Macam – Macam Alat Ukur

Posted on

Macam – Macam Alat Ukur dan Fungsinya – Mungkin Anda sudah tidak asing dengan beberapa alat pengukur berikut ini seperti penguasa, termometer, timbangan, dan lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

Macam - Macam Alat Ukur

Alat-alat tersebut sering digunakan setiap hari, terutama jika Anda merupakan seorang pelajar dan peneliti. Alat ukur merupakan sebuah instrumen yang harus diketahui.

Karena dengan keberadaan dari alat pengukur tersebut, kita dapat melakukan pekerjaan dengan lebih mudah serta dapat menentukan bagaimana nilai objek yang diukur.

Namun, sebenarnya apa sih alat ukur itu? Bagaimana fungsinya? Untuk mengetahui hal-hal tersebut, yuk kita simak penjabarannya dibawah ini.

Definisi Alat Ukur

Alat ukur (measuring tool) sering diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menentukan nilai dari suatu objek pengukuran. Baik itu ukuran nilai atau kondisi komponen yang akan diukur.

Measuring instrument itu sendiri sering dipakai untuk menentukan nilai presisi objek atau komponen yang diukur untuk mendapatkan nilai kuantitatif dari objek tersebut.

Nilai hasil pengukuran dapat digunakan sebagai data pengukuran untuk studi atau nilai-nilai data hasil pengukuran dapat digunakan sesuai dengan bidang yang akan diproses.

Baca Juga :
Pengertian Suhu, Rumus dan Alat Ukurnya
Tekanan Gas – Pengertian, Hukum, Rumus, Alat Ukur Dan Contohnya
Dioda Zener – Pengertian, Rumus, Karakteristik, & Cara Mengukur

Fungsi Dari Adanya Alat Ukur

Fungsi dari alat ukur itu sendiri sangat berbeda, tergantung dari masing-masing alat ukur itu sendiri. Secara umum alat pengukur mempunyai fungsi untuk mengukur hal-hal seperti benda, berat, jarak, tegangan, suara dan masih banyak lagi.

Dengan memakai alat-alat pengukur tersebut, maka akan membuat pekerjaan yang sedang dikerjakan menjadi lebih fleksibel, efektif, lebih cepat atau bahkan menjadi lebih tepat.

Macam – Macam Alat Ukur Dan Fungsinya

Berikut ini terdapat beberapa daftar alat ukur yang dibedakan berdasarkan kegunaannya, yaitu sebagai berikut :

Macam - Macam Alat Ukur

1. Alat Untuk Mengukur Panjang

Jika dilihat berdasarkan untuk mengukur panjang, maka alat ukur dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Mistar, adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang serta untuk membantu seseorang menggambar sesuatu guna menghasilkan garis lurus. Umumnya mistar dibagi menjadi dua bentuk yaitu segitiga dan lurus.
  • Meteran, adalah alat ukur yang biasanya digunakan dalam pengukuran bangunan, seperti kursi, meja, tembok bangunan dan masih banyak lagi. Ketelitian yang terdapat pada alat ukur rollmeter ini bisa mencapai 0,5 mm.
  • Jangka Sorong, merupakan salah satu jenis alat ukur yang mempunyai ketelitian paling rinci yaitu bisa mencapai seperseratus millimeter. Secara umum, Jangka serong ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu geser (sorong) dan juga rahang tetap.
  • Mikrometer Sekrup (Ulir), merupakan sebuah alat ukur yang mempunyai tingkat akurasi sangat tinggi serta mempunyai presisi yang tinggi. Dimana, mikrometer ini bisa mengukur suatu benda yang memiliki ketelitian hingga 0,01 mm.

2. Alat Untuk Mengukur Massa

Jika dilihat berdasarkan untuk mengukur massa, maka alat ukur dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Neraca Ohaus, merupakan salah satu jenis alat ukur massa yang memiliki ketelitian hingga 0,1 gram dan dibedakan menjadi 3 skala. Pada skala yang pertama menggunakan ratusan gram. Pada skala kedua menggunakan puluhan gram, sedangkan pada skala ketiga menggunakan satuan gram.
  2. Spring Balance, dalam kehidupan sehari-hari mungkin kalian sering menyebutnya sebagai dynamometer. Di mana alat pengukur ini digunakan di laboratorium fisika karena alat ini sangat sederhana dan efektif untuk mengukur massa benda yang lebih ringan.
  3. Digital Balance, adalah alat pengukur massa otomatis yang hasilnya dapat diperoleh secara akurat dan praktis. Penggunaannya pun sangat sederhana, yaitu hanya dengan meletakkan objek di atasnya. Maka, hasil dari massa objek tersebut akan muncul pada layar digital yang tersedia.

3. Alat Untuk Mengukur Waktu

Jika dilihat berdasarkan untuk mengukur waktu, maka alat ukur dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Stopwatch, adalah alat pengukur waktu yang digunakan untuk mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu kegiatan, misalnya untuk mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang yang berada di Kota B untuk sampai di Kota C.
  • Jam Pasir, merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk mengukur seberapa lamanya waktu, dengan cara mengisi salah satu tabung dengan pasir dan pasir tersebut akan berpindah ke tabung yang satunya lagi melalui lubang kecil.

4. Alat Untuk Mengukur Listrik

Jika dilihat berdasarkan untuk mengukur listrik, maka alat ukur dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Amperemeter, adalah salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur kekuatan arus listrik dengan cara bolak-balik atau arus searah dalam rangkaian tertutup. Umumnya amperemeter dipasang berdampingan dengan elemen listrik.
  • Voltmeter, merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur seberapa besar tegangan listrik dari sebuah rangkaian tertutup. Secara umum, voltmeter ini dipasang secara paralel dimana letak komponennya diukur pada sebuah rangkaian.
  • Ohmmeter, merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur hambatan listrik dalam sirkuit tertutup atau daya yang dipakai untuk menahan aliran arus dalam sebuah konduktor. Ukuran dari suatu hambatan listrik yang diukur dengan ohmmeter dinyatakan dalam satuan ohm.
  • Wattmeter, merupakan alat ukur untuk mengukur daya listrik atau kecepatan pasokan energi dalam satuan watt untuk rangkaian atau sirkuit apa pun. Bentuk alat ini sangat sederhana. Anda bisa membaca daya listrik di sirkuit dengan jarum yang ada di layar wattmeter digital.
  • KWH Meter, adalah alat yang umumnya digunakan oleh PLN untuk menghitung jumlah listrik yang digunakan oleh pelanggan. Alat ini sangat mudah ditemukan, terutama di rumah-rumah penduduk.

F.A.Q

Apa yang dimaksu dengan Alat Ukur?

Alat ukur (measuring tool) sering diartikan sebagai alat yang digunakan untuk menentukan nilai dari suatu objek pengukuran. Baik itu ukuran nilai atau kondisi komponen yang akan diukur.

Alat yang digunakan untuk mengukur suhu, yaitu?

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu, yang menggunakan sifat termometrik suatu zat, khususnya perubahan sifat zat yang disebabkan oleh perubahan suhu zat tersebut.

Macam-macam alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya, yaitu?

Alat yang digunakan untuk mengukur intensitas cahaya yaitu Lux Meter, Gonifotometer, dan juga Spektrofotometer.

Nah, demikianlah informasi yang bisa saya berikan mengenai Alat Ukur beserta dengan fungsinya, semoga bermanfaat.