Macam – Macam Bakteri Baik

Posted on

Macam – Macam Bakteri Baik – Ketika kita mendengar kata bakteri, maka kebanyakan dari kita pasti segera mengidentifikasinya sebagai sesuatu yang mengerikan dan juga berbahaya.

Macam - Macam Bakteri Baik

Ya, sejak dulu bakteri memang mempunyai reputasi yang sangat buruk di mata masyarakat, dan hal ini bukanlah tanpa alasan. Sebab, bakteri adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit yang cukup serius.

Mulai dari tipes, pneumonia, TBC, bahkan hingga meningitis. Akan tapi, tak semua bakteri melulu dapat merugikan tubuh manusia. Sebab, sebenarnya terdapat beberapa macam bakteri yang memiliki peran baik bagi kesehatan.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya lagi, mari kita kenali lagi lebih jauh mengenai bakteri baik dan juga fakta-fakta lainnya supaya kita tidak seterusnya salah paham.

Mengenal Bakteri Lebih Jauh

Bakteri tidak semuanya merugikan, sebab bakteri ada yang bersifat menguntungkan bagi kesehatan. Secara umum, bakteri mempunyai ciri khusus yang dapat membedakannya dengan mikroorganisme lainnya.

Bakteri merupakan sebuah organisme yang bersifat uniseluler dan juga prokariotik serta tidak mempunyai klorofil dan memiliki ukuran yang sangat mikroskopis.

Berdasarkan dengan bentuknya bakteri dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu Coccus yang memiliki bentuk bulat, Bacillus yang memiliki bentuk seperti sebuah ranting pohon, Spirochete yang memiliki bentuk spiral, serta Vibrio yang memiliki bentuk seperti koma.

Bakteri yang bersifat menguntungkan umumnya dikenal dengan sebutan “Probiotik”. Sedangkan, bakteri yang berperan dalam membantu tugas probiotik agar dapat berfungsi dengan baik dikenal dengan sebutan “Prebiotik”.

Macam – Macam Bakteri Baik

Tubuh manusia adalah rumah bagi sekitar 10 triliun bakteri baik. Sebagian besar bakteri ini ditemukan di saluran pencernaan, yang berfungsi untuk membantu tubuh mencerna makanan dan menyerap nutrisi dengan baik.

Bakteri baik ini juga berperan untuk membantu tubuh dalam melawan bakteri jahat dari penyebab berbagai macam penyakit. Lalu, apa saja macam – macam bakteri yang bersifat menguntungkan bagi tubuh manusia, yaitu :

Macam - Macam Bakteri Baik

1. Lactobacillus Acidophilus

Lactobacillus Acidophilus termasuk kedalam salah satu jenis dari bakteri yang menguntungkan bagi tubuh. Probiotik ini sering digunakan untuk mengobati infeksi yang terjadi di vagina, di mana infeksi disebabkan oleh bakteri jahat, dan diberikan oleh dokter secara supositoria.

Selain untuk mengatasi infeksi, Lactobacillus acidophilus ini juga biasanya dikonsumsi dalam bentuk pil guna mencegah dan juga menangani diare. Jika dalam makanan, bakteri ini dapat kita jumpai dalam makanan berbahan dasar kedelai yang difermentasikan, seperti miso dan juga tempe.

2. Lactobacillus Rhamnosus GG

Lactobacillus rhamnosus GG adalah bakteri baik yang digunakan untuk mengatasi diare wisatawan, yaitu salah satu jenis diare yang sering dialami oleh para wisatawan.

Bakteri baik ini juga dapat digunakan untuk mengatasi diare yang diakibatkan oleh bakteri Clostridium Difficile atau diare yang diakibatkan oleh antibiotik.

Selain penyakit diare, Lactobacillus rhamnosus GG juga merupakan bakteri yang berguna karena dapat mencegah eksim yang terjadi pada bayi.

3. Lactobacillus Salivarius

Lactobacillus salivarius adalah salah satu Probiotik yang dipercaya bisa membantu untuk menghambat terjadinya pertumbuhan Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri H. pylori merupakan suatu bakteri yang dapat memicu terjadinya penyakit tukak lambung.

4. Lactobacillus Plantarum

Bakteri Lactobacillus plantarum merupakan salah satu probiotik menguntungkan yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh guna melawan berbagai macam infeksi bakteri dari penyebab penyakit, seperti Pneumonia dan juga TBC.

Baca Juga :
Fungsi Lisosom
Daur Fosfor
Proses Fotosintesis – Reaksi, Hasil, Rumus, Faktor yang Mempengaruhi

5. Bifidobacterium Bifidum

Bakteri yang menguntungkan tubuh manusia yang satu ini bisa membantu untuk melawan bakteri jahat. Menurut penelitian, Bifidobacterium bifidum juga berfungsi untuk meredakan gejala IBS (irritable bowel syndrome), yaitu penyakit kronis yang terjadi pada usus besar.

Apabila digabungkan dengan Lactobacillus Acidophilus, maka probiotik Bifidobacterium bifidum akan sangat berpotensi untuk mengatasi terjadinya eksim pada bayi baru lahir.

6. Bifidobacterium Infantis

Bifidobacterium infantis adalah salah satu bakteri baik atau probiotik yang juga dipercaya sebagai bakteri yang dapat memberikan keuntungan bagi manusia dengan cara membantu untuk meringankan gejala IBS, termasuk perut kembung dan juga sakit di bagian perut.

7. Bifidobacterium Lactis

Bifidobacterium lactis adalah salah satu bentuk Bakteri yang menguntungkan bagi tubuh ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang terjadi pada wanita, dan juga pada orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 2.

8. Bifidobacterium Breve

Bifidobacterium breve adalah salah satu Bakteri menguntungkan yang dapat hidup di bagian saluran pencernaan dan juga vagina. Di kedua lokasi tersebut, bakteri ini bisa mengatasi bakteri dari penyebab infeksi maupun jamur.

Breve juga dapat membantu tubuh manusia untuk menyerap nutrisi dengan cara memfermentasi gula. Selain itu, ia juga bisa memecah serat tumbuhan sehingga membuatnya mudah untuk dicerna.

9. Bifidobacterium Animalis

Bakteri baik yang satu ini berperan untuk membantu kinerja dari saluran pencernaan untuk melawan berbagai macam bakteri jahat yang terbawa pada makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Tidak hanya itu saja, bakteri baik yang menguntungkan bagi tubuh manusia ini juga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

10. Streptococcus Thermophilus

Probiotik Streptococcus thermophilus ini dapat memproduksi enzim laktase yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk mencerna gula dengan baik yang terdapat pada susu serta produk olahan susu yang lainnya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bakteri yang menguntungkan bagi tubuh ini juga dapat digunakan untuk mencegah intoleransi laktosa.

F.A.Q

Apa itu Bakteri?

Bakteri merupakan sebuah organisme yang bersifat uniseluler dan juga prokariotik serta tidak mempunyai klorofil dan memiliki ukuran yang sangat mikroskopis.

Jika dilihat berdasarkan bentuknya, Bakteri diklasifikasikan menjadi?

Berdasarkan dengan bentuknya bakteri dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu Coccus yang memiliki bentuk bulat, Bacillus yang memiliki bentuk seperti sebuah ranting pohon, Spirochete yang memiliki bentuk spiral, serta Vibrio yang memiliki bentuk seperti koma.

Apa saja makanan yang mengandung Bakteri Baik?

1. Tempe
2. Keju
3. Yogurt
4. Coklat
5. Kimchi, dan lainnya.

Demikianlah referensi yang dapat Rumus.co.id berikan untuk para readers setia. Semoga bermanfaat yaa….

Related posts: