Lompat Jauh

Posted on

Lompat Jauh – Baiklah sobat bertemu lagi ya dalam artikel kami di Rumus.co.id, kali ini penulis akan membahas tentang ilmu penjas ya itu tentang olah raga di mana yang akan kami bahas adalah tentang artikel, makalah, pengertian, teknik, gaya, sejarah, peraturan, tujuan, dan lapangan lompat jauh.

Olah raga merupakan aktifitas yang membuat tubuh kita sehat karena dengan berolah raga akan mengeluarkan keringat sehingga ion yang ada pada tubuh akan berkurang dan membakar lemak-lemak yang terdapat pada tubuh sekaligus bakteri-bakteri jahat yang ada dalam tubuh manusia.

Nah sobat supaya kita dapat memahami pembahasan kami tentang Lompat jauh langsung saja simak pembahasan di bawah ini :

Pengertian Lompat Jauh Adalah

Lompat Jauh Merupakan salah satu olah raga di mana seorang akan melakukan jumper atau dengan kata lain melompat kejauhan, dalammelakukan olah raga ini harus memiliki beberapa tehnik dan keterampilan yang khusus karena untuk mengolah kecepatan. Lompat jauh adalah bentuk olah raga yang bersifat melatih kekuatan badan dan melatih dalam kebugaran, sehingga dalam melakukan pendaratan akan lebih mudah mencpai titik finis.

Olah raga ini memang tidak mudah untuk di lakukan setiap orang karena dalam melkukan nya sangat banyak sekali tehnik dan cara gerakan yang di lakukan sehingga dengan mudah dalam melakukannya, secara teori olah raga ini memang mudah dipraktikkan, karena hal ini di lakukan kecermatan dan perhitungan seorang dalam melakukan jumper.

Baca Juga : Lempar Lembing

Sejarah Lompat Jauh

Olah raga lompat jauh telah berdiri sejak dahulu pada tahun 1868 sehingga sampai sekarang ini olah raga ini masih banyak peminat nya, dan hampir semua negara memiliki Atlit-atlit dalam melakukan Olympiade pertandingan.

Pertandingan ini biasa nya diorganisir pada lapangan yang luas sekitar 400m karena untuk melakukan nya hampir semua acara memakai tempat di dalam lapangan dan dalam event Olimpiade internasional kejuaraan beberapa pertandingan kejuaraan Eropa, sehingga Olah raga tersebut mempunyai tampilan tinggi selama kejuaraan besar pada Olimpiade.

Teknik / Gaya Lompat Jauh

Gambar Teknik Lompat Jauh
Gambar Teknik Lompat Jauh

Dalam melakukan olah raga lompat jauh pastinya memiliki beberapa pariasi teknik sehingga dengan mudah untuk melakukan gerakan olah raga ini.

Salah satu teknik atau gaya lompat jauh adalah sebagai berikut :

A. Awalan

Pada tahapan awal ini dari posisi titik star hal yang haru benar – benar di jaga adalah keseimbangan tubuh dan posisi badan yang benar, sehingga saat memulai dalam melakukan lompatan akan terlihat dengan mudah untuk melakukan lintasan jumper dalam lompatan. Awalan ini merupakan titik penentuan dalam memperkirakan antara jarak star dan jarak saat finis dalam melakukan lompatan.

B. Tolakan / Lompatan

Ketika melakukan lompatan hal yang harus kita lakukan adalah melakukan perhitungan yang sangat sempurna sehingga sulit untuk melakukannya dalam melakukan lompatan sangat deperlukan kecepatan dan posisi kaki harus benar-benar pada posisi yang pas.

C. Posisi Tubuh ketika Di Udara

Posisi tubuh adalah termasuk gaya utama dalam melakukan perlombaan sehingga pada posisi jongkok dan posisi berjalan akan mendapatkan keseimbagan tubuh, biasanya dalam melakukan ini akan kehilangan kesadaran karena dalam melompat pasti akan kehilangan keseimbangan tubuh.

D. Pendaratan

Dalam melakukan pendaratan kedua kaki dan tubuh harus menjaga keseimbangan yang baik sehingga tidak jatuh dalam melakukan pendaratan.

Cara melakukannya Lompat Jauh

  • Secara bersamaan dalam melakukanolah raga ini kaki diayun arah depan atas.
  • Posisi pinggul harus didorong ke depan dan kepala tegak lurus kemudian kedua tangannya menyentuh tanah dan berdiri .
  • Posisi badannya harus dibungkukkan dan kepala yang ditegakan lalu berlari sekuat mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Lari Estafet

Ukuran Lapangan Lompat Jauh

Olah raga lompat jauh tentunya tidak asing lagi di dalam seni olah raga dan lompat jauh juga memiliki lapangan khusus dan memiliki ukuran nya, dibawah ini ukuran dan gambar lapangan.

Gambar-Lapangan-Lompat-Jauh
gambar lapangan
  • Bak lompat diisi dengan pasir
  • Panjang papan tumpu 1,22 m
  • Panjang bak lompat 9 m
  • Lebar bak lompat 2,75 m
  • Lebar lintasan awalan 1,22 m
  • Lebar papan tumpu 20 m

Faktor Penting Dalam Menghasilkan Lompatan

Dari penjelasan di atas maka terdapat juga beberapa faktor yang sangat penting agar mendapatkan hasil yang bagus dalam melakukan adalah sebagai berikut :

A. Faktor Kecepatan

Salah satu faktor untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan yang padau mumnya adalah kecepatan dan stamina yang kuat, karena hal yang demikian adalah langkah awal untuk memulai di saat melakukan perlombaan.

Kecepatan ini juga adalah modal yang sangat penting untuk melakukan lompatan dan menghasilkan yang optimal sehingga jarak yang di capai bisa memuaskan

B. Faktor Kekuatan

Kekuatan adalah faktor yang harus benar – benar di jaga karena hal ini merupakan salah satu hal yang mutlak dimiliki para atlet jika tidak ada kekuatan mustahil akan mendapatkan hasil yang bagus dalam melakukan lompat jauh

Kesimpulan

Olah raga ini memang sulit untuk di lakukan sehingga tidak banyak orang yang gemar dalam melakukan olah raga yang seperti ini, tetapi di setiap negara memiliki atlit-atlit pilihan yang akan di tampilkan di saat ada perlombaan kejuaraan tertentu.

Nah itulah sobat pembahasan yang singkat ini tentang olah raga ini yang kami sampaikan dalam artikel kami kali ini, semoga dengan adanya artikel ini kita dapat mengetahui teknik dan cara untuk melakukannya dan somoga memberikan manfaat untuk kita Semua. Terima Kasih

Baca Juga : Lempar Cakram