Lembaga Sosial

Posted on

Lembaga Sosial – Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memerlukan lembaga sosial, yang mana berperan sebagai wadah terjadinya interaksi sosial.

Lembaga Sosial

Hmm, tentunya Anda juga sudah tahu bukan, bahwa individu selalu memerlukan adanya peran dari individu lainnya?

Sebagai contoh, ketika Anda sedang belajar di Sekolah, tentunya Anda membutuhkan peran seorang guru untuk membantu Anda guna mengerti norma, bahasa dan juga perhitungan.

Namun, sebagian besar dari masyarakat yang ada di Indonesia belum memahami tentang Lembaga Sosial yang sebenarnya. Jangan risau, karena dalam kesempatan ini, Rumus.co.id akan menjabarkan secara rinci mengenai Social Institutions.

Definisi Dari Lembaga Sosial

Lembaga sosial merupakan sebuah kelompok sosial yang dibentuk atas dasar nilai-nilai, kepribadian, adat istiadat, norma dan unsur-unsur kehidupan lainnya yang berkembang di dalam konteks kehidupan bermasyarakat.

Pada dasarnya, pembentukan lembaga ini didasarkan pada kebutuhan dan keinginan masyarakat untuk ketentraman dalam hidup bersama. Pertumbuhan masyarakat yang semakin berkembang membuat kehidupan suatu komunitas menjadi lebih kompleks.

Berbagai macam kebutuhan dan juga penggunaan sumber daya alam tentunya harus diatur sebagaimana mestinya untuk menghindari terjadinya kekacauan. Hal tersebutlah yang mendukung pembentukan institusi sosial di lingkungan masyarakat.

Definisi Social Institutions Menurut Para Ahli

Setelah kita melihat definisi dari Social Institutions yang ada diatas, berikut merupakan definisi dari Social Institutions yang diungkapkan oleh para ahli, yaitu :

  • Koentjaraningrat : Social Institutions sering diartikan sebagai suatu sistem perilaku dan hubungan yang berfokus pada aktivitas untuk mengatasi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia.
  • Peter L. Berger : Social institutions sering diartikan sebagai proses di mana tindakan manusia ditekan oleh pola-pola tertentu dan dipaksa untuk bergerak dengan cara yang dinilai sesuai dengan keinginan masyarakat.
  • Soerjono Soekanto : Social Institutions sering diartikan sebagai norma-norma dari semua tingkatan yang berputar di sekitar kebutuhan mendasar dalam kehidupan masyarakat.
  • W. Hamilton : Social Institutions sering diartikan sebagai prosedur untuk kehidupan kelompok masyarakat yang dikenai dengan berbagai hukuman untuk pelanggaran.

Baca Juga :
Nilai Nilai Demokrasi
Prinsip Demokrasi Pancasila
Sifat Kedaulatan

Bentuk – Bentuk Lembaga Sosial

Setelah memahami definisi dari Social Institutions, maka Anda juga perlu mengetahui bentuk-bentuk dari lembaga Sosial yang ada di lingkungan masyarakat, yaitu sebagai berikut :

1. Family Institutions

Dapat dikatakan bahwa struktur sosial yang paling mendasar adalah struktur keluarga yang terdiri dari keluarga utama, yaitu ayah, ibu, dan anak-anak. Dalam hal ini, ayah adalah pemimpin lembaga keluarga.

Sementara itu, ibu memiliki berbagai peran, mulai dari sekretaris, bendahara dan wakil kepala. Sedangkan anak-anak berperan sebagai anggota dari lembaga tersebut.

Lembaga keluarga ini merupakan struktur sosial pertama yang mana setiap orang akan masuk sejak lahir. Karena itu, kesuksesan seseorang juga dilihat oleh institusi keluarga.

2. Educational Institutions

Lembaga ini adalah bentuk lembaga yang berorientasi terhadap dunia pendidikan, tempat belajar dan juga mengajar, di mana para anggotanya dapat belajar agar merasa lebih baik di suatu bidang.

Adanya interaksi yang melibatkan para anggota yang ada dalam lembaga tersebut juga dapat meningkatkan kualitas anggota yang merupakan anggota dari lembaga pendidikan. Sebagai contoh dari lembaga ini yaitu SD, SMP, SMA/SMK dan masih banyak lagi.

3. Religious Institutions

Lembaga ini adalah lembaga sosial yang terkait erat dengan masalah agama tertentu dan yang anggotanya percaya pada agama yang sama. Dalam lembaga ini, setiap anggota dapat berbagi pengetahuan dan melakukan kegiatan umum yang bermanfaat atas nama keyakinan mereka.

Dengan keberadaan lembaga keagamaan ini, persatuan umat beragama juga semakin diperkuat. Sebagai contoh dari lembaga ini yaitu MUI, PGI, KWI dan masih banyak lagi.

4. Health Institution

Struktur ini diarahkan untuk perawatan kesehatan dan bertujuan untuk selalu membuat seluruh masyarakat sehat secara mental dan juga fisik.

Terkadang ada banyak kegiatan yang terkait dengan kesehatan yang dilakukan oleh lembaga kesehatan ini untuk masyarakat secara gratis, yang tentu saja diterima dengan baik di lingkungan masyarakat.

Sebagai contoh dari lembaga ini yaitu Puskesmas, Puskesmas Keliling, Rumah Sakit dan lain sebagainya.

5. Political Institutions

Lembaga politik adalah lembaga di dalam masyarakat yang terkait erat dengan masalah yang berkaitan dengan aturan, peraturan dan administrasi tertentu.

Institusi politik tersebut berperan untuk membantu masyarakat dalam berbagai hal dan menjadi titik pertemuan bagi orang-orang yang mempunyai visi dan juga misi yang sama dalam hal politik.

Sebagai contoh dari lembaga ini yaitu DPR, DPRD, MPR, MA, BPK dan lain sebagainya.

6. Economic Institution

Lembaga ekonomi adalah bentuk lembaga di masyarakat yang terkait erat dengan masalah ekonomi dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yang ada di masyarakat secara memadai.

Institusi ekonomi ini tentunya juga menjadi panduan serta solusi untuk menjaga kehidupan ekonomi masyarakat agar tetap stabil. Sebagai contoh dalam lembaga ini yaitu Koperasi, Bank, Perum Pegadaian dan masih banyak lagi.

7. Legal Institution

Lembaga hukum adalah bentuk lembaga yang mengatur ketertiban di masyarakat dan menawarkan dukungan kepada orang-orang yang membutuhkan di bidang hukum.

Karena tidak semua anggota masyarakat memahami hukum, ketika mereka berkaitan dengan bidang ini akan mengalami kesulitan dalam mengelolanya, lembaga hukum yang ada siap membantu. Sebagai contoh dalam lembaga ini yaitu Kejaksaan, Advokat, Kepolisian dan lain sebagainya.

F.A.Q

Apa itu Lembaga Sosial?

Lembaga sosial merupakan sebuah kelompok sosial yang dibentuk atas dasar nilai-nilai, kepribadian, adat istiadat, norma dan unsur-unsur kehidupan lainnya yang berkembang di dalam konteks kehidupan bermasyarakat.

Fungsi Lembaga Sosial secara umum yaitu?

1. Memberikan berbagai macam bentuk pedoman kepada anggota masyarakat. Bagaimana bersikap saat sedang berhadapan dengan masalah yang berkembang atau terjadi di masyarakat.
2. Menjaga integritas komunitas.
3. Berikan instruksi kepada masyarakat untuk membangun sistem kontrol sosial.

Mengapa manusia sangat membutuhkan Lembaga Sosial?

Karena manusia adalah makhluk sosial yang sangat memerlukan lembaga sosial, yang mana berperan sebagai wadah terjadinya interaksi sosial.

Nah, itu dia ulasan yang bisa disampaikan dalam kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini menamba wawasan para pembaca. Terimakasih