Legenda Peta

Posted on

Dalam pembahasan artikel kami kali tentang pengertian legenda pada peta, sebagian orang yang mengaku dekat dengan alam, seharusnya pengetahuan dari beberapa peta serta cara penggunaannya.

Pengetahuan ini juga sangat berguna bila suatu saat tenaga kita diperlukan untuk usaha-usaha dan pencarian yang dimana untuk penyelamatan korban dalam kecelakaan.

Karena Hal demikian sangat lah mutlak berguna untuk kepentingan bersama, untuk menentukan arah dan posisi dalam perjalanan baik di jalur utama maupun di medan sebenarnya. Oleh sebab itulah penggunaan peta harus di miliki dalam perjalanan

Untuk lebih mudah lagi dalam pembahasan, tentang legenda peta maka kami akan jelaskan secara terperinci.

Mari simak pengertian dalama rtikel kami kali ini :

Pengertian Legenda Peta

Legenda Peta merupakan suatu daftar atau tabel yang menunjukkan tanda-tanda atau simbol-simbol konvensional, Karena sering digunakan pada suatu tampilan di sebelah kanan atau pada tampilan tengah dari peta. Daftar ini sangat lazim disebut karena dengan adanya keterangan atau legenda peta.

Secara umum, peta merupakan penggambaran dari dua dimensi (pada bidang yang datar) dengan keseluruhan nya adalah sebagian dari permukaan bumi yang di proyeksikan dengan perbandingan atau skala yang tertentu.

Peta sendiri telah berkembang sesuai dengan kebutuhan dan cara penggunaannya. Untuk keperluan navigasi darat yang pada umumnya digunakan peta topografi.

Legenda peta telah dibuat untuk menjelaskan dari beberapa simbol yang terdapat di dalam peta sehingga dapat digunakan menjadi alat navigasi dalam perjalanan .

Baca Juga : Rumus Skala Peta

Isi Dari Legenda Peta

A. Judul Peta

Dalam pembahasan ini berupa Judul peta adalah berada dibagian tengah atas sehingga terdapat judul yang menyatakan lokasi penunjuk kan oleh peta yang bersangkutan, untuk mendapatkan lokasi yang berbeda sehingga mempunyai judul yang berbeda pula.

B. Nomor Peta

Hal ini merupakan bagian dari Nomor peta biasanya tercantum di kanan atas peta, agar dapat berguna sebagai petunjuk jika kita memerlukan navigasi atau arah tujuan. Biasanya juga di bagian bawah disertakan lembar nomor-nomor peta yang ada di sekeliling peta tersebut.

C. Koordinat Peta

Koordinat adalah sistem kedudukan suatu titik pada navigasi yang ditentukan dengan cara menggunakan sistem sumbu.

Sistem Koordinat Legenda Peta

Dalam sebuah navigasi garis-garis yang saling berpotongan dengan tegak lurus resmi dipakai menjadi dua sistem koordinat, yaitu :

A. Koordinat Geografis 

Koordinat Geografis adalah sebuah garis bujur (bujur barat dan bujur timur) yang berdiri tegak lurus terhadap katulistiwa, serta dengan garis lintang (lintang utara dan lintang selatan) yang harus sejajar dengan katulistiwa sehingga dinyatakan dalam satuan derajat, menit, dan detik.

B. Koordinat Grid

Koordinat grid adalah sebuah kedudukan suatu titik yang dinyatakan dalam sebuah ukuran jarak terhadap suatu titik acuan. Sehingga membentuk garis vertikal dan garis horizontal.

  • Garis vertikal diberikan no urut dari selatan sampai utara
  • Garis horizontal didiberikan no urut dari barat sampai timur

Bagian Arah Legenda Peta 


Ada beberapa yang perlu kita perhatikan adalah arah Utara Peta. Cara yang paling mudah ialah dengan memperhatikan arah huruf- huruf atau tulisan yang ada pada peta. Arah atas tulisan adalah Arah Utara Peta. Sehingga dibagian bawah peta terdapat suatu petunjuk arah utara yaitu :

  • Bagian Utara sebenarnya/True North : adalah utara yang mengarah kepada kutub utara bumi.
  • Bagian Utara Magnetis/Magnetic North : adalah utara yang menunjukan arah jarum magnetis kompas, dan letak tidak tepat di kutub utara bumi.
  • Bagian Utara Peta/Map North : adalah arah utara yang terdapat pada peta.

Baca Juga : Gaya Sentrifugal

Perbedaan Skala Legenda Peta 

Skala peta merupakan sebuah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak horizontal di lapangan.

Ada dua macam cara penulisan skala, yaitu :

A. Skala Angka

Contohnya :

2: 45.000 berarti 2 cm jarak dipeta = 45.000 cm (250 m) jarak horizontal di medan sebenarnya.

B. Skala Garis

Contohnya:

Yang berarti tiap bagian merupakan sepanjang blok garis mewakili 2 km jarak horizontal.

Kontur Legenda Peta

Kontur pada legenda peta ialah garis khayal yang menghubungkan antara titik – titik berketinggian yang sama dari permukaan laut, sifat-sifat garis kontur adalah :

  • Rangkaian pada garis kontur membentuk huruf “V” terbalik menandakan suatu lembah/jurang.
  • Pada 1 garis kontur mewakili 1 ketinggian
  • Garis kontur tidak berpotongan dan tidak bercabang.
  • Interval kontur biasanya sekitaran 1/4000 kali skala peta.
  • Rangkaian garis kontur yang sangat rapat, menandakan sebuah permukaan bumi yang curam atau terjal, sebaliknya yang renggang menandakan permukaan bumi yang landai.
  • Rangkaian garis kontur merupakan bentuk huruf “U” menandakan punggungan gunung.

Demikian lah pembahasan tentang legenda peta, semoga dapat menambah wawasan kita semua dan dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat.

Terima Kasih

Baca Juga : Pola Aliran Sungai