Lari Maraton – Makalah, Teknik, Tips, Lapangan, Sejarah, Manfaat

Posted on

LARI MARATON – Kali ini kita akan membahas materi tentang definisi dan pengertian olahraga lari maraton beserta sejarah, teknik dasar, peraturan, bentuk lapangan, cara melakukannya, dan macam – macam gayanya.

Pengertian

Lari Maraton adalah salah satu cabang atletik yang memiliki jarak tempuh yang cukup jauh, dengan jarak tempuh yang jauhnya kurang lebih  41,8 kilo meter. Olahraga nomor atletik yang paling tua didalam sejarah Olimpiade kuno, olahraga ini mulai di adakan di tahun 490 sm. Di kala itu ketika ada seseorang prajurit dari yunani berlari membawa berita kemenangan dari Marathon ke athena yang dimana jaraknya kirang lebih sejauh 26 mil atau 41,8 kilo meter.

maraton
Lari Maraton

Teknik

Ada teknik-teknik yang sangat penting harus diketahui untuk setiap pelari kuasai dengan baik, karena ketika menggunakan teknik yang benar, seorang pelari pasti bakal lebih memungkinkan untuk mampu menempuh jarak yang sudah ditentukan dan bahkan bisa memenangkan perlombaan tersebut. Di bawah ini sedikit teknik tersebut…

1. Teknik Start

Tentu kita tidak asal langsung lari dan ada teknik start tersendiri yang perlu untuk di ketahui / dipelajari sekaligus dilatih agar dalam pertandingan bisa melakukannya dengan benar.

2. Teknik Berlari

Pada teknik dasar, pelari perlu memerhatikan postur tubuh yang benar.

3.Teknik Pernapasan

Lari maraton mengutamakan juga teknik pernapasan karena stamina pelari dapat dipertahankan dengan metode pernapasan yang benar. Otot seorang atlet memerlukan oksigen, khususnya jika sedang berlari dengan intensitas tinggi. Manajemen pernapasan harus baik supaya tenaga bisa lebih efisien dan kebutuhan oksigen untuk otot dapat terpenuhi.

4. Teknik Finish

Ada teknik start, tentu ada pula teknik finish atau teknik akhiran di mana merupakan momen ketika pelari memasuki garis finish. Kecepatan tinggi bukan satu-satunya teknik untuk meraih garis finish, namun dianjurkan untuk para pelari membusungkan dada ketika memasuki garis finish.

Saat dada hendak menyentuh pita, turunkan dada dengan sesegera mungkin, Hanya saja, jangan pernah sekali-kali meraih garis finish dengan bantuan tangan karena ini merupakan sebuah pelanggaran.

Tips

Lari maraton memang olahraga berat. Bayangkan saja, pesertanya harus berlari belasan, atau puluhan kilometer. Meski termasuk olahraga berat, ada beberapa peserta anak-anak yang berhasil mengikuti lomba dan memenangkannya. Jika kalian tertarik untuk mengikuti lomba, mungkin kalian harus menjalankan beberapa tips berikut ini dulu

  • Latihan lari
  • Latihan pernapasan
  • Menjaga makanan
  • Disesuaikan dengan tubuh

Lapangan

apamgam lari maraton
Lapangan lari maraton

Ukuran Lapangan

  • Panjang lintasan outdoor 400 m dengan jumlah jalur 6-10 buah.
  • Panjang lintasan indoor 200 m berbentuk bulat telur dengan jumlah jalur 4-8 buah.

Sejarah

Kata Marathon awalnya merupakan nama sebuah daerah di Yunani. Pada tahun 490 SM, terjadi sebuah Pertempuran Marathon (Battle of Marathon) di sebuah Teluk Marathon oleh tentara Yunani dari Athena dan melawan serangan pasukan Persia.

Setelah pertempuran selesai dan dimenangkan oleh tentara Yunani, ada sebuah legenda mengenai Pheidippides, ia adalah pembawa pesan yang berlari tanpa henti dari Marathon menuju Athena untuk memberi kabar kemenangan Yunani atas Pertempuran di Marathon.

Yang pada akhirnya Pheidippides kelelahan dan meninggal setelah menyampaikan kabar kemenangan tersebut. Lalu berSelang beberpa abad kemudian, Olimpiade di era modern mengadopsi sejarah tersebut dan menjadikan ajamg perlombaan atletik baru yang disebut dengan Marathon.

Pada Olimpiade era modern pertama di tahun 1896, jarak yang akan di pertandingkan sekitar 40km, dari Marathon menuju Athena. Namun jarak ini dapat berubah-ubah di Olimpiade / perlombaan berikutnya karena banyaknya rute antara Marathon ke Athena.

Manfaat

Olahraga ini merupakan salah satu macam olahraga kardio. Seperti yang banyak orang ketahui, kardio adalah tipe olahraga yang sangat baik untuk kesehatan jatung.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lari maraton :

1. Membakar Kalori Seluruh Tubuh

Akan membuat tubuh lebih aktif dan membakar kalori di seluruh tubuh. Karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

2. Membentuk Tubuh

Olahraga ini dapat membuat seluruh otot tubuh bekerja. Tak heran jika lari maraton dapat membentuk tubuh, terutama otot, menjadi lebih kencang sehingga tubuh terlihat lebih ramping.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Saat Anda berolahraga, pasti tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon endorfin ialah hormon yang menyebabkan perasaan bahagia. Setelah lari maraton selesai, stres yang Anda rasakan pun bisa perahan mengurang, berganti dengan perasaan senang dan percaya diri.

4. Melatih Jantung

Lari akan memperkuat otot jantung sehingga peredaran darah semakin lancar, terutama darah bersih yang kaya akan oksigen menjadi lebih bagus.dan sebelum lari maraton sebaiknya persiapkan diri kalian dengan baik. Latihan secara rutin dan tes kesehatan sebelum melakukan lari maraton di mulai.

Inilah pembahasan lengkap tentang sejarah, teknik dasar, dan manfaat pada lari maraton beserta peraturannya, semoga bermanfaat …..

Baca Juga: