Lapisan Atmosfer

Posted on

Materi makalah Lapisan Atmosfer – meliputi pengertian, struktur lapisan, fungsi,manfaat, ciri ciri, kandungan gas beserta contoh dan gambar agar lebih mudah dimengerti.

Bumi merupakan bagian dari planet dan lapisan yang terkandung dalam atmosfer karena hanya satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup yang dilindungi oleh masing-masing karakteristik nya .

Mari simak penjelasan tentang lapisan atmosfer di bawah ini :

Pengertian Lapisan Atmosfer

Lapisan-Atmosfer

Lapisan Atmosfer merupakan lapisan yang terdapat kandungan gas yang berada di luar bumi dan memiliki jarak 0 sampai dengan 700 kilo meter diatasnya, dengan demikian lapisan ini juga banyak mengalami transisi di antara pembatas pada lapisan satu dengan lapisan yang lainnya.

Secara umum atmosfer memiliki segala kehidupan yang terdapat di dalam paparan bumi yang langsung mendapatkan sinar ultra violet dari radiasi sinar matahari. Sehingga atmosfer dapat menjadi salah satu penyerap utnuk mengurangi suhu ekstrem di bumi.

Pada zaman dahulu beberapa penelitian yang memecahkan sebuah kasus tentang permasalahan atmosfer terhadap fenomena dan proses pembiasan cahaya matahari yang tenggelam di sore hari.

Atmosfer ini juga memiliki sebuah kandungan yang utama terdiri dari campuran berbagai gasyang terdapat di dalamnya yaitu kandunga nitrogen (78,17 %), dan kandungan oksigen (20,97%), (0,9%), dengan jumlah yang sangat kecil yang terdapat pada bagian yang selanjutnya.

Atmosfer juga tersusun dari berbagai lapisan yang saling beurutan untuk menyelimuti bumi ini.

Baca Juga : Proses Terjadinya Hujan

Struktur Lapisan Atmosfer

Lapisan atmosfer dapat dibedakan menjadi beberapa lapisan sehingga pada dasarnya bumi akan semakin menipis

Berikut Struktur lapisan mengenai Atmosfer :

A. Lapisan Stratosfer

Lapisan Stratosfer merupakan salah satu lapisan yang terdiri dari dari atmosfer dengan ketinggian hingga 11km sampai dengan 50km dari permukaan bumi dan mengandung struktur Ozon sehingga disebut juga Ozonosfer, Ozon ini juga merupakan lapisan yang sangat penting untuk menyerap atau menyaring pancaran radiasi oleh sinar matahari yang berbahaya.

B. Lapisan Eksosfer

Lapisan Eksosfer merupakan salah satu lapisan yang terdiri dari luar lapisan Atmosfer dan sebagai butir-butir gas hidrogen (H2) sehingga memiliki ketinggian mencapai 482km sampai dengan 1.000km dari permukaan bumi.

Lapisan ini juga mengandung pengaruh pada Gravitasi Bumi yang memiliki lapisan Eksosfer sehingga butir-butir gas terdapat pada lapisan dengan mudah bergerak pada angkasa luar.

C. Lapisan Troposfer

Lapisan Troposfer merupakan salah satu lapisan yang terdiri dari permukaan bumi dan memiliki ketebalan troposfer mencapai 11km, ketebalannya. Sehingga memiliki campuran gas pada lapisan kehidupan di permukaan bumi atau pada perubahan iklim tekanan udara.

D. Lapisan Mesosfer

Lapisan Mesosfer merupakan salah satu lapisan yang terdiri dari lapisan meteor dan memiliki ketinggian mencapai 48km sampai dengan 80km dari permukaan bumi.

Hal ini memiliki penurunan pad suhu sehingga terjadi pembentukan yang kristal berasal dari uap air agar dapat membatasi lapisan Stratosfer dengan lapisan Mesosfer dengan stratopause.

E. Lapisan Termosfer

Lapisan Termosfer merupakan merupakan salah satu lapisan yang terdiri dari Atmosfer dan memiliki ketinggian mencapai 80km sampai dengan 482km dari permukaan bumi. Sehingga mengandung Partikel Ion yang dapat memantulkan gelombang pancaran radio.

Baca Juga : Iklim Matahari

Fungsi Lapisan Atmosfer

Setelah membahas pengertian diatas tentang seluruh lapisan atmosfer maka terdapat pula beberapa fungsi nya bagi permukaan bumi.

Fungsi-fungsi yang tercantum dari lapisan atmosfer adalah sebagai berikut.

  • Atmosfer sebagai salah satu proses perdistribusian air ke berbagai wilayah untuk perkembangan siklus hidrologi sehingga peran atmosfer ini sebagai penampung sinar matahari.
  • Sebagai efek yang mengurangi radiasi sinar ultra violet terhadap pancaran matahari dan berfungsi sebagai pengatur suhu padapermukaan bumi agar selalu stabil.
  • Sebagai benteng benda-benda yang ada di angkasa menuju permukaan bumi sebagai benteng pertahanan karena benda-benda langit tersebut hancur pada permukaan bumi.
  • Sebagai sumber yang menghasilkan oksigen dan karbon dioksida yang memiliki peran sebagai kehidupan bagi manusia untuk memproduksi makanan dengan adanya proses fotosintesis yang di hasilkan oleh oksigen.

Manfaat Atmosfer

  • Untuk melindungi bumi dari pancaran radiasi sinar ultra violet untuk mencapai lapisan ozon yang sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup yang berda di bumi.
  • Untuk melindungi bumi dari benda luar angkasa supaya terjaga gaya gravitasi bumi pada atmosfer.
  • Atmosfer mempengaruhi cuaca seperti hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.
  • Memiliki kandungan oksigen, nitrogen, karbon dioksida dan kandunga Gas untuk bernafas dan kebutuhan yang lainnya.

Ciri Ciri lapisan Atmosfer

  • Memiliki lapisan yang tinggi mencapai 50-80 km dari atas permukaan laut
  • Memiliki suhu lapisan udara yang tidak stabil karena tekanan udaranya tinggi mencapai 70 drajat C sampai dengan 100 drajat C.

Kandungan Gas Atmosfer

Dari beberapa penjelasan di atas maka di sini terdapat kandungan gas yang terdapat pada atmosfer yang berfungi sebagai membatu melindungi permukaan bumi.

Berikut kandungan gas yang terdapat pada lapisan atmosferi adalah sebagai berikut :

  • Kandungan Nitrogen – Gas nitrogen dengan kadar 78,17 %
  • Kandungan Oksigen- Gas oksigen (O2) sebesar 20,97 %
  • Kandungan Argon- Gas argon sebesar 0,9 %
  • Kandungan Air- (komponen yang paling banyak di bumi)
  • Kandungan Ozon adalah lapisan yang melindungi radiasi sinar ultra violet
  • Kandungan Karbon doksida- Gas karbon dioksida (CO2) sebanyak 0.0357 %

Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali tentang lapisan Atmosfer, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih

Baca Juga : Lapisan Matahari