Listrik Statis – Rangkuman, Rumus, Contoh Soal

Posted on

Rumus.co.id – Pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai medan magnet. Pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai listrik statis dari mulai rangkuman, rumus, dan contoh soal beserta pembahasannya. Berikut pembahasan lengkapnya.

Rangkuman Materi Listrik Statis

Listrik statis adalah kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tetap (statis), ketidakseimbangan muatan listrik di dalam atau permukaan benda. Muatan listrik akan tetap ada sampai benda kehilangan dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik.

Pernahkan anda waktu kecil menggosok-gosok peggaris pada kain atau rambut kemudian anda tempelkan penggaris tersebut kedalam potongan kertas kecil-kecil. Pada saat itu kerjas itu akan melekat pada penggaris. Secara tidak langsung, anda sudah membuat muatan listrik sederhana. Berikut ini kita akan membahas secara lengkap mengenai listrik statis.

Listrik statis adalah kelistrikan yang berhubungan dengan gejala kelistrikan yang diam dan tidak mengalir. Aliran pada listrik statis berbeda dengan dinamis, jika listrik statis dari satu tempat ke tempat lain hanya sekejap pada suatu tempat tersebut.

Perhatikan gambar berikut ini:

muatan atom

Gambar dia atas adalah gambar perpindahan electron dari benda satu ke benda lain.

Muatan listrik muncul karena adanya perpindahan elektron dari satu benda ke benda lain. Terdapat 2 muatan listrik yaitu muatan positif dan muatan negatif, dikatakan bermuatan positif apabila proton lebih banyak daripada jumlah elektron, dan begitupun sebaliknya. Sedangkan benda yang tidak memiliki muatan disebut netral.

Benda tersebut jika bermuatan sejenis maka akan saling tolak menolak, sebaliknya jika muatannya berbeda maka akan saling Tarik menarik. Interaksi yang terjadi antar muatan listrik bisa dijelaskan dengan Gaya Coulomb.

Rumus Listrik Statis

rumus listrik statis

Contoh Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari secara tidak sadarberkaitan dengan listrik statis.  Berikut ini adalah contoh Listrik Statis dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Penggaris di gosok-gosokkan ke rambut kemudian bisa mengangkat potongan kertas kecil
  2. Menggosok balon dengan tangan
  3. Saat menyisir rambut terkadang rambut akan terbawa berdiri beriringan dengan gerakan sisir, karena ada interaksi muatan antara sisir dan rambut
  4. Debu yang menempel pada tv
  5. Ketika kulit kita berdekatan dengan aliran listrik maka bulu kulit akan berdiri
  6. Plastic penggaris bermuatan negative sedangkan kain wol akan bermuatan positif, jika keduanya di gesek maka akan menghasilkan listrik statis.

Hukum Coulumb

Berbicara dengan listrik statis maka tidak akan lepas dengan hukum coulomb berikut adalah pembahasannya.

Menurut coulomb dua muatan yang berdekatan akan bekerja gaya Tarik menarik atau gaya tolak menolak. Gaya Tarik menarik jika terjadi muatan berlainan jenis begitu sebaliknya jika sejenis akan saling tolak menolak.

Hukum Coulumb

Gaya ini di sebut dengan gaya coulomb yang besarnya bisa sebanding dengan kedua muatan dan disbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dapat di tuliskan dengan rumus:

rumus Hukum Coulumb

Medan Listrik

Medan listrik adalah area atau daerah di sekitar muatan listrik. Bisa di bilang tempat lingkup sekitar terjadinya medan listrik. Perhatikan gambar di bawah ini, arah garis medan listrik jika bermuatan positif keluar menuju muatan negative masuk. Besarnya medan listrik dapat di rumuskan sebagai berikut:

Kuat Medan Listrik

Fungsi Listrik Statis

Berikut ini adalah fungsi listrik statis antara lain:

  • Penangkap debu dan asap
  • Penyegar udara ruangan
  • Mesin foto kopi
  • Pengecatan mobil
  • Mendidik tentang
  • listik dengan generator Van de Graff

Bahaya Listrik Statis

Berikut ini adalah bahhaya listrik statis antara lain:

  • Bisa menyebabkan kebakaran
  • Tersambar petir
  • Kotoran di alat elektronik
  • Baju kusut dan menempel
  • Rambut berantakan

Contoh Soal Listrik Statis

Pembahasan:

Baca Juga:

Medan Magnet – Rumus, Pengertian, Materi Lengkap, Contoh Soal

Transformator Adalah – Pengertian, Fungsi, Jenis, Gambar, Prinsip Kerja

Demikian penjelasan mengenai listrik statis dari mulai rangkuman, rumus, dan contoh soal beserta pembahasannya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi anda. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi anda semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, kunjungi terus Rumus.co.id banyak artikel menarik disana.