan dibandingkan dengan kepentingan pribadi.
  • Democracy of Pancasila (Demokrasi Pancasila), adalah bentuk demokrasi yang diterapkan berdasarkan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Sistem demokrasi Pancasila ini, umumnya didasarkan pada kesepakatan bersama yang lebih mengutamakan kepentingan publik.

3. Bentuk Demokrasi Atas Dasar Hubungan antara Kelengkapan Negara

Dalam sistem demokrasi yang diterapkan pada suatu negara berdasarkan dengan hubungan antara kelengkapan negara dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Representative Democracy with Referendum System

Demokrasi Perwakilan adalah bentuk demokrasi yang mana setiap warga negaranya akan dilibatkan dalam kegiatan untuk memilih para wakil mereka di parlemen.

Namun, rakyat mempunyai kendali terhadap parlemen tersebut melalui sistem referendum. Sistem referendum merupakan sebuah sistem pemungutan suara yang dilaksanakan untuk mengetahui keinginan dari setiap rakyatnya secara langsung dan juga menyeluruh.

2. Representative Democracy with Parliamentary Systems

Demokrasi Perwakilan beserta Sistem Parlementer yaitu salah satu bentuk demokrasi yang mana pemerintah pada lembaga Eksekutif mempunyai hubungan yang sangat erat dengan badan perwakilan rakyat dalam lembaga Legislatif.

Dimana pemerintah melaksanakan program yang sudah disetujui dengan lembaga perwakilan rakyat.

3. Representative Democracy with a System of Separation of Powers

Demokrasi Perwakilan bersama Sistem Pemisahan Kekuasaan yaitu salah satu bentuk demokrasi di mana kekuasaan yang terjalin antara Lembaga Eksekutif dengan Lembaga Legislatif berada di tempat yang terpisah.

Hal ini berarti, bahwa kedua lembaga tersebut tidak berhubungan secara langsung seperti halnya dalam demokrasi parlementer.

4. Representative Democracy with a Referendum System and People’s Initiative

Demokrasi Perwakilan bersama dengan Referendum System ini adalah bentuk demokrasi yang mengkombinasikan antara sistem demokrasi representatif dengan sistem demokrasi secara langsung.

Namun, dalam sistem demokrasi ini masih terdapat badan perwakilan yang dikendalikan oleh rakyat melalui sistem referendum yang bersifat obligator dan juga fakultatif.

F.A.Q

Demokrasi Adalah?

Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana semua orang memiliki hak dan peluang yang sama untuk berkontribusi pada keputusan yang dapat mempengaruhi kehidupan mereka.

Tujuan dari Demokrasi adalah

Demokrasi bertujuan untuk untuk memberikan setiap orang kebebasan untuk memilih dan juga mengekspresikan pendapat mereka di dalam konsultasi. Sehingga suatu keputusan dapat dibuat secara adil agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Unsur – Unsur dalam sistem Demokrasi terdiri dari?

1. Partisipasi masyarakat dalam kehidupan kenegaraan.
2. Ada kebebasan.
3. Aturan hukum
4. Pengakuan kesetaraan kewarganegaraan.
5. Pengakuan dominasi sipil atas militer.

Ulasan di atas merupakan penjelasan ringkas tentang Macam – Macam Demokrasi yang digunakan oleh negara-negara yang ada di belahan dunia. Semoga ulasan tersebut bermanfaat.