Lembaga Eksekutif

Posted on

Lembaga Eksekutif – Dalam pembahasan yang sebelumnya Rumus.co.id sudah memberikan penjabaran secara rinci mengenai Lembaga Legislatif beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Lembaga Eksekutif

Nah, dalam pembahasan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjelasan secara rinci mengenai Lembaga Eksekutif beserta dengan hal-hal yang berkaitan di dalamnya.

Lembaga Eksekutif Adalah?

Lembaga Eksekutif sering diartikan sebagai sebuah lembaga kenegaraan yang ada di Indonesia dan umumnya bertugas sebagai eksekutor atau pelaksana dari undang-undang yang telah dibuat oleh Lembaga Legislatif.

Eksekutif pada umumnya beranggotakan kepala pemerintahan, yaitu presiden bersama dengan wakilnya. Presiden memiliki kekuatan untuk memimpin pemerintahan sekaligus menjadi kepala negara.

Presiden memiliki hak untuk menyerahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) ke pada Anggota DPR serta menetapkan peraturan di dalam sebuah negara.

Dalam wilayah kota atau kabupaten, yang termasuk kedalam lembaga eksekutif yaitu Gubernur dan Wakilnya, Bupati dan Wakilnya, mereka mempunyai tugas yang sama.

Mengenal Lebih Jauh Lembaga Eksekutif

Lembaga Eksekutif merupakan sebuah lembaga yang memiliki tugas untuk menjalankan kebijakan, peraturan serta undang-undang yang telah dibuat oleh Lembaga Legislatif.

Eksekutif beranggotakan Presiden, wakil presiden beserta menteri-menterinya yang bertugas untuk menjalankan suatu pemerintahan dalam sebuah negara.

Lembaga eksekutif memiliki kekuasaan eksekutif, yaitu sebuah kekuasaan untuk melaksanakan pemerintahan yang terdapat di dalam sebuah negara. Di Indonesia sendiri, Presiden berperan sebagai kepala negara sekaligus juga kepala pemerintahan.

Presiden bersama Wakilnya menjabat sebagai badan eksekutif selama 5 tahun serta dapat dipilih kembali untuk satu periode selanjutnya. Sebelum Presiden beserta Wakilnya melaksanakan tugasnya.

Mereka diharuskan mengucapkan sumpah, yang selanjutnya dilantik oleh ketua MPR di dalam sidang MPR. Setelah dilantik, mereka akan melaksanakan pemerintahan berdasarkan dengan program yang sudah dirancang sebelumnya.

Tetapi tetap tidak boleh bertentangan dengan apa yang sudah ditetapkan di dalam UUD 1945 serta tujuan negara yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945.

Baca Juga :
Lembaga Legislatif
Makna Lambang Pancasila
Demokrasi Parlementer

Jenis – Jenis Lembaga Eksekutif

Berikut ini merupakan anggota-anggota yang tergabung di dalam Lembaga Eksekutif beserta dengan penjelasan dan tugasnya masing-masing, yaitu diantaranya adalah :

1. Presiden

Presiden merupakan sebutan untuk seseorang yang menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan yang melaksanakan roda pemerintahan dalam suatu negara.

Masa jabatan Presiden dalam satu periode adalah selama 5 tahun. Akan tetapi, ia masih diperbolehkan jika ingin mengajukan diri sebagai kandidat presiden di periode selanjutnya.

Secara umum, Presiden memiliki tugas dan wewenangnya tersendiri, berikut ini merupakan tugas dari Presiden, yaitu :

  • Mempunyai kewenangan untuk membuat perjanjian dan juga kesepakatan dengan negara lain.
  • Berwenang untuk mengangkat seorang duta dan juga konsul guna ditempatkan di negara lain.¬†
  • Mempunyai kewenangan untuk mengizinkan kedutaan yang datang dari negara lain untuk singgah di Indonesia.
  • Presiden memiliki kekuatan untuk memberikan penghargaan kepada warga negara Indonesia dan asing yang mampu membanggakan dan menjaga nama baik Indonesia.

2. Wakil Presiden

Wakil presiden merupakan sebuah jabatan yang berada satu tingkat lebih rendah dibandingkan dengan Presiden. Seseorang yang menjabat sebagai Wakil Presiden dapat mengambil alih tugas serta jabatan Presiden jika Presiden sedang berhalangan.

Sama halnya dengan Presiden, Wakil Presiden juga memiliki tugas serta kewenangannya tersendiri, yaitu diantaranya adalah :

  • Bertugas untuk membantu presiden dalam melaksanakan kewajibannya terhadap suatu negara.
  • Dapat mengganti tugas dan tanggung jawab presiden sampai akhir hayatnya jika presiden meninggal dunia, berhenti, atau gagal menjalankan tugasnya dalam jangka waktu tertentu.
  • Memberikan perhatian khusus terhadap masalah yang membutuhkan penanganan berurusan dengan bidang kesejahteraan publik.

3. Menteri

Menteri merupakan kekuasaan yang memegang posisi publik secara signifikan dalam suatu pemerintahan.

Seseorang yang menjabat sebagai menteri umumnya bertugas untuk menjalankan suatu pelayanan serta menjadi anggota kabinet yang dipimpin oleh seorang presiden atau perdana menteri.

  • Bertugas dalam membantu pekerjaan presiden di dalam sebuah pemerintahan.
  • Memanajemen departemen sesuai dengan tugas-tugas dasar yang telah ditetapkan oleh pemerintah serta promosi aparatur departemen.
  • Bertanggung jawab untuk menentukan kebijakan guna mengimplementasi fungsional lapangan sesuai dengan pedoman umum yang telah ditetapkan oleh Presiden.
  • Membina serta implementasi kerjasama dengan departemen, lembaga dan organisasi terkait lainnya untuk menyelesaikan masalah yang muncul.

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Lembaga Eksekutif?

Lembaga Eksekutif sering diartikan sebagai sebuah lembaga kenegaraan yang ada di Indonesia dan umumnya bertugas sebagai eksekutor atau pelaksana dari undang-undang yang telah dibuat oleh Lembaga Legislatif.

Tugas seorang Lembaga Eksekutif adalah?

Seorang Lembaga Eksekutif bertugas untuk melaksanakan dan juga menerapkan undang-undang yang sudah dibuat oleh Lembaga Legislatif.

Apa isis dari UUD 1945 Pasal 4 Ayat 1?

UUD 1945 Pasal 4 Ayat 1 berisikan penjelasan mengenai Presiden Republik Indonesia merupakan pemegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945.

Itu dia, informasi yang bisa Rumus.co.id sampaikan pada pembahasan kali ini, semoga menjadi pengetahuan baru bagi para pembaca.