Letak Geografis Indonesia

Posted on

Letak Geografis Indonesia – Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai Letak Geografis Indonesia, sebab Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki letak strategis, karena diapit oleh dua benua dan dua samudera.

Tentunya hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi bangsa Indonesia dari berbagai macam bidang seperti demografi, sosial, hubungan internasional, dan juga ekonomi.  .

Negara kita ini juga dikenal dengan sebutan negara dengan seribu pulau, karena memiliki banyak kepulauan dan juga lautan. Seringkali negara kita ini disebut sebagai negara maritim, sebab memang lautannya yang begitu luas. Kepulauan yang ada di negara Indonesia sekitar 17.000 pulau.

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia itu sendiri memiliki pengertian bahwa letak Indonesia yang dilihat dari beberapa kenyataan yang sebenarnya di muka bumi ini.

Terdapat banyak sekali cara mudah yang dapat digunakan oleh seorang ilmuan untuk mengetahui letak geografis dari Negara Indonesia.

Misalnya seperti dengan menggunakan sebuah peta dunia, globe, ataupun atlas dunia. Dari peta, globe dan juga atlas tersebut maka kita dapat melihat peta dari negara kita yaitu Indonesia.

Dari melihat beberapa kenyataan yang ada pada peta tersebut maka akan terlihat bahwa, Negara Indonesia secara geografis terletak di antara dua benua dan juga dua samudera, yang terdiri dari :

Dua benua, yaitu :

  • Benua Australia
  • Benua Asia

Dua samudera, yaitu :

  • Samudera Hindia
  • Samudera Pasifik.

Baca Juga : Iklim Koppen

Jadi, dapat dikatakan bahwa Indonesia berada pada posisi silang dunia atau world cross position. Dengan adanya posisi tersebut membuat Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia.

Oleh sebab itu, mengapa banyak sekali yang menganggap bahwa Negara Indonesia ini terletak pada posisi yang sangat strategis.

Penyebab Dari Adanya Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia ini menyebabkan negara kita memiliki bebrapa hal yang ada dibawah ini, yaitu sebagai berikut :

  1. Indonesia menjadi negara yang memiliki tiga iklim utama, yaitu iklim muson (musim), iklim panas (tropis), dan juga iklim laut.
  2. Letak dari Negara Indonesia yang berada pada persilangan lalu lintas dunia akan menyebabkan Indonesia sangat ramai dan akan sangat menguntungkan bila dilihat dari segi ekonomi.
  3. Iklim muson ini terjadi karena dipengaruhi oleh angin musim yang bertiup secara bergantian arah di setiap 6 bulan sekali, yang terdiri dari Angin timur laut yang menyebabkan musim kemarau pada bulan April hingga ke bulan Oktober. Sedangkan, Angin barat daya yang menyebabkan terjadinya musim hujan pada bulan Oktober hingga ke bulan April.
  4. Iklim laut ini terjadi karena kondisi lingkungan dari Negara Indonesia yang banyak dikelilingi oleh laut dan juga samudera. Sehingga iklim ini menyebabkan terjadinya musim penghujan.
  5. Untuk iklim panas atau tropis ini menyebabkan udara yang ada di Indonesia menjadi terasa sangat panas. Hal ini terjadi dikarenakan Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa.

Dalam skala micro, Negara Indonesia secara geografis berbatasan dengan negara-negara lainnya. Batas-batas geografis dari letak Negara Indonesia dengan negara yang lainnya adalah seperti berikut ini :

  • Disebelah Utara, Negara Indonesia berbatasan dengan 3 Negara yaitu Malaysia, Singapura, dan juga Filipina
  • Disebelah Selatan, Negara Indonesia berbatasan dengan 1 Negara, yaitu Australia.
  • Sebelah Barat, Negara Indonesia berbatasan dengan sebuah Samudera Hindia.
  • Disebelah Timur, Negara Indonesia berbatasan dengan Negara Papua Nugini

Baca Juga : Konsep Geografi Lengkap Dengan Pengertian dan Contoh

Pengaruh Dari Letak Geografis Negara Indonesia

Letak Geografis Indonesia

Negara Indonesia yang terletak di antara dua samudera yang sangat besar mempunyai dampak untuk mendapatkan angin laut yang membawa banyak hujan. Hal ini lah yang akhirnya menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis.

Selain itu, letak dari geografis ini menyebabkan Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Hal ini dipengaruhi oleh adanya angin musim yang berhembus setiap enam bulan sekali.

Selain memiliki iklim tropis, Indonesia juga mempunyai keragaman budaya dalam bidang seni, peradaban, bahasa dan juga agama. Hal ini disebabkan karena letak dari negara Indonesia yang berada di cross position.

Selain itu, Indonesia juga mempunyai kerjasama perdagangan dengan negara-negara yang ada disekitar, hal ini dikarenakan lokasi Indonesia yang sangat strategis dan kegiatan perdagangan pun semakin meningkat.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Letak Geografis Indonesia

Setelah melihat beberapa penjelasan yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat kelebihan dan juga kekurangan dari adanya letak geografis ini, yaitu diantaranya adalah :

1. Kelebihan Letak Geografis Indonesia

  • Memberikan keuntungan yang sangat besar bagi Negara Indonesia karena dapat menjalin hubungan baik dengan negara lain yang ada di benua tersebut.
  • Karena terkenal memiliki banyak pulau, Indonesia menjadi negara yang kaya akan sosial dan juga budaya.
  • Laut dan juga garis pantai yang luas memungkinkan Negara Indonesia akan mendapatkan hasil laut yang sangat banyak.
  • Karena memiliki iklim Tropis, ini sangat menguntungkan bagi Negara Indonesia, sebab banyak sekali pepohonan yang tumbuh subur didalamnya.
  • Negara Indonesia juga memiliki struktur tanah yang cukup subur sehingga dapat menghasilkan banyak sekali jenis perkebunan.
  • Dengan wilayah hutan yang sangat luas, menyebabkan Indonesia dikatakan sebagai paru-paru dunia.

2. Kekurangan Letak Geografis Indonesia

  • Dapat terjadi kerusakan lingkungan secara fisik seperti pencemaran air dan juga udara.
  • Memungkinkan terjadinya bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, tsunami, erosi, banjir, kekeringan, badai, dan juga bencana lainnya yang disebabkan oleh teknologi.
  • Dapat menimbulkan tingkat pengangguran semakin tingggi hingga mencapai 10,55 juta (9,75%) dan tingkat kemiskinan semakin banyak hingga 37,17 (16,58%) dari total seluruh warga yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Prinsip Geografi – Persebaran, Interelasi, Deskripsi, dan Korologi

Apa yang dimaksud dengan Letak Geografis?

Letak Geografis adalah letak dari suatu wilayah yang dilihat dari faktor kenyataannya dibumi.

Apa yang dimaksud dengan Letak Astronomis?

Letak astronomis adalah letak dari suatu tempat yang dilihat dari posisi garis lintang dan juga garis bujur. Letak Astronomis Indonesia adalah 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan  95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).

Berdasarkan dilihat dari kondisi Geologisnya kepulauan Indonesia dibagi menjadi 3 yaitu?

1. Daerah dangkalan Sunda
2. Daerah dangkalan Sahul
3. Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul

Demikianlah pembahsan dari artikel kali ini, semoga membantu dan bermanfaat untuk kita semua