Lensa Cekung

Posted on

Assalamualaikum,,, Sobat pada kesempatan ini rumus.co.id akan membahas artikel Lensa Cekung bersifat bayangan meliputi dari, fungsi, pengertian, bentuk, rumus, manfaat, dan sinar istimewa, lengkap dengan contohnya, supaya mudah di pahami.

Lensa Cekung – adalah alat yang biasanya terdapat lingkaran kaca atau plastik sehingga dapat berfungsi sebagai indeks saluran pernapasan dan bertindak sebagai kaca pembesar dan dapat juga menemukan sebagai pantulan cahaya dari sinar pantulan,

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Lensa Cekung

Lensa-Cekung

Lensa cekung adalah sebuah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis dari pada tepi yang berbentuk lingkaran dan berbentuk lingkaran bulat yang dapat menghasilkan cahaya dengan cara memantulkan sinar.

Lensa cekung umumnya terbuat dari kaca atau plastik yang dapat bekerja sebagai memiliki indekskan yang bias yang lebih besar dari indeks bias udara.

Manfaat dalam hal ini juga dapat membantu orang yang menderita penyakit rabun mata dengan jarak jauh, untuk menormalkan kembali.

Pada umumnya hal ini berbentuk yang melalui lensa dengan menghasilkan sinar paralel yang dapat dilakukan pada dengan pembiasannya yang akan menyebar seolah-olah berasal dari titik yang disebut titik fokus.

Titik fokus ini juga berada di sisi yang sama dengan cahaya insiden, sehingga titik fokus dengan nilai yang negatif.

Baca Juga:

Sifat Lensa Cekung

Raumus-lensa-cekung1

Seperti disebutkan di atas dan memiliki cahaya difus atau lensa divergen yang dapat menghasilkan sinar yang sejajar dengan sumbu utama dan akan dibiaskan dari satu titik.

Refraksi lensa cekung

Lensa cekung memiliki 2 titik fokus yang aktif (F1) ada di depan lensa dan titik fokus pasif F2, yang terletak di belakang lensa dengan jarak cekung (F1) yang ada di depan lensa.

Misalnya:

Fokus Maya dan jarak fokus (F) selalu negatif sehingga hal ini disebut sebagai lensa negatif.

Baca Juga:

Rumus Lensa Cekung

Seperti halnya lensa cekung dapat menerapkan dengan berbagai rumus rumus diantaranya adalah sebagai berikut.

Konkavlinsenformel

Keterangan:

  • s ‘= jarak bayangan.
  • s ‘= (+) gambaran nyata positif.
  • s ‘= (-) bayangan virtual negatif.
  • s = jarak objek.
  • f = jarak hotspot negatif.

Baca Juga:

Pembentukan Bayangan pada Lensa Cekung

Rumus-lensa-ceking

Setelah mempelajari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami k[juga akan memberikan pembahasan untuk mengamati proses pembentukan bayangan pada perumusannya.

Untuk menentukan bayangan pada diperlukan 2 (dua) dari 3 (tiga) sinar yang ada pada proses dengan pembentukan yang melalui kasus di bawah ini.

Objek ditempatkan antara f dan 2f yang terdapat dalam pembentukan dan dapat ditemukan pada langkah yang sudah ditetapkan.

Rumus-lensa-ceking2

Baca Juga:

Konkaf Lensa Cekung

Mendistribusikan cahaya yang datang concave juga dikenal sebagai lensa yang bersifat negatif dan dapat menyebarkan cahaya (divergen).

Gambar-Lensa-Cekung

Ada tiga jenis yang berdasarkan geometri kedua sisi dan sifatnya:

  • cekung cekung (bikonkaf).
  • cekung datar (planokonkaf).
  • cekung cembung (cembung-cembung).

Baca Juga:

Manfaat dan Penggunaan

Orang dengan penglihatan atau rabun jauh sering menggunakan kacamata cekung sebagai objek sehingga orang dapat melihat seperti mata normal.

Karakteristk Lensa Cekung

Berikut adalah beberapa karakteristk yang dimiliki diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bersifat sebagai menyebarkan cahaya
  • Fokus memiliki nilai negatif
  • Jenis bayangan dalam bentuk virtual yang berbentuk tegak dan diperkecil

Baca Juga:

Contoh Soal 

Soal:

Jika diketahui bahwa panjang adalah 30 cm, ada objek dengan ketinggian 5 cm di sebelah kiri dan jarak objek dari adalah 15 cm, berapa jarak bayangan, perbesaran.

Bayangan dan ketinggian bayangan? Panjang fokus (f) -30 cm diketahui di sini karena virtual, tinggi objek (h) adalah 5 cm dan jarak objek adalah 15 cm.

Jawaban:

Jarak bayangan atau s ‘adalah -30/3 = -10 cm. Tanda negatif karena bayangan juga memiliki bentuk dengan jarak bayangan 10 cm yang lebih kecil dari jarak yang sesungguhnya 15 cm.

Perbesaran bayangan atau (M) adalah –s ‘/ s = – (- 10) / 15 = 2/3. Perbandingan bayangan memiliki tanda positif, yang berarti bahwa gambar tidak terbalik.

Ukuran bayangan 2/3 lebih kecil dari ukuran objek, dengan tinggi bayangan h disebut M / h = (2/3) / 5 = 10/3 = 3,3 cm.

Ketinggian bayangan juga memiliki tanda positif, yang berarti bayangan itu tidak terbalik.

Tinggi bayangan 3,3 cm lebih kecil dari tinggi objek, yaitu 5 cm.

Sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang lensa cekung lengkap dengan bentuk-bentuk lensa dan proses pembentukannya, semoga apa yang sudah kami samapaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Lensa Cembung