Lembaga Yudikatif

Posted on

Lembaga Yudikatif – Dalam NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) memiliki tiga lembaga kekuasaan yang dipakai untuk menjalankan pemerintahan Indonesia, diantaranya adalah Lembaga Legislatif, Lembaga Eksekutif dan juga Lembaga Yudikatif.

Lembaga Yudikatif

Di pembahasan yang sebelumnya, kita sudah membahas secara rinci dari kedua lembaga negara yang lainnya, nah di kesempatan kali ini Rumus.co.id akan menjabarkan mengenai Lembaga Yudikatif.

Untuk itu yuk kita simak bersama-sama penjabaran yang ada di bawah ini tentang Lembaga Yudikatif beserta dengan hal-hal yang berkaitan di dalamnya.

Lembaga Yudikatif Adalah?

Lembaga Yudikatif merupakan sebuah lembaga negara yang memiliki tugas untuk mengawal serta mengawasi jalannya perundang-undangan atau penegakan hukum di Indonesia.

Dengan kata lain, Lembaga Yudikatif merupakan sebuah lembaga negara yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan peradilan yang berfungsi untuk menegakkan hukum serta keadilan.

Mengenal Lebih Jauh Lembaga Yudikatif

Yudikatif di Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang yaitu sejak sejak 1945. Awalnya, Indonesia hanya mempunyai dua lembaga peradilan saja, yaitu Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun, sebelum era reformasi, lembaga negara tertinggi menurut UUD 1945 yaitu MPR atau Majelis Permusyawaratan Rakyat. Sebagai lembaga negara MPR memiliki kekuasaan tertinggi di dalam pemerintahan.

Untuk lembaga-lembaga negara tingkat tinggi yang berasimilasi dengan tugas dan kekuasaan mereka, terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat, Presiden, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), Mahkamah Agung (MA) dan juga Dewan Penasihat Agung (DPA).

Kemudian UUD 1945 mengalami amandemen sebanyak empat kali, yaitu dari tahun 1999, 2000, 2001, 2002 serta susunan lembaga negara yang lebih tinggi pun diubah.

Dewan Penasihat Agung yang bertugas sebagai badan penasehat Presiden juga telah dihapuskan. Kemudian, beberapa lembaga baru didirikan, misalnya seperti Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Selain itu, Judiciary Institution pun memiliki kekuasaan baru, yaitu Komisi Yudisial. Komisi Yudisial merupakan sebuah lembaga pemerintah tingkat tinggi yang bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja para hakim di bidang peradilan Indonesia.

Baca Juga :
Lembaga Eksekutif
Lembaga Legislatif
Makna Lambang Pancasila

Lembaga – Lembaga Di Dalam Judiciary Institution

Berikut ini terdapat jenis – jenis dari Komisi yang ada di dalam Lembaga Yudikatif beserta dengan tugas dan wewenangnya masing-masing, yaitu :

1. Mahkamah Agung (MA)

MA atau singkatan dari Mahkamah Agung merupakan sebuah lembaga tinggi negara yang memiliki kekuasaan di bidang kehakiman. MA biasanya dipimpin oleh seorang Hakim Agung.

Kekuasaan tersebut artinya dalam hal untuk menyelenggarakan peradilan dalam urusan menegakkan hukum yang adil pada sebuah negara.

Di Indonesia, Mahkamah Agung merupakan pengadilan tertinggi dibandingkan dengan yang lain seperti Pengadilan Umum, Pengadilan Agama, Pengadilan Militer, dan juga Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Mahkamah Agung memiliki tugas dan wewenangnya tersendiri di dalam lembaga negara, yaitu :

  • Mencoba serta menguji undang-undang yang telah selesai dirumuskan.
  • Memberikan Presiden pertimbangan ketika akan memberikan grasi dan juga rehabilitasi.
  • Pengajuan tiga anggota hakim konstitusi.

2. Mahkamah Konstitusi (MK)

MK atau singkatan dari Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga Yudikatif yang memiliki kewenangan di bidang pengadilan tingkat pertama dan terakhir.

Keputusan yang ditetapkan oleh MK bersifat final sehingga tidak bisa diganggu gugat dalam menguji Undang-Undang Negara. Berikut ini merupakan tugas dari seorang MK, adalah :

  • Menyelesaikan sengketa kewenangan lembaga pemerintah, yang mana wewenang itu diberikan oleh Undang-Undang Dasar.
  • Menetapkan keputusan tentang pembubaran partai politik.
  • Memiliki kewenangan untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi mengenai hasil pemilihan umum.

3. Komisi Yudisial (KY)

KY atau singkatan dari Komisi Yudisial merupakan salah satu komponen tugas dari Lembaga Yudikatif yang bersifat independen, artinya tidak adanya pengaruh yang berasal dari kewenangan lembaga lain.

Perlu kalian ketahui, bahwa Lembaga ini dapat terbentuk setelah UUD 1945 melalui empat kali amandemen yaitu dari tahun 1999, 2000, 2001, dan juga 2002.

Tujuan dari dibentuknya Komisi Yudisial ini untuk membawa unsur masyarakat pada saat proses pengangkatan, penilaian kerja serta pemberhentian hakim. Berikut ini tugas dan wewenang KY, adalah :

  • Memiliki kewenangan untuk memberikan usulan mengenai pelantikan hakim agung.
  • Memiliki kewenangan untuk menegakkan serta menjunjung tinggi rasa kehormatan, martabat dan juga perilaku seorang hakim.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Lembaga Yudikatif?

Lembaga Yudikatif merupakan sebuah lembaga negara yang memiliki tugas untuk mengawal serta mengawasi jalannya perundang-undangan atau penegakan hukum di Indonesia.

Peran Lembaga Yudikatif dalam Pemerintahan adalah?

Lembaga Yudikatif berperan dalam menjelaskan isi dari setiap UU yang berlaku di Indonesia serta memberikan sanksi kepada mereka yang melanggarnya.

Mengapa MA disebut sebagai Pengadilan Tertinggi?

Sebab, Mahkamah Agung termasuk kedalam pengadilan kasasi yang memiliki tugas untuk memimpin keseragaman penerapan hukum melalui putusan kasasi serta peninjauan kembali guna memastikan bahwa semua hukum dan UU diterapkan secara adil, benar dan tepat di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Demikianlah pembahasan di kesempatan kali ini, semoga menjadi wawasan baru untuk kita semua.