Lapisan Matahari

Posted on

Materi Lapisan Matahari – meliputi pengertian, lapisan, matahari, ukuran dan suhu pada matahari, dan gambar supaya mudah dimengerti. Matahari memiliki wujud sebagai bola dunia yang mempunyai ukuran yang sangat besar hal ini bisa disebabkan dengan adanya reaksi serta fusi pada bagian inti matahari yang terdapat.

Untuk lebih mudah memahami langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Pengertian Matahari

Lapisan Matahari

Matahari merupakan bola api raksasa yang memiliki diameter sekitar 100 kali lipat pada permukaan bumi karena mempunyai suhu yang tinggi mencapai 55050 C. Dengan demikian terhadapat diameter pada lapisan bumi kurang lebih 120 kali lipat.

Dalam system tata surya matahari merupakan benda langit yang terbesar dengan dikelilingi oleh planet-planet yang sesuai dengan orbitnya, matahari juga sumber cahaya yang alamiah sehingga dapat menyinari Bumi.

Hal ini dapat di gunakan sebagai kegiatan matahari pada bumi dan menunjang terjadinya kehidupan yang ada di muka bumi ini bahkan dapat menghasilkan sinar yang panas atau sumber energi yang paling besar bagi kehidupan makhluk hidup.

Baca Juga : Sistem Tata Surya

Lapisan Mahatari

A. Lapisan Inti

Lapisan Inti matahari merupakan bagian yang dimiliki oleh atau yang mengetahui suhu yang paling tinggi di bandingkan dari semua lapisan, karena lapisan ini ini memiliki suhu mencapai 16.000.000 kelvin. Karena memiliki tekanan dan reaksi fusi.

Pada bagian inti inijuga memiliki gaya gravitasi yang menarik untuk semua tekanan dan membentuk energi yang memiliki diameter mencapai 386.160 km agar dapat rotasi secara keseluruhan.

B. Lapisan Korona

Lapisan korona merupakan lapisan yang mencakup dari beberapa lapisan fotosfer dan kromosfer sehingga dapat di sebut sebagai lapisan atmosfer matahari di bagian luar.

Lapisan korona ini juga memiliki ketebalan suhu mencapai 1.000.000 kelvin karena lapisan ini mengandung atom besi dan nikel untuk mengamati lapisan korona atau koronagraf.

C. Lapisan Fotosfer

Lapisan Fotosfer merupakan lapisan yang terletak pada lapisan terluar dari matahari hal ini dinamakan dengan lapisan cahaya. Karena memiliki ketebalan mencapai 350 km sehingga fotosfer ini memiliki warna seperti emas.

Lapisan fotosfer ini juga dapat memancarkan cahaya ke bumi sebagai cahaya matahari dengan demikian terbentuklah energi yang panas disalurkan ke sekitarnya.

D. Lapisan Kromosfer

Lapisan kromosfer merupakan lapisan yang terletak pada lapisan fotosfer karen sering dikatakan sebagai lapisan atmosfernya, lapisan ini memiliki suhu mencapi 16.000 km yang sangat tebal.

Lapisan kromosfer ini juga mengandung pertikel seperti proton, elektron, dan neutron sehingga terbentu seperti lapisan kromosfer dapat memancarkan cahaya yang lebih lemah dari lapisan yang leinya.

Baca Juga : Struktur Bumi

Manfaat Matahari Bagi Kehidupan Manusia

  1. Untuk membantu pengeringan benda dan memberikan sinar vitamin pada tubuh
  2. Matahari sebagai tempat pengatur tata surya
  3. Untuk membantu kesehatan pada tubuh
  4. Untuk sebagai analgesik atau pereda rasa sakit
  5. Untuk membantu dalam membakar suatu lemak
  6. Untuk membantu mengatur masa kehidupan manusia
  7. Sebagai sumber energi yang paling besar
  8. Matahari juga sebagai sumber energi untuk tumbuhan

Ukuran Matahari

Gambar Ukuran Matahari
Gambar Ukuran Matahari

Matahari memiliki sinar bintang yang paling besar di tata surya sehingga benda yang terdapat pada langit dan merupakan salah satu pemancaran cahaya dengan sendirinya.

Oleh karena itu matahari dapat menjadi salah satu pusat yang membentuk tata suryauntuk menarik planet- planet yang terdapat pada sekitarnya hingga membentuk sebuah orbit pada orbitnya.

Ukuran yang terdapat dalam diamater matahari yang memancarkn sinar sekitar 1.400.000 km, dan ukuran memiliki ukuran sebesar 109 kali dari diameter yang dimiliki pada struktur bumi.

Baca Juga : Iklim Matahari

Suhu Pada Matahari

Gambar Suhu Matahari
Gambar Suhu Matahari

Deri pembahasan di atas telah di katakan bahwasannya matahari yang berpijar ini bukan karena sinar biasa saja tetapi dibalik sinar yang berpijar itulah terdapat suhu yang sangat tinggi.

Oleh karena itu matahari mengandung panas yang sangat tinggi ditunjang dengan ukuran yang sangat besar juga untuk menjadikan pancaran yang terasa pada planet- planet lainnya.

Berikut ini rincian suhu yang terdapat pada lapisan yang dimiliki oleh matahari adalah sebagai berikut :

  1. Lapisan korona, mempunyai suhu sekitar 2 juta Kelvin
  2. Lapisan fotosfer (lapisan paling luar), mempunyai suhu rata- rata 5400 Kelvin
  3. Lapisan kromosfer, mempunyai suhu sekitar 7.000 sampai dengan 20.000 Kelvin

Itulah beberap rincian suhu matahari dan memiliki masing- masing lapisan yang terdapat pada matahari yang sangat tinggi berguna untuk mengukurnya dikonversi menjadi Celcius.

Nah Itulah sobat yang dapat penulis sampaikan dalam artikel kali ini tentang ilmu Geografi mengenai lapisan matahari, penjelasan, manfaat, fungi, ukuran yang terkandung di dalamnya.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang matahari dan alam sekitarnya, dan bisa memberikan manfaat untukkita semua terutama untuk penulis sendiri. Terima Kasih

Baca Juga : Iklim Junghuhn